0178: KAJIAN FATHUL QORIB BAB TALAQ



Assalamu`alaikum

BAB PERCERAIAN ATAU TALAK TERJEMAH
KITAB FATHUL QORIB

TALAK ATAU GUGAT CERAI OLEH SUAMI

Talak secara bahasa adalah melepas ikatan.
Secara terminologi syariah adalah nama untuk
melepas ikatan pernikahan/perkawinan.

Syarat untuk sahnya talak/perceraian adalah
taklif (dewasa), ikhtiyar (pilihan sendiri).
Adapun orang mabuk tetap sah talaknya
sebagai sanksi baginya.

Perceraian itu ada dua macam. Yaitu talak
sharih dan talak kinayah.

Cerai sharih
(eksplisit) adalah kata cerai yang tidak
mengandung arti lain.
Sedang cerai kinayah
adalah kata cerai yang mengandung arti lain.

Kalau suami berkata dengan kata talak sharih
lalu dia berkata: Saya tidak berniat bercerai,
maka kata-katanya tidak diterima.

Talak sharih ada 3 kalimat. Pertama, kata

"ﺍﻟﻄﻼﻕ " 

talak termasuk kata yang berasal dari
akar kata yang sama. Seperti, 

ﻃﻠﻘﺘﻚ 

Aku
menceraikanmu; 

ﺃﻧﺖ ﻃﺎﻟﻖ ﻭﻣﻄﻠﻘﺔ 

Kamu
perempuan tertalak (tercerai) dan ditalak.

Kedua, kata

 "ﺍﻟﻔﺮﺍﻕ"

 atau pisah. Seperti,

 ﻓﺎﺭﻗﺘﻚ
ﻭﺃﻧﺖ ﻣﻔﺎﺭﻗﺔ 

Aku memisahmu. Kamu perempuan
yang dipisah.

Ketiga, kata

 "ﺍﻟﺴﺮﺍﺡ " 

atau lepas. Seperti

ﺳﺮّﺣﺘﻚ، ﻭﺃﻧﺖ ﻣﺴﺮﺣﺔ

 Aku melepasmu. Kamu
perempuan yang dilepas.

Termasuk dari talak sharih adalah khuluk
apabila suami menyebut harta begitu juga
mufadat.
Talak sharih tidak membutuhkan niat.
Dikecualikan dari itu adalah suami yang
dipaksa maka statusnya sama dengan talak
kinayah. Apabila berniat talak maka perceraian
terjadi apabila tidak niat maka tidak terjadi
talak.

Talak kinayah adalah setiap kata yang
mengandung arti talak dan lainnya. Talak
kinayah membutuhkna niat suami. Apabila niat
talak, maka perceraian terjadi apabila tidak
niat bercerai, maka tidak terjadi talak. Contoh
talak kinayah seperti (kata suami pada istri)
. Kita berdua sudah tiada hubungan
lagi

