0009. TIPS MEMILIH MAKANAN BAGI IBU HAMIL

PERTANYAAN :

Mutia Akhmad
AssalamualaiKum wr.wb !saya mau brtanya , , ,mkanan/mnuman apa yg dpt menggugurkan kandungan ?lalu bgaimana klau seorang wnita hamil ngidam mknan/mnuman yg mrupakan pantangan bg wnita hamil?mhon jwbnx dan trma kasih.

JAWABAN :

• Tahta Alfina 
Wa'alaikumus salaam ,
  
Makanan yang dikonsumsi ibu hamil muda sebaiknya makanan sehat seperti buah-buahan segar dan sayuran hijau. Namun, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam kondisi hamil muda.

Yang pertama adalah buah nanas, ternyata buah ini mengandung bromelain yang berpengaruh untuk melunakkan leher rahim dan akan berakibat fatal persalinan dini atau keguguran. Meskipun ibu hamil belum mengadakan penelitian yang lebih lanjut tentang kandungan nanas yang dapat memicu persalinan dini, namun ada baiknya bagi ibu untuk menghindari konsumsi buah nanas selama masa kehamilan.

Selain itu, masih ada beberapa pantangan berupa konsumsi makanan yang diwaspadai selama hamil, yang perlu ibu ketahui demi menjaga kesehatan janin. 

Berbahaya Bagi Kehamilan

Terdapat jenis makanan lain yang juga ternyata diduga berbahaya untuk kehamilan , yaitu buah pepaya yang setengah matang atau mentah karena tingginya kandungan lateks yang akan memiliki efek samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah papaya mentah atau papaya muda karena efek buruknya bagi kandungan. 

Makanan berbahaya lainnya juga tidak jauh dari pepaya, yaitu daun pepaya yang faktanya dapat mejadi pemicu kerapuhan pada ari-ari janin yang ibu kandung. Hindari jenis makanan ini untuk usia kehamilan dua minggu karena dapat berbahaya bagi calon buah hati , tetapi masih boleh mengkonsumsi buah pepaya yang sudah benar-benar matang.

Untuk masa dua minggu kehamilan pertama, ternyata konsumsi buah anggur yang menyehatkan bagi manusia tidak diperbolehkan bagi ibu yang sedang hamil. Sebaiknya menghindari konsumsi buah ini karena akan menyebabkan kondisi kandungan menjadi panas.

Kemudian, untuk kehamilan pada trimester pertama, sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa segar karena akan melemahkan kandungan. Namun, jika kandungan sudah mencapai 8 bulan keatas konsumsi air kelapa akan membawa efek positif untuk kebersihan kulit bayi, dan memperlancar proses kelahiran.

Berefek Negatif

Ada jenis makanan lain yang ternyata akan membawa pengaruh buruk bagi kehamilan, sebaiknya tidak mengonsumsi durian karena buah ini mengandung zat yang memberikan efek negatif bagi kehamilan. Zat ini adalah asam arachidonat dan juga alkohol yang akan sangat memberikan pengaruh buruk bagi janin. Kandungan arachidonatnya ternyata akan berakibat fatal bagi janin terutama memicu keguguran, dan alkoholnya akan mengakibatkan berat badan bayi menjadi rendah.

Sebaiknya, ibu hamil selalu menjaga kehamilan dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya seperti jeruk manis, stroberi, pisang dan juga alpukat yang akan memberikan suplai vitamin dan protein cukup bagi ibu juga bayinya. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas dan asam, karena akan berakibat buruk bagi janin.

============

Ini juga yang perlu dihindari :

- Hindari makanan yang mengandung pengawet, zat aditif dan zat tambahan pangan. Dikhawatirkan makanan ini bisa membahayakan kehidupan Janin.
- Kurangi makanan siap saji, minuman bersoda dan juga goreng-gorengan. Selain itu kurangi makanan yang berkalori tinggi yang hanya mengandung gula dan lemak. Karena bisa menyebabkan kegemukan berlebih.- Hindari mengkonsumsi kafein berlebih seperti yang ada pada kopi dan coklat, karena dapat meningkatkan tekanan darah yang membahayaka kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.
- Jika terpaksa mengkonsumsi makanan kemasan perhatikanlah label dan masa berlaku jangan sampai kadarluarsa karena bisa membahayakan janin.
- Pada saat memasak makanan seperti daging harus dimasak dengan baik karena kalau tidak kemungkinan didalamnya terdapat kuman- Sebaiknya hindari lingkungan berpolusi dan juga asap rokok- ibu hamil harus menghindari obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

=============

Tambahan :

http://www.bunda.co.id/...

