0206. POSISI TIDUR IDEAL BAGI IBU HAMIL

  • PERTANYAAN :

    TryMut SeLamanya
    Asslm'alaikm..Akhy ukhty,mw tnya ktnya tdur yg plng baek bg ibu hmil adlh mring,itu bner ngk? Trs klo bner mringny ke knan ap ke kri,ksh tau mnfaatny jg ya..mksihwsslm'alaikm

    JAWABAN :

    • Nissa Asysyifa 
    Afwan nissa tambahkan ya.... Tidur yg baik bagi ibu hamil itu miring,, boleh miring kanan maupun kiri,, dua2nya sama2 brmanfaat,,, miring kiri sangat bgus utk suplay oksigen pd bayi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

    Sebelah kanan jg brmanfaat,,, Untuk jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Bagi kesehatan paru-paru: paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

    Idealnya bergantian aja kanan kiri.Yg tdk boleh itu ibu hamil di atas 16minggu tidur terlentang.karena dengan tidur posisi terlentang Anda akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Posisi tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi , tidur pada posisi terlentang sangat tidak dianjurkan.

    • Tahta Alfina 
    Sekedar menambahkan :

    Tidur bagi wanita hamil merupakan sebuah kebutuhan. Adanya janin dalam perut memberikan ketegangan pada tubuh wanita, itu sebabnya wanita hamil cepat lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak.

    Agar perkembangan janin baik, seorang ibu harus memperhatikan kualitas maupun posisi tudur.

    Berikut 10 tips yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil seperti dikutip dari coolhealthtips, Kamis (29/3/2012) antara lain:

    1. Perbanyak IstirahatSelama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

    2. Tetapkan Jam MalamTidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

    3. Tidur dengan Posisi Kepala dan Leher Terangkat.Tidur dengan kepala dan leher diangkat dapat menurunkan asam lambung.

    4. Hindari Mimpi BurukPikiran yang penuh beban ketika pergi tidur kadang akan terbawa sampai ke mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

    5. Gunakan Bantal TambahanPada trimester pertama kehamilan, Anda dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman ketika tidur.

    6. Pakailah Bantal PanjangAnda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

    7. Tidur Miring ke KiriPada trimester ketiga, cobalah untuk tidur miring ke kiri sehingga sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

    8. Lakukan Aktivitas KecilMemasuki trimester ketiga, wanita hamil kadang tidak bisa tidur di malam hari. Lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

    9. Atasi Kram KakiWanita hamil kadang mengalami kram di kaki, untuk mengatasinya luruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki Anda ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

    Masa kehamilan menuntut wanita untuk lebih banyak beristirahat dan tidak stres karena hal ini akan menjamin pertumbuhan janin yang sehat. Hindarilah melakukan pekerjaan yang berat, olah raga yang teratur dan makan makanan yang bergizi.



    LINK DISKUSI :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page