0143: CIRI-CIRI WANITA DAN LAKI-LAKI MANDUL

PERTANYAAN:



Nour Chazanuds Dins

Mo nanya nih, klo ada yg tau, kasih tau,,,!

Ada ga sih, ciri" orang yg mandul baik cwe ato cwo...? Bagi yg belum brkluarga





JAWABAN:




Ziif Kaf


ciri" wanita mandul..........

Gangguan yang paling sering dialami wanita mandul adalah gangguan ovulasi. Bila ovulasi tidak terjadi, maka tidak akan ada sel telur yang bisa dibuahi.

Salah satu tanda wanita yang mengalami gangguan ovulasi yaitu haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali. Gangguan lain yang bisa menyebabkan kemandulan pada wanita, antara lain:

1. Tertutupnya lubang saluran tuba

Tertutupnya lubang saluran tuba yang disebabkan karena infeksi, endometriosis, dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik.

2. Gangguan fisik rahim

Gangguan fisik rahim ini, seperti haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali dan nyeri haid yang diluar kebiasaan. Jika Anda selalu merasakan nyeri haid yang tidak biasa, maka pergilah ke dokter kandungan untuk mengonsultasikan masalah tersebut.

3. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul ini merupakan suatu peradangan pada tuba faloppi atau saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Biasanya peradangan menyerang kedua tuba dan infeksi bisa menyebar ke rongga perut dan menyebabkan peritonitis.

4. Keguguran lebih dari sekali

Keguguran merupakan kegagalan kelangsungan proses kehamilan secara spontan pada usia lebih dini atau sama dengan 20 minggu. Keguguran akan menjadi masalah serius jika terjadi berulang.

Gangguan yang terjadi tersebut bisa saja terus meningkat bila Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu gemuk atau kurus, meminum alkohol, kekurangan gizi, stres, memiliki penyakit menular seksual, dan umur.

Umur bisa menurunkan kemampuan seorang wanita untuk hamil karena kemampuan indung telur melepaskan sel telur menurun seiring peningkatan usia, mutu sel telur menurun, dan rentan mengalami keguguran.

Bagi wanita sehat yang berusia di bawah 30 tahun, tak perlu khawatir akan mandul kecuali Anda telah berusaha selama setahun untuk sekedar hamil. Bila hal tersebut terjadi, maka Anda harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Namun, bagi perempuan yang berusia di atas 30 tahun, mereka harus segera ke dokter bila tak kunjung hamil.======


ciri" pria mandul..........

Dilansir Republika.co.id, Wahyuning Ramelan, ahli andrologi mengatakan bahwa menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), ciri dan kriteria fertilitas seorang pria bisa dilihat dari aspek sperma yang dia keluarkan.

Menurut WHO, berikut ciri-ciri sperma yang tidak baik secara makroskopis:

1. Tidak memiliki volume sekitar 2-5 mililiter.
2. Tidak berbau khas.
3. Tidak mencair dalam waktu kurang dari satu jam jika di luar organ reproduksi wanita.
4. Tidak berwarna putih keruh dan tidak kental.
5. Setiap mililiter sperma tidak berjumlah sekitar 20-40 juta dengan 30 persen diantaranya berbentuk normal.
6. Mobilitasnya tidak bagus.
7. Adanya aglutinasi (dua spermatozoa yang melekat).

Jika ciri- ciri tersebut Anda miliki, maka akan terjadi beberapa kelainan pada sperma yang dihasilkan, seperti oligozoospermia (jumlah spermatozoa yang dihasilkan kurang dari 15 juta), astenozoospermia (gerakan spermatozoa tidak normal), teratozoospermia (jumlah spermatozoa yang normal jauh di bawah 30 persen), azoospermia (sperma yang dikeluatkan hanya berupa cairan), dan aspermia (tidak ada sperma yang dikeluarkan).

Dilansir Republika.co.id, Wahyuning juga mengatakan bahwa penyebab kemandulan seorang pria itu terbagi menjadi dua.

Pertama adalah faktor genetik.

Pria dengan kromosom yang berjumlah 47 tipe XXY tidak akan menghasilkan sperma. Sedangkan pria dengan jumlah kromosom 46 tipe XX, proses pembuatan spermanya akan terganggu.

Penyebab yang kedua adalah faktor dari luar yang bisa didapat dari penyakit, seperti varicoceles atau hernia. Penyakit tersebut bisa berpotensi menyumbat saluran sperma.

Selain itu, radiasi juga bisa menurunkan kesuburan pria, bahkan menyebabkan kemandulan. Kemandulan juga seringkali disebabkan oleh penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia.

Kedua penyakit ini pada awalnya mungkin tak menunjukkan gejala. Gejala baru timbul setelah terjadinya peradangan panggul atau salpingitis. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk menjalani perilaku seksual yang aman guna meminimalkan risiko kemandulan di masa yang akan datang.


LINK DISKUSI: https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/580071752030583/

1 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page