0073: AURAT: PENGERTIAN, BATAS-BATAS AURAT, SUARA PEREMPUAN DAN PAKIAN KETAT

Pertanyaan:



Abu Laily El Habiib

asalamu'alaikum ustadz n ustadzah..ane mo nanya ttg apa arti aurot (difinisi) bwt wanita gmn batasannya..benarkah bentuk tubuh termasuk aurat (pake ketat ato tipis) bahkan suara wanita pun aurot bagi laki2 ..lalu bwt laki2 batasan aurat spt apa..lalu utk hukum nya gmn ?? n klo tau hukumnya masi nekad (dg alasan 'nyang penting hatinya taqwa ga fikr macem2... ).jazakalloh




Jawaban:



Kanjeng Mami  

Hakam Ahmed ElChudrie

Pengertian Aurat:

Aurat dalam arti bahasa adalah kurang dan hal-hal yang dianggap buruk. Adapun secara istilah aurat adalah perkara-perkara yang harus ditutupi pada saat shalat dan perkara-perkara yang haram untuk dilihat.


Aurat Perempuan Merdeka:

Perempuan mempunyai empat aurat, yaitu:

a. Ketika bersama lelaki ajnabi (yang tidak ada hubungan mahram), maka auratnya adalah seluruh badannya.

b. Ketika bersama lelaki mahramnya dan ketika sendirian, maka auratnya adalah diantara pusar dan lututnya.

c. Ketika bersama perempuan kafirah, maka anggota tubuhnya yang tidak terlihat ketika melayani suaminya wajib tertutup.

d. Ketika shalat, maka auratnya adalah semua anggota tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan tangan.

Hasyiyah I’anatut Thalibin, juz 1 hlm. 113



Aurat Lelaki:

Auratnya lelaki, meskipun orang kafir, budak, anak kecil dan meskipun belum tamyiz, secara mutlak, baik dalam shalat atau diluar shalat, adalah anggota tubuh yang berada diantara pusar dan lutut, akan tetapi dinisbatkan pada melihatnya mahramnya dan lelaki lain. Sebanarnya pusar dan lutut tidaklah termasuk aurat akan tetapi keduanya wajib untuk ditutup karena ada kaidah yang mengatakan perkara yang kewajiban bisa sempurna hanya dengan perkara itu maka perkara tersebut juga menjadi wajib. 

Adapun aurat lelaki bila dinisbatkan pada melihatnya wanita ajnabiyah pada dia adalah seluruh tubuhnya hingga wajahnya dan kedua telapak tangannya, meskipun dalam keadaan diamankannya dari fitnah dan meskipun dia berupa budak. Sehingga diharamkan bagi wanita ajnabiyah untuk melihat hal-hal tersebut dari lelaki itu. 

Adapun bila dinisbatkan pada saat lelaki itu sendirian, maka auratnya adalah qubul dan duburnya saja menurut pendapat mu’tamad.

Kasyifah al-Saja, hlm. 50



Suara wanita apa termasuk aurat? tentunya TIDAK

ثُمَّ إنَّ صَوْتَ الْمَرْأَةِ لَيْسَ بِعَوْرَةٍ

ASNAL MATHALIB, JUZ 3 HLM 41



benarkah bentuk tubuh termasuk aurat (pake ketat ato tipis) ??

BENTUK TUBUH DENGAN MEMAKAI PAKAIAN KETAK ATAU TIPIS TIDAK TERMASUK AURAT.

BILA YANG MELAKUKAN PEREMPUAN MAKA MAKRUH DAN BILA YANG MELAKUKAN LELAKI MAKA KHILAFUL AULA

( فَرْعٌ لَا يَكْفِي سُتْرَةٌ تَحْكِي اللَّوْنَ ) أَيْ لَوْنَ الْبَشَرَةِ أَيْ تَصِفُهُ بِمَعْنَى يَصِفُهُ النَّاظِرُ مِنْ وَرَائِهَا كَمُهَلْهَلٍ لَا يَمْنَعُ إدْرَاكَ اللَّوْنِ ؛ لِأَنَّ مَقْصُودَ السَّتْرِ لَا يَحْصُلُ بِذَلِكَ ( وَلَا يَضُرُّ ) هَا بَعْدَ سَتْرِهَا اللَّوْنَ ( أَنْ تَحْكِيَ الْحَجْمَ ) لَكِنَّهُ لِلْمَرْأَةِ مَكْرُوهٌ وَلِلرَّجُلِ خِلَافُ الْأَوْلَى قَالَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ .

ASNAL MATHALIB, JUZ 3 HLM 43

NAMUN KAJIAN TERSEBUT DIATAS ADALAH DALAM SHALAT YA... KARENA TA;BIRNYA BERAWAL DARI SHALAT

kalau duluar shalat menurut saya BAHAYA


Al Fatawa Hal 918

وعبارته: سؤال, ماحكم ملابس الضيقة عند النساء وعند المحارم؟

الفتوي: لبس الملابس الضيقة التي تباين مفاتن المرأة و تبرز ما فيه الفتنة محرم لان النبي صلي الله عليه وسلم قال: صفان من اهل النار لم ارهما بعد رجال معهم سياط كاذناب البقر يضربون بها الناس _ يعني ظلما وعدوانا_ ونساء كاسيات عاريات مائلات مميلات: فقد فسر قوله كاسيات عاريات بأنهن يلبسن اللبسة قصيرة لا تستر مايجب ستره من العورة وفسر بأنهن يلبسن اللبسة تكون خفيفة لاتمنع من رؤية ما ورائها من بشرة المرآة وفسرة بأن يلبسن ملابس ضيقة فهي ساترة عن الرؤية لكنها مبدية لمفاتر المرآة وعلي هذا فلايجوز للمرآة أن تلبس هذه الملابس الضيقة الا لمن يجوز لها ابداء عورتها عندخ وهو الزوج فإنه ليس بين الزوج والزوجته عورة: لقوله تعالي والذين هم لفروجهم حافظيون إلا علي أزواجهم او ما ملكت ايمانهم فإنهم غير ملوين 

intinya wanita memakai pakaian ketat itu HARAM...




Pertanyaan Pengembangan:



Uswah Ingin Hasanah 

kalau misalnya saya guru paud, ad ank laki2 mw pi2s, n ibu nya tdk menjga nya, jd qt d minta unt mengantr, n trpaksa melhat aurot nya, bgmana?krn ktrgan d ats trtlis mski laki2 blum tamyiz


Hakam Ahmed ElChudrie 

Uswah Ingin Hasanah kalau misalnya saya guru paud, ad ank laki2 mw pi2s, n ibu nya tdk menjga nya, jd qt d minta unt mengantr, n trpaksa melhat aurot nya, bgmana?krn ktrgan d ats trtlis mski laki2 blum tamyiz.

Imam al-Rafi’i telah melarang dari melihat farji perempuan yang masih kecil. Namun, al-Qadli Husain telah memastikan akan kebolehan melihat farji perempuan kecil yang belum sampai batas syahwat ketika dilihat dan juga diperbolehkan untuk melihat farji lelaki yang masih kecil. Sedangkan al-Maruzi telah memastikan kebolehan untuk melihat farji hanya terkhusus pada farjinya lelaki yang masih kecil dan kebolehan itu hanya sampai pada batas tamyiz.

ref: Kasyifah al-Saja, hlm. 51




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page