0062.OBAT PATAH HATI

Hakam Ahmed ElChudrie

OBAT HATI YANG PERNAH TERLUKA




1. Latihlah Diri Untuk Lupakan Kenangan Pahit - Mengaku saja yang anda sering rasa sedih sebab banyak mengingat kenangan pahit atau selalu kembali ke memori masa lalu. Anda perlu hilangkan fikiran itu dan jangan terbawa dengan emosi yang lalu. Mulai sekarang, tekad untuk melupakan semua itu. Bulatkan tekad untuk fokus kepada masa depan anda, cita-cita anda, keluarg...a, kerja, dan rakan-rakan. Anda tidak akan dapat melupakan semua memori pahit sekaligus, tetap lakukan satu persatu dengan mengalihkan perhatian anda kepada perkara lain. Proses ini memakan waktu, tetapi ia bisa dipercepatkan dengan melatih diri.


2. Jangan Asyik Risau - Ada 2 kesan dari sikap risau ini. Pertama ia menarik nasib tidak baik, masalah dan musibah tanpa anda pinta. Kedua, ia memberi kesan buruk pada kesehatan anda dari segi fisik dan mental. Risau membuat anda selalu menjadi sedih dan kecewa, terkadang takut. Untuk buang sikap risau, belajarlah untuk tenang dan latih diri anda menjaga emosi.


3. Rajin Bersyukur - Ucap syukur atas semua yang anda punya. Bersyukur karena anda masih ada 5 indera yang lengkap, Anda bisa melihat dan menarik nafas setiap kali bangun tidur. Anda ada teman dekat yang memahami anda. Ucap syukur seikhlas hati, sebanyak mungkin, seikhlas mungkin hingga rasa syukur itu meresap jauh ke dalam diri anda. Lakukan sebanyak mungkin setiap hari.


4. Harus Bisa Memaafkan Orang - Sikap pemaaf dapat membersihkan hati dari perasaan negatif dan emosi-emosi negatif (takut, sedih, kecewa, gusar, marah, geram, cemburu, tidak puas hati, dendam, dan busuk hati). Ketahuilah, anda selalu merasa sedih dan kecewa karena anda tidak memaafkan kesalahan diri anda di masa lalu ataupun anda tidak memaafkan kesalahan orang lain terhadap diri anda dimasa lalu. Mungkin anda susah menerima perbuatan salah orang lain terhadap diri anda, yang membuat anda sedih, kecewa dan geram.


5. Ketawa - Ketawa bukan dibuat-buat, tetapi biar ketawa yang benar-benar menggembirakan anda dan menjadikan anda girang. Tonton video yang lucu, baca cerita yang lucu, dekatkan diri anda dengan rakan-rakan yang lucu serta cari "funny side" dalam setiap situasi, agar anda bisa tertawa secara otomatis. Ketawa dapat menghilangkan sedih. Buat apa menuruti rasa kecewa sedangkan anda boleh ketawa?


6. Ubah Fikiran – Anda tidak bisa merubah situasi yang bisa membuat anda kecewa, sedih dan murung. Tetapi, anda bisa merubah fikiran anda dan apa yang anda fikirkan tentang situasi-situasi tersebut walau seburuk apapun ia. Rahasianya, cari sinar mentari di sebalik mendungnya awan. Walaupun perkara tidak berpihak kepada anda, cari cara bagaimana anda bisa menemukan nilai-nilai positif di dalamnya. Fikir yang baik-baik saja, karena ia memberi keuntungan jangka masa panjang. Rejeki anda lancar dan segala yang baik-baik datang sendiri pada anda. Anda menjadi apa yang anda selalu fikirkan. Buat apa berfikir yang buruk sedangkan anda bisa  “tarik” semua yang baik-baik? Fikir yang buruk, anda dapat yang buruk. Ini hukum alam dan dinamakan Hukum Sebab dan Akibat.


7. Hati Harus Tegar - Bukan sembarang tegar. Maksudnya ketegaran hati, kesabaran yang tinggi, pandai menjaga emosi dan menerima hakikat dengan hati terbuka. Allah s.w.t. menurunkan musibah, permasalahan dan macam-macam lagi bukan sekedar dugaan, tetapi balasan pada perbuatan-perbuatan kita di masa lalu. Buat baik, dibalas baik, begitu juga sebaliknya. Cobaan merupakan balasan dari kejahatan kecil yang telah kita lakukan pada orang lain. Mungkin ada walaupun kita tidak sadar. Itulah perlunya kita bersikap baik dan berfikir yang baik-baik pada semua orang, benda, perkara, situasi dan keadaan. Sebelum tidur, set mind untuk jadi ceria pada keesokan harinya. Lafalkan dengan nada berbisik. Rileks dan jangan terlalu memaksakan diri. Selepas bangun tidur, katakan pada diri, ini adalah hari yang baru untuk anda. Tekadkan diri untuk menjadikan hari yang baru itu hari yang baik, sungguh baik, lebih baik dari hari yang sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page