0220. HUKUM MINUM SAMBIL BERDIRI

  • PERTANYAAN :

    Ivat Ae
    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

    Kenapa tidak boleh minum sambil berdiri

    • Mazz Rofii 
    حاشية الجمل (1/ 109)
    الشرب قائما وسهر الليل في العبادة يكره طبا لا شرعا

    • Nissa Asysyifa 
    Cekidot.
    Alasan: kenapa minum itu dianjurkan duduk. Tubuh manusia memiliki jaringan penyaring (filter). Ada yang menyebutnya filter penyaring itu dengan nama sfringer, yaitu suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

    Filter penyaring ini akan terbuka disaat kita duduk, dan tertutup disaat berdiri. Karena itu, kalau minum sambil berdiri, maka air akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa proses penyaringan. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.Bila ini terjadi, maka ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal

    »tambahan penjelasan yang bisa dilakukan bila ingin hidup sehat dengan menggunakan terapi air.

    1. Minum dua geas air setelah bangun tidur dapat membersihkan organ-organ internal tubuh.

    2. Minum segelas air 30 menit sebelum makan, dapat membantu fungsi pencernaan dan ginjal.

    3. Minum segelas air sebelum mandi, dapat menurunkan gejala tekanan darah.

    4. Minum segelas air sebelum tidur dapat mencegah stroke dan serangan jantung.

    5. Minum air minimal tiga-empat liter atau delapan gelas sehari. Tujuannya untuk membantu peredaran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.

    Jika ini bisa kita lakukan secara rutin, tubuh akan makin sehat. Sebab, dua pertiga tubuh manusia terdiri atas air. Bila kekurangan minum air, maka tubuh akan terasa kaku, pinggang sakit, dan penyakit ginjal pun akan mudah terjadi.

    Moga brmanfaat..

    • Sunde Pati 
    wa alaikum salam

    Minum sambil berdiri itu dilarang menurut resep dokter karena ada efeknya diantaranya daya fikir tidak bisa maksimal,mempercepat tembusnya sampai bagian anggota bawah sehingga kadang berefek buruk,tapi dalam syariat islam hukumnya tidak makruh dan pendapat yg terpilih yaitu bahwa sesungguhnya minum sambil berdiri tanpa udzur hukumnya adalah khilaful aula (sebaiknya tidak dilakukan) tapi pendapat yg benar dalam syarah muslim hukumnya adalah makruhAdapun mengenai Nabi SAW pernah minum sambil berdiri itu menjelaskan kebolehannya minum sambil berdiridan tidak dimakruhkan makan sambil berdiri tanpa ada hajat tapi yg lebih utama itu meninggalkannya (makan sambil berdiri) 

    dan disunnahkan bagi orang yg minum sambil berdiri untuk membaca doa dibawah ini untuk menolak efek negatif

    اللهم صل على سيدنا محمد الذي شرب الماء قائما وقاعدا

    ALLOHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN ALLADZI SYARIBAL MA A QOIMAN WA QO IDAN

    ============

    حاشية البجيرمي على شرح المنهج = التجريد لنفع العبيد (1/ 22)

    (قَوْلُهُ وَكُرِهَ مُتَشَمِّسٌ)أَيْ: طِبًّا وَشَرْعًا وَمِثْلُهُ: الشُّرْبُ قَائِمًا وَسَهَرُ اللَّيْلِ فِي الْعِبَادَةِ يُكْرَهُ طِبًّا لَا شَرْعًا

    ===========

    الغرر البهية في شرح البهجة الوردية (4/ 214)