Lafaz-lafaz seumpama ini termasuk dalam
kategori Kinayah, jika suami tidak berniat
untuk menceraikan isterinya maka talak tidak
jatuh, tetapi jika sebaliknya iaitu suami
mempunyai niat menceraikan isterinya ketika
melafazkan kalimah ini, maka talak dikira
jatuh.
ﻔﺼﻞ
 ﻓﻲ ﺃﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻭﻫﻮ ﻟﻐﺔ ﺣﻞ ﺍﻟﻘﻴﺪ، ﻭﺷﺮﻋﺎً
ﺍﺳﻢ ﻟﺤﻞ ﻗﻴﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ، ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﻟﻨﻔﻮﺫﻩ ﺍﻟﺘﻜﻠﻴﻒ
ﻭﺍﻻﺧﺘﻴﺎﺭ، ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺴﻜﺮﺍﻥ ﻓﻴﻨﻔﺬ ﻃﻼﻗﻪ ﻋﻘﻮﺑﺔ ﻟﻪ
) ﻭﺍﻟﻄﻼﻕ ﺿﺮﺑﺎﻥ ﺻﺮﻳﺢ ﻭﻛﻨﺎﻳﺔ( ﻓﺎﻟﺼﺮﻳﺢ ﻣﺎ ﻻ
ﻳﺤﺘﻤﻞ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻭﺍﻟﻜﻨﺎﻳﺔ ﻣﺎ ﺗﺤﺘﻤﻞ ﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻟﻮ
ﺗﻠﻔﻆ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﺑﺎﻟﺼﺮﻳﺢ ﻭﻗﺎﻝ: ﻟﻢ ﺃﺭﺩ ﺑﻪ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻟﻢ
ﻳﻘﺒﻞ ﻗﻮﻟﻪ ) ﻓﺎﻟﺼﺮﻳﺢ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻟﻔﺎﻅ ﺍﻟﻄﻼﻕ( ﻭﻣﺎ ﺍﺷﺘﻖ
ﻣﻨﻪ ﻛﻄﻠﻘﺘﻚ ﻭﺃﻧﺖ ﻃﺎﻟﻖ ﻭﻣﻄﻠﻘﺔ ) ﻭﺍﻟﻔﺮﺍﻕ ﻭﺍﻟﺴﺮﺍﺡ (
ﻛﻔﺎﺭﻗﺘﻚ ﻭﺃﻧﺖ ﻣﻔﺎﺭﻗﺔ ﻭﺳﺮّﺣﺘﻚ، ﻭﺃﻧﺖ ﻣﺴﺮﺣﺔ ﻭﻣﻦ
ﺍﻟﺼﺮﻳﺢ ﺃﻳﻀﺎً ﺍﻟﺨﻠﻊ ﺇﻥ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﻤﻔﺎﺩﺍﺓ
) ﻭﻻ ﻳﻔﺘﻘﺮ ﺻﺮﻳﺢ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻨﻴﺔ( ﻭﻳﺴﺘﺜﻨﻰ ﺍﻟﻤﻜﺮﻩ
ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﻼﻕ، ﻓﺼﺮﻳﺤﻪ ﻛﻨﺎﻳﺔ ﻓﻲ ﺣﻘﻪ ﺇﻥ ﻧﻮﻯ ﻭﻗﻊ،
ﻭﺇﻻ ﻓﻼ
) ﻭﺍﻟﻜﻨﺎﻳﺔ ﻛﻞ ﻟﻔﻆ ﺍﺣﺘﻤﻞ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﻳﻔﺘﻘﺮ ﺇﻟﻰ
ﺍﻟﻨﻴﺔ ( ﻓﺈﻥ ﻧﻮﻯ ﺑﺎﻟﻜﻨﺎﻳﺔ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻭﻗﻊ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ، ﻭﻛﻨﺎﻳﺔ
ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻛﺄﻧﺖ ﺑﺮﻳﺔ ﺧﻠﻴﺔ ﺍﻟﺤﻘﻲ ﺑﺄﻫﻠﻚ ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ
ﻫﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻄﻮﻻﺕ )ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻓﻴﻪ( ﺃﻱ ﺍﻟﻄﻼﻕ
) ﺿﺮﺑﺎﻥ ﺿﺮﺏ ﻓﻲ ﻃﻼﻗﻬﻦ ﺳﻨﺔ ﻭﺑﺪﻋﺔ ﻭﻫﻦ ﺫﻭﺍﺕ
ﺍﻟﺤﻴﺾ( ﻭﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺑﺎﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﺍﻟﺠﺎﺋﺰ،
ﻭﺑﺎﻟﺒﺪﻋﺔ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ) ﻓﺎﻟﺴﻨﺔ ﺃﻥ ﻳﻮﻗﻊ ( ﺍﻟﺰﻭﺝ
) ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻓﻲ ﻃﻬﺮ ﻏﻴﺮ ﻣﺠﺎﻣﻊ ﻓﻴﻪ. ﻭﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﺃﻥ ﻳﻮﻗﻊ (
ﺍﻟﺰﻭﺝ )ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﺃﻭ ﻓﻲ ﻃﻬﺮ ﺟﺎﻣﻌﻬﺎ ﻓﻴﻪ
ﻭﺿﺮﺏ ﻟﻴﺲ ﻓﻲ ﻃﻼﻗﻬﻦ ﺳﻨﺔ ﻭﻻ ﺑﺪﻋﺔ ﻭﻫﻦ ﺃﺭﺑﻊ
ﺍﻟﺼﻐﻴﺮﺓ ﻭﺍﻵﻳﺴﺔ( ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺘﻲ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺣﻴﻀﻬﺎ )ﻭﺍﻟﺤﺎﻣﻞ
ﻭﺍﻟﻤﺨﺘﻠﻌﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻟﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﺑﻬﺎ( ﺍﻟﺰﻭﺝ ﻭﻳﻨﻘﺴﻢ ﺍﻟﻄﻼﻕ
ﺑﺎﻋﺘﺒﺎﺭ ﺁﺧﺮ ﺇﻟﻰ ﻭﺍﺟﺐ ﻛﻄﻼﻕ ﺍﻟﻤﻮﻟﻰ، ﻭﻣﻨﺪﻭﺏ
ﻛﻄﻼﻕ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻏﻴﺮ ﻣﺴﺘﻘﻴﻤﺔ ﺍﻟﺤﺎﻝ، ﻛﺴﻴﺌﺔ ﺍﻟﺨﻠﻖ
ﻭﻣﻜﺮﻭﻩ، ﻛﻄﻼﻕ ﻣﺴﺘﻘﻴﻤﺔ ﺍﻟﺤﺎﻝ، ﻭﺣﺮﺍﻡ ﻛﻄﻼﻕ
ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ، ﻭﻗﺪ ﺳﺒﻖ ﻭﺃﺷﺎﺭ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻟﻠﻄﻼﻕ ﺍﻟﻤﺒﺎﺡ ﺑﻄﻼﻕ
ﻣﻦ ﻻ ﻳﻬﻮﺍﻫﺎ ﺍﻟﺰﻭﺝ، ﻭﻻ ﺗﺴﻤﺢ ﻧﻔﺴﻪ ﺑﻤﺆﻧﺘﻬﺎ ﺑﻼ
ﺍﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﺑﻬﺎ

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page