• Tahta Alfina
السلآم عليكم ورحمة الله وبركآته
SEPUTAR SHALAT DUA HARI RAYA
Oleh : Yai Abdullah Afif
بَابُ صَلَاةِ الْعِيْدَيْنِعِيْدِ الْفِطْرِ وَعِيْدِ الْأَضْحَى
Bab shalat Dua Ied(idul fitri & idul adha)
هِيَ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ لِمُوَاظَبَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهَا
Shalat ied hukumnya sunnah muakkad, karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam selalu melakukannya
وَوَقْتُهَا بَيْنَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَزَوَالِهَا وَيُسَنُّ تَأْخِيْرُهَا لِتَرْتَفِعَ الشَّمْسُ كَرُمْحٍ كَمَا فَعَلَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Waktu shalat ied antara terbit matahari s/d waktu zhuhur. Sunnah mengakhirkannya sampai dengan matahari naik satu tombak sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
وَهِيَ رَكْعَتَانِ يُحْرِمُ بِهِمَا بِنِيَّةِ عِيْدِ الْفِطْرِ أَوِ الْأَضْحَى ثُمَّ يَأْتِيْ بِدُعَاءِ الْاِفْتِتَاحِ ثُمَّ سَبْعِ تَكْبِيْرَاتٍ وَرَوَى التِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ "أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فِي الْعِيْدَيْنِ فِي الْأُوْلَى سَبْعًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَفِي الثَّانِيَةِ خَمْسًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ" وَيُكَبِّرُ فِي الثَّانِيَةِ بَعْدَ تَكْبِيرَةِ الْقِيَامِ خَمْسًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَيَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي الْجَمِيعِ
Shalat ied dua rakaat, bertakbiratul ihram dengan niat idul fitri atau idul adha, kemudian membaca doa iftitah, kemudian membaca takbir 7 kali.Imam Tirmidzi meriwayatkan dan beliau menghasankannya, bahwasanya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bertakbir pada dua ied, rokaat pertama 7 kali sebelum membaca Fatihah, pada rakaat kedua 5 kali seblum membaca Fatihah.Rakaat kedua bertakbir 5 kali setelah takbir berdiri (takbir intiqal) dan sebelum membaca Fatihah. Kesemuanya mengangkat kedua tangan
وَيُنْدَبُ الْغُسْلُ لِلْعِيْدِ ، رَوَى ابْنُ مَاجَهْ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ "أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ لِلْعِيْدَيْنِ"
Disunnahkan mandi untuk shalat ied. Imam Ibn Majah meriwayatkan dari shahabat Ibn Abbas, bahwasanya Nabi shallallaahu ‘alaoihi wasallam mandi untuk dua ied
وَ يُنْدَبُ التَّطَيُّبُ وَالتَّزَيُّنُ كَالْجُمُعَةِ بِأَنْ يَتَزَيَّنَ بِأَحْسَنِ ثِيَابِهِ وَإِزَالَةِ الظُّفْرِ وَالرِّيْحِ الْكَرِيْهَةِ
Disunnahkan memakai wangi-wangian dan berhias, seperti shalat jumat yaitu berhias dengan pakaian yang paling bagus, memotong kuku dan menghilangkan bau yang tidak enak
وَيَذْهَبُ فِيْ طَرِيْقٍ وَيَرْجِعُ فِيْ آخَرَ لِفِعْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَلِكَ ، رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَغَيْرُهُ
Berangkat shalat ied melewati satu jalan dan pulang melewsati jalan yang lain, karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam melakukan yang demikian sebagiamana riwayat Ab dawud dan yang lainnya
وَيَأْكُلُ فِيْ عِيْدِ الْفِطْرِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَيُمْسِكُ فِي الْأَضْحَى عَنِ الْأَكْلِ حَتَّى يُصَلِّيَ قَالَ بُرَيْدَةُ :كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَطْعَمَ ، وَلَا يَطْعَمُ يَوْمَ الْأَضْحَى حَتَّى يُصَلِّيَ ، رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ
Sebelum berangkat shalat idul Fitri makan terlebih dahulu. Dan tidak melakukan yang demikian sebelum beran gkat shalat idul adha.Shahabat Buraidah berkata: “Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak keluar untuk shalat ied sehingga beliau makan. Beliau tidak makan pada hari idul adha sehingga beliau shalat.HR. Tirmidzi, dan dishahihkan ole Ibn Hibban dan Al Hakim
وَيَذْهَبُ مَاشِيًا
Pergi shalat Ied dengan berjalan kaki
Sumber:
شَرْحُ الْمَحَلِّي عَلَى الْمِنْهَاجِ ج 1 ص 427-433باختصار
Wallaahu A'lam
LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=594372733933818&refid=18&ref=stream&_ft_
0 komentar:
Posting Komentar