    وَلَا يُكْرَهُ الشُّرْبُ قَائِمًا إلَّا سَائِرًا نَقَلَهُ الرَّافِعِيُّ عَنْ الْأَصْحَابِ قَالَ فِي الرَّوْضَةِ: وَالْمُخْتَارُ أَنَّ الشُّرْبَ قَائِمًا بِلَا عُذْرٍ خِلَافُ الْأَوْلَى، وَقَالَ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ الصَّوَابُ بِأَنَّهُ مَكْرُوهٌ، وَأَمَّا شُرْبُهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَائِمًا فَلِبَيَانِ الْجَوَازِ وَلَا يُكْرَهُ الْأَكْلُ قَائِمًا بِلَا حَاجَةٍ وَتَرْكُهُ أَفْضَلُ

    ===

    روضة الطالبين وعمدة المفتين (7/ 340)

    وَلَا يُكْرَهُ الشُّرْبُ قَائِمًا، وَحَمَلُوا النَّهْيَ الْوَارِدَ عَلَى حَالَةِ السَّيْرِ.قُلْتُ: هَذَا الَّذِي قَالَهُ مِنْ تَأْوِيلِ النَّهْيِ عَلَى حَالَةِ السَّيْرِ، قَدْ قَالَهُ ابْنُ قُتَيْبَةَ وَالْمُتَوَلِّي، وَقَدْ تَأَوَّلَهُ آخَرُونَ بِخِلَافِ هَذَا. وَالْمُخْتَارُ أَنَّ الشُّرْبَ قَائِمًا بِلَا عُذْرٍ خِلَافَ الْأَوْلَى، لِلْأَحَادِيثِ الصَّرِيحَةِ بِالنَّهْيِ عَنْهُ فِي «صَحِيحِ مُسْلِمٍ» .وَأَمَّا الْحَدِيثَانِ الصَّحِيحَانِ عَنْ عَلِيٍّ وَابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَرِبَ قَائِمًا، فَمَحْمُولَانِ عَلَى بَيَانِ الْجَوَازِ جَمْعًا بَيْنَ الْأَحَادِيثِ.

    ========

    إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين (3/ 417)

    (قوله: لا قائما)أي لا يكره الأكل قائما (قوله: والشرب قائما خلاف الأولى) عبارة الروض وشرحه: والشرب قاعدا أولى منه قائما أو مضطجعا، فالشرب قائما بلا عذر خلاف الأولى، كما اختاره في الروضة، لكنه صوب في شرح مسلم كراهته، وأما شربه - صلى الله عليه وسلم - قائما فلبيان الجواز.قال في شرح مسلم: ويستحب لمن شرب قائما عالما أو ناسيا أن يتقيأه: لخبر مسلم لا يشربن أحدكم قائما، فمن نسي فليستقئ اه(واعلم) أنه استثنى بعضهم شرب ماء زمزم وقال: إنه يسن الشرب منه قائما اتباعا، فقد صح عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي - صلى الله عليه وسلم - شرب من زمزم وهو قائم ورده الباجوري في حاشية الشمائل بما نصه: وإنما شرب - صلى الله عليه وسلم - وهو قائم، مع نهيه عنه، لبيان الجواز، ففعله ليس مكروها في حقه، بل واجب، فسقط قول بعضهم إنه يسن الشرب من زمزم قائما اتباعا له - صلى الله عليه وسلم -، ولا حاجة لدعوي النسخ أو تضعيف النهي لأنه حيث أمكن الجمع وجب المصير إليه.ثم قال: قال ابن القيم للشرب قائما آفات منها: أنه لا يحصل به الري التام، ولا يستقر في المعدة حتى يقسمه الكبد على الأعضاء، ويلاقي المعدة بسرعة، فربما برد حرارتها ويسرع النفوذ إلى أسافل البدن فيضر ضررا بينا، ومن ثم سن أن يتقيأه، ولو فعله سهوا، لأنه يحرك أخلاطا يدفعها القئ.ويسن لمن شرب قائما أن يقول: اللهم صل على سيدنا محمد الذي شرب الماء قائما وقاعدا فإنه بسبب ذلك يندفع عنه الضرر.وذكر الحكماء أن تحريك الشخص إبهامي رجليه حال الشرب قائما يدفع ضرره

    LINK DISKUSI :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page