0465. SEKELUMIT CERITA TENTANG YA'JUJ MA'JUJ

• Mbah Godek

Menanggapi pertanyaan dari member

Nur Shafa Alhuda Lilhaq 
Bz kah mnjelaskan tntang ya'juj n ma'juj ?? Apakh mreka akan muncul atw telah muncul ,,,,,?

----------------

Kami jawab

BERIKUT SEKELUMIT CERITA TENTANG YA'JUJ MA'JUJ

قال الحسن البصرى ان يأجوج ومأجوج أصلهم من ولد يافث بن نوح عليه السلام ويافث أبو الترك ويأجوج ومأجوج من الترك قال وهب بن منبه انما سمى الترك تركا لأن ذا القرنين لما بنى السد على يأجوج ومأجوج كان منهم جماعة غائبون لم يعلموا ببناء السد فتركوا خارج السد فسموا تركا وقال بعضهم ان يأجوج ومأجوج خلقوا من نطفة آدم حين فاض منيه لما أهبط الى الأرض فاختلطت تلك النطفة بالتراب فخلق الله تعالى منها يأجوج ومأجوج وليس هم من حواء فأنكر بعض العلماء هذا القول وقال انه ليس بصحيح. قال ابن عباس رضى الله عنهما ان يأجوج ومأجوج تسعة أجزاء والعالم جميعه جزء واحد ذكر صفاتهم قال السدى انهم على ثلاثة أصناف صنف كالنخل الطويل حتى قيل ان فيهم من طوله مائة وعشرون ذراعا وصنف منهم طوله وعرضه سواء يفترش احدى أذنيه ويلتحف بالأخرى فهذا الجنس لا يترك وحشا ولا ذا روح الا ويأكله ومن مات منهم أكلوه وصنف منهم فى غاية القصر فمنهم من طوله شبر وشبران لا يموت أحدهم حتى يرى له ألف ولد وهم لا يحصون لكثرتهم. وقيل فى الأخبار ان يأجوج ومأجوج يلحسون السد بألسنتهم حتى يروا منه شعاع الشمس اذا غربت ويقولون إذا نفتحه فيأتون اليه فى اليوم الثانى فيجدونه كما كان أولا فى الشدة والسمك وهذا دأبهم الى قيام الساعة فيلحسونه فى آخر الزمان اذا جاء الوعد ويقولون إذا نفتحه ويقولون ان شاء الله فلما يعودون فى اليوم الثانى يجدونه مفتوحا فيخرجون على الناس ويسيحون فى الأرض ويأكلون الأشجار ويشربون الأنهار ويرمون الناس بسهامهم ويفسدون على الناس معيشتهم ويأكلون زروعهم ويرسل الله عليهم الريح التى أهلك الله بها قوم عاد فيموتون فى ساعة واحدة وتنتن الأرض من جيفتهم فيرسل الله تعالى طيورا فتلتقطهم وتلقيهم فى البحر كما تقدم قال الثعلبى ان الناس يلتقطون أسلحتهم من الأرض ولا يزالون يلتقطون ذلك سبع سنين


Imam Hasan al-Bashri mengatakan asal Ya’juj Ma’juj adalah dari keturunan Yafits bin Nuh alaihissalam, sedangkan Yafits adalah bapak dari at-Turk dan Ya’juj Ma’juj berasal dari at-Turk.

Wahab bin Munabbih berkata :
Alasan at-Turk disebut dengan sebutan turk karena Dzul Qornain saat membangun dinding untuk memenjarakan Ya’juj Ma’juj ada sebagian kelompok dari golongan mereka (Ya’juj Ma’juj) yang tidak hadir dan mereka tidak mengetahui tentang dibangunnya dinding penjara, oleh karena itulah mereka ditinggalkan diluar dinding, lalu disebutlah mereka dengan sebutan turk (tertinggal).

Sebagian ulama mengatakan bahwa Ya’juj Ma’juj itu diciptakan dari air mani Adam ketika air maninya tertumpah saat Adam diturunkan ke bumi, kemudian bercampurlah air mani tersebut dengan debu, lalu Allah menciptakan ya'juj ma'juj dari debu yang bercampur mani Adam tersebut dan mereka bukan berasal dari ibu Hawa. Sebagian Ulama mengingkari pendapat ini dan menyatakan bahwa pendapat ini adalah pendapat yang tidak benar.

Ibnu Abbas radliyallahu’anhuma berkata :
bahwasannya Ya’juj Ma’juj itu terdiri atas Sembilan bagian sedangkan seluruh alam terdiri dari satu bagian yang telah disebutkan sifat-sifatnya.