Makan untuk dua orang bisa menjadi tanggung jawab yang lumayan berat, terutama dengan semua semuainformasi yang bertentangan dari lingkungan sekitar.contohnya, apakah ikan itu penting, bukankah kandungan merkuri pada makanan ini terlalu banyak? Atau makanan wanita hamil harus banyak protein dan itu dari daging namun bukannya daging mengandung banyak kolesterol dan berlemak Atau apakah baik makan banyak telur mengingat telur itu sumber kolesterol? Ada banyak cara untuk memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan nutrisi yang Anda berdua butuhkan. Di sini, para ahli membahas beberapa makanan hamil utama mereka. Anda tidak perlu menyukai atau makan mereka semua, tetapi mengambil dan memilih favorit Anda memberikan gizi bagi perkembangan janin Anda. Berikut makanan sehat untuk ibu hamil:

Telur

seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori.

Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.”

Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

Adapun cap buruk telur adalah kolesterol, tidak dibenarkan oleh Ward. Ternyata bahwa makan lemak jenuh lebih bisa menimbulkan banyak dampak buruk pada kolesterol Anda daripada makan kolesterol yang ditemukan secara alami dalam makanan. Telur tinggi akan kolesterol, namun juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, dengan sekitar satu setengah gram per butirnya. Sehingga wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh.

Ikan salmonTidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

KacangAda begitu banyak pilihan, manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

Anda sudah tahu protein penting selama kehamilan, namun Anda mungkin belum menyadari bahwa serat dapat menjadi teman baru terbaik Anda selama menunggu sembilan bulan. Pada kehamilan, saluran pencernaan melambat, menempatkan Anda pada risiko untuk sembelit dan wasir. Serat dapat membantu mencegah dan meringankan masalah ini.

Selain itu, makanan yang mengandung serat cenderung menjadi kaya gizi. Hal ini dibenarkan karena biji juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

Ubi jalarsatu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi wanita hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Meskipun mengkonsumsi terlalu banyak pembentuk vitamin A (ditemukan dalam sumber-sumber hewani, seperti hati, susu, dan telur) bisa berbahaya, karotenoid adalah cerita yang berbeda. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran.

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna.

Popcorn dan biji-bijian lainnyaPopcorn adalah gandum. Seluruh butir penting dalam kehamilan karena gandum tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel. Bukan hanya popcorn. Ada banyak biji-bijian lain di luar sana, dari oatmeal untuk roti gandum sampai untuk gandum.

WalnutTidak suka ikan atau telur, tapi masih ingin mendapatkan omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Coba walnut, ini adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya. Sejumlah walnut adalah pilihan yang cocok untuk snack atau bahan salad.

Yogurt YunaniYoghurt yunani biasanya memiliki kandungan protein dua kali protein yogurt biasa, hal ini menjadikannya salah satu makanan favorit selama kehamilan. Dan segala jenis yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting dalam diet kehamilan. Jika Anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup, maka jumlah kalsium yang akan sampai pada perkembangan bayi Anda juga terbatas.

Tujuan selama kehamilan adalah untuk memastikan Anda memberikan segalanya yang dibutuhkan bayi tanpa mengorbankan kesehatan Anda sendiri dan gizi,.Kalsium akan membantu menjaga tulang Anda sendiri agar tetap utuh sambil membuat kerangka yang sehat untuk bayi Anda.

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.

Manfaat sayuran untuk wanita hamil sudah tidak diragukan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuan juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata.Daging tanpa LemakDaging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayiBuah-buahan dan sayuran Beraneka WarnaMakan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Keuntungan lain di seluruh spektrum makan buah dan sayuran adalah Selama tahap akhir kehamilan, bayi ‘mencicipi’ makanan yang Anda makan melalui cairan ketuban. Jadi jika Anda sudah memperkenalkan bayi Anda pada berbagai buah-buahan sehat dan sayuran dalam rahim, Anda akan meningkatkan peluang bayi Anda akan mengenali dan menerima mereka rasa nanti.

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=594527413918350&refid=18&ref=stream&_ft_

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page