0337. MASBUQ SHALAT JUM'AT

Oleh Tahta Alfina pada 22 Oktober 2013 pukul 11:40
PERTANYAAN :

Andy Maskholik
Assalamu alaikum.kalo sholat jum'at terlambat 1 rakaat...masih afsah gak??

JAWABAN :

• Ziif Kaf 
wa'alaikum salam....
copas dok.piss ,,,,,

JAWABAN:

1/. Alif Jum'an Azend>>
Para ulama telah bersepakat bahwa siapa yang tertinggal ikut jamaah shalat jumat, maka harus shalat empat rakaat yaitu shalat zhuhur. Sedangkan batas apakah seseorang itu bisa dikatakan masih ikut shalat jumat atau tidak adalah bila minimal masih mendapat satu rakaat bersama imam dalam shalat jumat. Misal, pada shalat jumat ada seorang yang terlambat. Lalu dia ikut shalat bersama imam, sedangkan saat itu imam sudah berada pada rakaat kedua tapi belum lagi bangun dari ruku‘. Maka bila makmum itu masih sempat ruku‘ bersama imam, berarti dia telah mendapat satu rakaat bersama imam. Dalam hal ini, dia mendapatkan shalat jumat karena minimal ikut satu rakaat. Jadi bila imam mengucapkan salam, maka dia berdiri lagi untuk menyelesaikan satu rakaat lagi. Tapi bila dia tidak sempat bersama imam pada saat ruku‘ di rakaat kedua, maka dia tidak mendapat minimal satu rakaat bersama imam. Yang harus dilakukannya adalah tetap ikut dalam jamaah itu, tapi berniat untuk shalat zhuhur. Bila seseorang masuk masjid untuk shalat jumat, tetapi imam sudah i`tidal (bangun dari ruku`) pada rakaat kedua, maka saat itu dia harus takbiratul ihram dan langsung ikut shalat berjamaah bersama imam tapi niatnya adalah shalat zhuhur. Bila imam mengucapkan salam, maka dia berdiri lagi untuk shalat zhuhur sebanyak 4 rakaat. Ketentuan ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻣَﺮْﻓُﻮﻋًﺎ ﻣَﻦْ ﺃَﺩْﺭَﻙَ ﺭَﻛْﻌَﺔً ﻣِﻦْ ﺍﻟﺼَّﻼﺓِ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺩْﺭَﻛَﻪَﺍ

Dari Abi Hurairah ra.“Siapa yang mendapatkan satu rakaat bersama imam, maka dia terhitung (mendapat) shalat itu”.
(Hadits Muttafaq Alaihi).

ﻭَﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍَﻟﻠَّﻪِ r ﻣَﻦْ ﺃَﺩْﺭَﻙَ ﺭَﻛْﻌَﺔً ﻣِﻦْ ﺻَﻼﺓِ ﺍَﻟْﺠُﻤُﻊَﺓِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻩَﺍ ﻓَﻠْﻴُﻀِﻒْ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺃُﺧْﺮَﻯ ﻭَﻗَﺪْ ﺗَﻤَّﺖْ ﺻَﻼﺗُﻪُ ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﻨَّﺴَﺎﺉِﻱُّ, ﻭَﺍﺑْﻦُ ﻣَﺎﺟَﻪْ, ﻭَﺍَﻟﺪَّﺍﺭُّﻲِﻨْﻄُﻗَ, ﻭَﺍﻟﻠَّﻔْﻆُ ﻟَﻪُ, ﻭَﺇِﺳْﻨَﺎﺩُﻩُ ﺻَﺤِﻴﺢٌ , ﻟَﻜِﻦْ ﻗَﻮَّﻯ ﺃَﺑُﻮ ﺣَﺎﺗِﻢٍ ﺇِﺭْﺳَﺎﻟَﻪُ

Dari Abdullah bin Umar ra. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Siapa yang mendapatkan satu rakaat pada shalat Jumat atau shalat lainnya, maka tambahkanlah rakaat lainnya, maka dia terhitung (mendapat) shalat itu”.
(HR. An-Nasai, Ibnu Majah, Ad-Daruquthuni)

Selain kedua dalil ini adalah beberapa hadits lain yang senada yang diriwayatkan oleh An-Nasai, Ad-Daruquhtuni dan lainnya.