Imam as-Saddi berkata :
bahwa Ya’juj Ma’juj terdiri dari tiga golongan. 
- Golongan pertama seperti pohon kurma yang tinggi, sehingga ada yang menyatakan bahwa diantara golongan ini ada yang tingginya 120 dziro’. 
- Golongan kedua memiliki tubuh yang tinggi dan lebarnya sama, mereka menggunakan salah satu daun telinganya sebagai alas tidur dan daun telinga lainnya sebagai selimut, jenis ini tidak pernah meninggalkan seekor buruan ataupun satu makhluk pun yang mempunyai nyawa, kecuali akan dimakan oleh mereka, jika diantara mereka ada satu yang mati , maka yang lain akan memakannya. 
- Golongan ketiga tubuhnya yang sangat pendek, sebagian mereka ada yang memiliki tubuh yang hanya satu jengkal atau dua jengkal, salah satu dari jenis ini tidak mati kecuali telah meninggalkan seribu anak, dan jenis ini tidak dapat diperkirakan jumlahnya karena terlalu banyak.

Dikatakan dalam sebuah kabar dikatakan bahwa Ya’juj Ma’juj menggerogoti dinding penjara (yang dibangun Dzul Qornain) dengan mulut-mulut mereka sampai mereka melihat sinar matahari tenggelam dari celah dinding tersebut lalu mereka berkata;
“sekarang kita telah membuka dinding penjara ini. "

Mereka lalu mendatangi dinding tersebut pada hari yang kedua, tapi mereka menemukan dinding tersebut kembali semula tertutup seperti sedia kala yang kokoh dan tebal, dan ini yang selalu mereka lakukan sampai datangnya hari kiamat.

Diakhir zaman nanti yaitu hari yang sudah dijanjikan, mereka kembali menggerogoti dinding lalu mereka berkata ;
" sekarang kita telah berhasil membuka dinding penjara ."

Mereka berkata :
" Jika Allah menghendaki ."

Kemudian mereka mendatangi kembali dinding tersebut pada hari kedua, dan memang benar mereka telah mendapati dinding tersebut benar-benar terbuka, kemudian mereka cepat-cepat keluar dan mendatangi manusia.
Mereka berjalan mengarungi segala penjuru bumi, memakan semua pepohonan, meminum semua air yang ada di sungai-sungai, melempari manusia dengan panah-panah, menghancurkan mata pencaharian manusia , dan memakan semua tanaman manusia.

Lalu Allah Ta’ala mengirimkan kepada mereka sebuah angin yang dulu pernah menghancurkan kaum ad, lalu matilah mereka semua seketika itu juga. bumi tercemari oleh bau busuk dari bangkai mereka, kemudian Allah Ta’ala mengutus burung-burung untuk mematuk bangkai mereka lalu melemparkannya ke dalam lautan, seperti keterangan yang telah lalu.

Imam ats-Tsa’labi berkata bahwa para manusia mengambil pedang-pedang mereka di seluruh penjuru bumi, tidak henti-hentinya memunguti pedang-pedang mereka tersebut sampai selama tujuh tahun.

bada'i izzuhur hal 100

 ....

قال الطبراني: حدثنا عبد الله بن محمد بن العباس الاصبهاني، حدثنا أبو مسعود أحمد بن الفرات حدثنا أبو داود الطيالسي، حدثنا المغيرة، عن مسلم، عن أبي إسحاق، عن وهب بن جابر عن عبد الله بن عمرو عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " إن يأجوج ومأجوج من ولد آدم ولو أرسلوا لافسدوا على الناس معائشهم ولن يموت منهم رجل إلا ترك من ذريته ألفا فصاعدا.وإن من ورائهم ثلاث أمم (تأويل وتاريس ومنسك) وهو حديث غريب جدا وإسناده ضعيف

Attabroni berkata :
saya diceritakan abdullah bin muhammad bin al-abbas al-asbihani,saya (abdullah) diceritakan abu mas'ud ahmad bin alfarrot,saya (abu mas'ud) diceritakan abu dawud dari attoyalisi,saya (abu dawud) diceritakan almughiroh dari muslim,dari abi ishaq dari wahab bin jabir dari abdullah dari amr dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :

" sesungguhnya ya'juj dan ma'juj itu dari anak cucu adam,umpama dilepas maka mereka akan merusak mata pencaharian manusia , tak ada satu pun dari mereka yang mati kecuali meninggalkan lebih dari 1000 anak cucu , mereka terdiri dari 3 golongan yaitu ta'wil,taris dan mansak ."

hadis diatas adalah hadis yang sangat langka dan sanadnya adalah dloif

البداية والنهاية (2/ 131

WALLOHU A'LAM

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/615568828480875/

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page