0196: HUKUM WANITA PAKAI CELANA


PERTANYAAN




boleh ga sih wanita pake celana panjang,kya jeans gitu n smacamnya



JAWABAN


1. PrEman Berr Tassbíihh 


boleh asal tidak ketat


2. Baet Vespa Biru 


kalo di intip dari sudut etika,pakek gtuan kurang sopan,,!!
boleh2 aja asal menutup aurat & tidak mengundang si syahwat.(extraketat)


3. Zanzanti Yanti Andeslo


053. LAIN-LAIN: Wanita Memakai Celana


Cut Zavheera Berlindung PadaNya

PERTANYAAN

Assalamualaikum ustadz...benarkah muslimah diharamkan memakai celana panjang&hrs selalu memakai rok/gamis?krn jk pakai celana panjang dikatakan menyerupai laki2 (terlarang bg perempuan yg menyerupai laki2 begitu jg sebaliknya). Mhn penjelasannya. Terimakasih ^_^ 

JAWABAN

Waalaikumsalam......

Melihat bentuk celananya terlebih dahulu
  • Bila celana tersebut model celana yang khusus/kebanyakan di pakai pada kalangan wanita maka tidak terjadi tasyabbuh (penyerupaan) dengan laki-laki yang di haramkan.
  • Bila celana yang memang khusus di pakai untuk pria/kebanyakan pria maka berarti terjadi tasyabbuh (penyerupaan) dengan laki-laki yang di haramkan.
  • Bila bentuk celana tersebut masih sama umumnya dipakai oleh lelaki dan wanita juga masih tidak di katakan tasyabbuh

(مسألة : ي) : ضابط التشبه المحرم من تشبه الرجال بالنساء وعكسه ما ذكروه في الفتح والتحفة والإمداد وشن الغارة ، وتبعه الرملي في النهاية هو أن يتزيا أحدهما بما يختص بالآخر ، أو يغلب اختصاصه به في ذلك المحل الذي هما فيه.

Batasan penyerupaan yang di haramkan pada kasus penyerupaan orang laki-laki pada perempuan dan sebaliknya adalah apa yang diterangkan oleh Ulama Fiqh dalam kitab Fath aljawaad, Tuhfah, Imdaad dan kitab syun alghooroh. Imam Romli juga mengikutinya dalam kitab Annihaayah, Batasannya adalah

"bila salah satu dari lelaki atau wanita tersebut berhias memakai barang yang dikhususkan untuk lainnya atau pakaian yang jamak di gunakan pada tempat tinggal lelaki dan wanita tersebut".

Bughyah Almustarsyidiin 604

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page