2/. Muhammad Bakhit>>

ﻭﺗﺠﻴﺐ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻲ ﺭﻛﻌﺔ ﺍﻻ ﻭﻟﻰ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺠﺪﺓ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻓﻠﻮ ﻧﻮﻭﺍ ﺍﻟﻤﻔﺎﺭﻗﺔ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﻭﺍﻛﻤﻠﻮﻫﺎ ﻓﺮﺍﺩﻯ ﺍﻟﻰ ﻧﻬﺎﻳﺘﻬﺎ ﺗﺼﺤﺖ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ

Dan wajib berjama'ah pada roka'at pertama sampai selesai sujud yg kedua, maka jikalau mereka berniat mufarokah,kemudian mereka sempurnakan shalat jum'at sendiri2 sampai selesai... shoh jum'atnya

327 ataqrirat assadiidah

-------------

Sunde Pati

wa alaikum salam

sholat jum'ah itu wajib berjamaah pada rokaat awalnya saja,dan disyaratkan dalam sholat jum'at paling minim bagi makmum yaitu harus menangi/menemui waktu yg bisa memuat alfatihah sebelum imam bangun dari rukuk

الغرر البهية في شرح البهجة الوردية (1/ 469)

وَأَمَّا الْجَمْعُ بِالْمَطَرِ فَيُشْتَرَطُ أَنْ يَقَعَ أَوَّلُ جَزْءٍ مِنْ صَلَاتِهِ جَمَاعَةً وَفِي الْجُمُعَةِ لَا بُدَّ مِنْ إدْرَاكِهِمْ زَمَنًا يَسَعُ الْفَاتِحَةَ قَبْلَ رَفْعِ الْإِمَامِ مِنْ الرُّكُوعِ وَقِيلَ بِالتَّسْوِيَةِ بَيْنَ الْمُعَادَةِ وَالْجُمُعَةِ اهـ. شَيْخُنَا أَيْ الْقُوَيْسِنِيُّ وَحَاصِلُ الْفَرْقِ بَيْنَ الْمَجْمُوعَةِ بِالْمَطَرِ وَالْمُعَادَةِ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ: أَنَّ الرَّكْعَةَ الْأُولَى فِي الْجُمُعَةِ لَا بُدَّ أَنْ تَكُونَ جَمَاعَةً وَرَكْعَةُ الْإِمَامِ لَا تَكُونُ بِتَمَامِهَا جَمَاعَةً، إلَّا إنْ أَدْرَكَ الْمَأْمُومُونَ قَبْلَ رَفْعِهِ زَمَنًا يَسَعُ الْفَاتِحَةَ حَتَّى إنَّهُ بِذَلِكَ يَتَحَقَّقُ أَنَّ رَكْعَتَهُ مِنْ أَوَّلِهَا جَمَاعَةٌ أَيْ أَنَّ زَمَنَ الْفَاتِحَةِ كَانَ جَمَاعَةً بِالنِّسْبَةِ لَهُ، إذْ بِإِدْرَاكِهِمْ هَذَا الزَّمَنَ كَأَنَّهُمْ أَدْرَكُوا قِرَاءَةَ الْفَاتِحَةِ مَعَهُ مَعَ إدْرَاكِهِمْ رُكُوعَهُ، وَلَا بُدَّ فِي صِحَّةِ جُمُعَتِهِ وَجُمُعَتِهِمْ مِنْ قِرَاءَتِهِمْ الْفَاتِحَةَ فِيمَا أَدْرَكُوهُ كَمَا فِي شَرْحِ م ر وَالتُّحْفَةِ وع ش
وَأَمَّا الْمَجْمُوعَةُ بِالْمَطَرِ وَالْمُعَادَةُ فَالشَّرْطُ الْجَمَاعَةُ فِي أَوَّلِهَا فَقَطْ فِي الْأُولَى وَفِي جَمِيعِهَا فِي الثَّانِيَةِ، وَلَيْسَ الْمَلْحَظُ هُنَا رَكْعَةً فِي جَمَاعَةٍ، بَلْ وُجُودُ السَّبَبِ الْمُقْتَضِي لِلْجُمَعِ وَالْإِعَادَةِ وَلَا شَكَّ أَنَّ الْإِعَادَةَ لِجَمِيعِ الصَّلَاةِ فَلَا بُدَّ مِنْ الْجَمَاعَةِ فِي كُلِّهَا، بِخِلَافِ الْمَجْمُوعَةِ بِالْمَطَرِ يَكْفِي الْجَمَاعَةُ فِي جَزْءٍ، وَلَوْ يَسِيرًا مِنْ أَوَّلِهَا؛ لِأَنَّهُ يَكْفِي سَبَبًا لِلْجَمْعِ، وَظَاهِرُ كَلَامِهِمْ بَلْ صَرِيحُ كَلَامِ ق ل عَلَى الْجَلَالِ أَنَّهُ لَا يُشْتَرَطُ قِرَاءَةُ الْفَاتِحَةِ فِيمَا أَدْرَكُوهُ جَمَاعَةً، وَإِنْ كَانَ الشَّرْطُ فِي صِحَّةِ صَلَاةِ الْإِمَامِ أَنْ يُحْرِمُوا خَلْفَهُ وَالْبَاقِي يَسَعُ الْفَاتِحَةَ قَبْلَ رُكُوعِهِ وَإِنْ فَارَقُوهُ قَبْلَ مُضِيِّ قَدْرِ الْفَاتِحَةِ

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=598076860230072&refid=18&_ft_

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page