0112: HUKUM MENELAN SPERMA SUAMI

PERTANYAAN:



Pepep

assalamu`alaikum.,.,.,.,..,.,mw tanya mbak" mas".,.,.,.,.,. kalau hukum x nelen mani suwami itu gimana ya.,.,.,.,,boleh ga'?????




JAWABAN:



Ziif Kaf 

wa'alaikum salam........copas dar sebelah ======

Masaji Antoro

Waalaikumsalam wr wb Khilaf, pendapat yang mashur TIDAK HALAL menelan mani *

(ﻓﺮﻉ ) ﻫﻞ ﻳﺤﻞ ﺍﻛﻞ ﺍﻟﻤﻨﻰ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮ ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﻞ ﻻﻧﻪ ﻣﺴﺘﺨﺒﺚ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ ) ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺨﺒﺎﺋﺚ( ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻰ ﻳﺠﻮﺯ ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﺯﻳﺪ ﺍﻟﻤﺮﻭﺯﻯ ﻻﻧﻪ ﻃﺎﻫﺮ ﻻ ﺿﺮﺭ ﻓﻴﻪ

(CABANG) "Bolehkah menelan mani yang suci? Ada 2 pendapat, dan yang benar dan masyhur bahwasanya itu tidak halal karena mustakhbats (menjijikkan) seperti Firman Allah SWT "Dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk"(QS. 7:157).

sedang menurut AsSyaikh Abi Zaid alMarwazy menghukumi boleh karena mani adalah barang suci dan tidak ada DHOROR (bahaya) didalamnya" (Al-Majmu' alaa Syarh Almuhadzzab II/556)

Neil Elmuna

At-TaQriirootus Sadiidah> sayyid hasan alkaaf > hal 128 >
hukmul maniyyi > fiihi tsalaatsatu aQwaal :
1. maniyyu jamii'il hayawaanaati Thoohirun illamaniyyal kalbi walkhinziiri wa far'i ahadihimaa.. wahuwa Qoulul imami an- Nawawiy.. wahuwal mu'tamadu..
2. maniyyul aadamiyyi Thoohirun wa maniyyu ghoirihi najisun .... wahuwa Qoulul imaami arRoofi'iy.
3. maniyyul aadamiyyi wa maniyyu kulli hayawaanin ma-kuulin Thoohirun ... wa maniyyu ghoiril ma-kuuli najisun. Ta'riifu annajaasati lughotan : " kullu mustaQdzarin" wa syar'an bil haddi : " kullumustaQdzarin yamna'u shihhatash Sholaati haitsu laa murokhkhisho".

Ta'riifuhuu bil 'addi < adat, menurut watak normal manusia> :" kullun min jamii'i maa yu'addu mustaQdzaron 'indal 'aadati.. wahiya
1. albaulu
2. alghooithu
3. addamu
4. alQoi-u
5. alwadiyu
6. almadziyyu
7. alkhomru
8.annabiidzu
9.kullu muskirin maa-i'in
10.alkalbu
11. alkhinziiru
12. far'u ahadi kalbi awil khinziiri
13. almaitatu
14. sya'ru almaitati
15. 'azhmu almaitati
16. labanu maa la yu-kalu lahmuhu
17. sya'ru ghoiril ma-kuuli idza infashola fii chaali chayatihi
18. almaa-u as- saa-ilu idzaa khoroja minal ma'iddati..

Dari semua uraian di atas dipastikan bahwa air mani manusia itu suci dan tidak termasuk dlm kategori najis baik menurut definisi syara' ataupun menurut perhitungan benda2 yang dinilai najis oleh ketentuan fiQh.. namun air mani itu dinilai dari dzatnya memang suci namun soal boleh "ditelan"< dikonsumsi> atau tidak? hmm?



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page