0144: AIR KETUBAN

PERTANYAAN:




Yayak Q Wawo

Maaf air ketuban tu apa ya? Dan sperti apa?




Ziif Kaf


Air ketuban, atau cairan amnion,adalah cairan yang terdapat dalam ruangan yang diliputi selaput janin. Bobot jenis cairan ini sekitar 1.080. Makin tua kehamilan, makin turun berat jenisnya, hingga menjadi 1.025-1.010.

Fungsi Air Ketuban

Air ketuban berfungsi antara lain:

1. Sebagai pelindung yang akanmenahan janin dari trauma akibat benturan.
2. Melindungi dan mencegah talipusat dari kekeringan, yang dapat menyebabkannya mengerut sehingga menghambat penyaluran oksigen melalui darah ibu ke janin.
3. Berperan sebagai cadangan cairan dan sumber nutrien bagi janin untuk sementara.
4. Memungkinkan janin bergerak lebih bebas, membantu system pencernaan janin, sistem otot dan tulang rangka, serta sistem pernapasan janin agar berkembang dengan baik.
5. Menjadi inkubator yang sangat istimewa dalam menjaga kehangatan di sekitar janin.

Selaput ketuban dengan cairan ketuban di dalamnya merupakan penahan janin dan rahim terhadap kemungkinan infeksi. Pada waktu persalinan, air ketuban dapat meratakan tekanan atau kontraksi di dalam rahim, sehingga leher rahim membuka.
Dan saat kantung ketuban pecah, air ketuban yang keluar sekaligus akan membersihkan jalan lahir.

Pada saat kehamilan, air ketuban juga bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan yang dialami janin, khususnya yang berhubungan dengan kelainan kromosom.
Kandungan lemak dalam air ketuban dapat menjadi penanda janin sudah matang atau lewat waktu.


Ziif Kaf

Tindakan Darurat Saat Air Ketuban Pecah

Apa yang semestinya dilakukan saatair ketuban pecah? Air ketuban pecah bisa menjadi pertanda bahwa bayi akan segera lahir. Namun apayang harus dilakukan jika air ketuban pecah di masa janin belum waktunya lahir? Berikut ini 3 tindakan darurat yang harus segera diambil saat air ketuban pecah dimasa janin belum waktunya lahir.

1. Jangan Panik!

Atur napas dan sebisa mungkin jangan banyak bergerak. Air ketuban pecah sebelum waktunya, bisa terjadi karena kondisi ibu hamil yang sedang sakit atau kecelakaan.

2. Catat jam dan menit saat air ketuban pecah.

Tujuannya, agar dokter dan paramedis bisa mengetahui secara pasti kesempatan janin anda untuk bisa diselamatkan. Jika ketuban pecah, janin beresiko terkena infeksi dari luar. Oleh karena itu, penanganan cepat dan tepat waktu perlu dilakukan agar janin anda selamat.

Perhatikan juga kondisi air ketuban. AIr ketuban normal itu berwarna bening dan tidak berbaubusuk. Jika air ketuban berwarnakeruh dan berbau tidak sedap, kemungkinan sudah terkena infeksidan membahayakan kondisi janin anda

3. Segera Bawa ke dokter /paramedic

Penanganan serius secara cepatdan tepat dapat menyelamatkan bayi anda dari kematian. Penanganan yang terlambat bisa membuat bayi terkena resiko infeksi atau terlalu lama menelan airketuban.

LINK DISKUSI: https://m.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=583560568348368&refid=18

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page