PERTANYAAN :
Sunde Pati
pertanyaan editan
Mis Aee Wong
Assalamu alaikum
apa si yg d maksud sunah rosul?
JAWABAN :
• Sunde Pati
Wa alaikum salam.
SUNNAH dalam istilah fiqih menurut imam syafii dan hanbali itu dimutlaqkan pada MANDUB,MUSTAHAB DAN TATHOWWU' dan itu semua adalah satu arti yaitu perkara yg dianjurkan untuk dilakukan tapi anjurannya tidak jazim/keras
dan menurut Albunani sejenis atau searti dengan sunnah yaitu AL-HASAN ATAU ANNAFLU DAN AL-MUROGHOB FIH
tapi AL-Qodli Al-husain dan ulama' lain berbeda pandangan mereka mengatakan jika Nabi SAW sering melakukan sesuatu tersebut maka namanya adalah ASSUNNAH jika jarang melakukannya,seperti hanya melakukan satu atau dua kali maka namanya adalah ALMUSTAHABjika Nabi tak melakukan sama sekali yaitu sesuatu yg timbul dari manusia dengan ikhtiyarnya dari macam2 wirid maka namanya adalah ATTATHOWWU'
dan Al-qodli al-husain bersama ulama' yg lain tidak menyinggung untuk kata AL-MANDUB karena lebih umum dan menyeluruh bahkan mencakup dari 3 bagian (ASSUNNAH,ALMUSTAHAB DAN ATTATHOWWU')
الأَحْكَامُ الْمُتَعَلِّقَةُ بِالسُّنَّةِ : أَوَّلا : السُّنَّةُ بِالاصْطِلاحِ الْفِقْهِيِّ : - تُطْلَقُ السُّنَّةُ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ : عَلَى الْمَنْدُوبِ ، وَالْمُسْتَحَبِّ ، وَالتَّطَوُّعِ ، فَهِيَ أَلْفَاظٌ مُتَرَادِفَةٌ ، فَكُلٌّ مِنْهَا عِبَارَةٌ عَنِ الْفِعْلِ الْمَطْلُوبِ طَلَبًا غَيْرَ جَازِمٍ . قَالَ الْبُنَانِيُّ : وَمِثْلُهَا الْحَسَنُ أَوِ النَّفَلُ وَالْمُرَغَّبُ فِيهِ . وَنَفَى الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَغَيْرُهُ تَرَادُفَهَا حَيْثُ قَالُوا : إِنْ وَاظَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْفِعْلِ فَهُوَ السُّنَّةُ ، وَإِنْ لَمْ يُوَاظِبْ عَلَيْهِ كَأَنْ فَعَلَهُ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ فَهُوَ الْمُسْتَحَبُّ ، أَوْ لَمْ يَفْعَلْهُ وَهُوَ مَا يُنْشِئُهُ الإِنْسَانُ بِاخْتِيَارِهِ مِنَ الأَوْرَادِ فَهُوَ التَّطَوُّعُ . وَلَمْ يَتَعَرَّضْ الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَمَنْ مَعَهُ لِلْمَنْدُوبِ لِعُمُومِهِ لِلأَقْسَامِ الثَّلاثَةِ . وَيُقَسِّمُ الشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ السُّنَنَ إِلَى سُنَنٍ مُؤَكَّدَةٍ وَغَيْرِ مُؤَكَّدَةٍ . إِلا أَنَّ الْحَنَابِلَةَ يَقُولُونَ : إِنَّ تَرْكَ السُّنَنِ الْمُؤَكَّدَةِ مَكْرُوهٌ ، أَمَّا تَرْكُ غَيْرِ الْمُؤَكَّدَةِ فَلَيْسَ بِمَكْرُوهٍ
ALMAUSUAH ALFIQHIYYAH JUZ 25 HAL 263-264.
WALLOHU A'LAM
LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/611133728924385/
Sunde Pati
pertanyaan editan
Mis Aee Wong
Assalamu alaikum
apa si yg d maksud sunah rosul?
JAWABAN :
• Sunde Pati
Wa alaikum salam.
SUNNAH dalam istilah fiqih menurut imam syafii dan hanbali itu dimutlaqkan pada MANDUB,MUSTAHAB DAN TATHOWWU' dan itu semua adalah satu arti yaitu perkara yg dianjurkan untuk dilakukan tapi anjurannya tidak jazim/keras
dan menurut Albunani sejenis atau searti dengan sunnah yaitu AL-HASAN ATAU ANNAFLU DAN AL-MUROGHOB FIH
tapi AL-Qodli Al-husain dan ulama' lain berbeda pandangan mereka mengatakan jika Nabi SAW sering melakukan sesuatu tersebut maka namanya adalah ASSUNNAH jika jarang melakukannya,seperti hanya melakukan satu atau dua kali maka namanya adalah ALMUSTAHABjika Nabi tak melakukan sama sekali yaitu sesuatu yg timbul dari manusia dengan ikhtiyarnya dari macam2 wirid maka namanya adalah ATTATHOWWU'
dan Al-qodli al-husain bersama ulama' yg lain tidak menyinggung untuk kata AL-MANDUB karena lebih umum dan menyeluruh bahkan mencakup dari 3 bagian (ASSUNNAH,ALMUSTAHAB DAN ATTATHOWWU')
الأَحْكَامُ الْمُتَعَلِّقَةُ بِالسُّنَّةِ : أَوَّلا : السُّنَّةُ بِالاصْطِلاحِ الْفِقْهِيِّ : - تُطْلَقُ السُّنَّةُ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ : عَلَى الْمَنْدُوبِ ، وَالْمُسْتَحَبِّ ، وَالتَّطَوُّعِ ، فَهِيَ أَلْفَاظٌ مُتَرَادِفَةٌ ، فَكُلٌّ مِنْهَا عِبَارَةٌ عَنِ الْفِعْلِ الْمَطْلُوبِ طَلَبًا غَيْرَ جَازِمٍ . قَالَ الْبُنَانِيُّ : وَمِثْلُهَا الْحَسَنُ أَوِ النَّفَلُ وَالْمُرَغَّبُ فِيهِ . وَنَفَى الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَغَيْرُهُ تَرَادُفَهَا حَيْثُ قَالُوا : إِنْ وَاظَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْفِعْلِ فَهُوَ السُّنَّةُ ، وَإِنْ لَمْ يُوَاظِبْ عَلَيْهِ كَأَنْ فَعَلَهُ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ فَهُوَ الْمُسْتَحَبُّ ، أَوْ لَمْ يَفْعَلْهُ وَهُوَ مَا يُنْشِئُهُ الإِنْسَانُ بِاخْتِيَارِهِ مِنَ الأَوْرَادِ فَهُوَ التَّطَوُّعُ . وَلَمْ يَتَعَرَّضْ الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَمَنْ مَعَهُ لِلْمَنْدُوبِ لِعُمُومِهِ لِلأَقْسَامِ الثَّلاثَةِ . وَيُقَسِّمُ الشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ السُّنَنَ إِلَى سُنَنٍ مُؤَكَّدَةٍ وَغَيْرِ مُؤَكَّدَةٍ . إِلا أَنَّ الْحَنَابِلَةَ يَقُولُونَ : إِنَّ تَرْكَ السُّنَنِ الْمُؤَكَّدَةِ مَكْرُوهٌ ، أَمَّا تَرْكُ غَيْرِ الْمُؤَكَّدَةِ فَلَيْسَ بِمَكْرُوهٍ
ALMAUSUAH ALFIQHIYYAH JUZ 25 HAL 263-264.
WALLOHU A'LAM
LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/611133728924385/
0 komentar:
Posting Komentar