0439. WANITA : SUCI DIANTARA DUA HAID

PERTANYAAN :

Roni Jackpoest
assalumu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, numpang nanya ada request dari teman, bagaimana hukumnya jimak istri yg selesai haid trus jadi keluar lagi darah haidnya, sedangkan jimak sedang haid haram ?trimakasih

JAWABAN :

• Ziif Kaf 
wa'alaikum salam,,,,,,

Tentang Suci dari haid
Sebagaimana seorang wanita dihukumi haid ketika melihat darah, ia juga dihukumi suci ketika berhentinya darah setelah sampainya darah pada masa minimum haid(24 jam). Adapun berhentinya darah dapat diketahui dengan cara :memasukkan sepotong kapas kelubang vagina, dan kapas keluar dalam keadaan bersih(tidak terdapat bercak-bercah darah) .atau keluarnya cairan putih yang disebut al qusshoh al baidlo’.berdasarkan hadist dari sayyida ‘Aisyah:

وَكُنَّ نِسَاءٌ يَبْعَثْنَ إِلَى عَائِشَةَ بِالدُّرَجَةِ فِيهَا الكُرْسُفُ فِيهِ الصُّفْرَةُ، فَتَقُولُ: «لاَ تَعْجَلْنَ حَتَّى تَرَيْنَ القَصَّةَ البَيْضَاءَ» تُرِيدُ بِذَلِكَ الطُّهْرَ مِنَ الحَيْضَةِ

Artinya:
“Jangan kalian terburu-buru, sampai kalian melihat al-Qasshah al-Baidha”

Makna qussoh al baidlo’:

Pertama,
al-Qasshah al-Baidha’ adalah kapasnya masih utuh putih sebagaimana serpihan batu bata putih. Sehingga maksud perkataan Aisyah adalah jangan kamu terburu-buru menganggap sudah suci sampai kamu melihat kapas yang dimasukkan ke farji itu bersih (tetap putih) tidak ada bekas darahnya dengan berbagai macam warnanya, termasuk sufrah

Kedua,
al-Qasshah al-Baidha’ adalah cairan putih yang keluar sebagai tanda berhentinya haid. Tafsir kedua ini merupakan tafsir Imam Malik, az-Zaila’i, dan beberapa ulama lainnya. Sehingga maksud Aisyah adalah bahwasanya tanda sucinya haid itu dengan keluarnya cairan putih.

الموسوعة الفقهية – (ج 2 / ص 12197)قال أبو عبيد : معناه أن تخرج القطنة والخرقة التي تحتشي بها المرأة كأنها قصة لا يخالطها صفرة ، وقيل : المراد النقاء من أثر الدم ، ورؤية القصة مثل لذلك .وفي الاصطلاح : قال الزيلعيّ : القَصة شيء يشبه الخيط الأبيض يخرج من قُبل النّساء في آخر أيامهن يكون علامةً على طهرهن . وقيل : هو ماء أبيض يخرج في آخر الحيض .

Suci di antara dua haid.
Seorang wanita haid 1 hari, kemdian ia suci (dengan melihat tanda-tanda suci) lalu masuk hari ke-3 darah haidnya keluar lagi??Terdapat perbedaan diantara para fuqoha’ tentang masa suci yang berada di antara 2 haid.menurut imam hanafi dan imam as syafi’I terhitung haid, dan qoul ini disebut qoul saẖab(meneruskan)Menurut Imam malik dan imam ahmad Tidak dihukumi/terhitung haid, dan qoul ini disebut qoul talfiq.Berangkat dari kedua qoul tersebut, tidak ada perbedaan Ketika seroang wanita melihat tanda tanda suci , maka ia tetap wajib mandi besar, shalat, puasa dan halal untuk berhubungan sex.sebab:datangnya haid lagi adalah sesuatu yang madznun(sebatas prasangka)sedangkan suci adalah sesuatu yang terlihat (dhohir) dan yakin (als)

اليقين لا يزول بالشك # نحن نحكم على الظواهر

konsekwensi ketika darah haid keluar lagi,… 

Versi qoul sahib:
Tetapi, bila kemudian darah datang lagi, maka sangat jelas bahwa ibadah yang telah dilakukan di saat suci tersebut, sebenarnya terjadi pada masa haid. Dengan demikian, ia wajib meng-qodlo puasa yang ditinggalkan (karena puasanya yang dilakukan ternyata ada dalam masa haid). Tetapi, ia tidak wajib meng-qodlo shalat (karena, tidak ada kewajiban mengodlo sholat yang ditinggal pada saat haid). Dan suami yang terlanjur mejima’nya tidak berdosa, karena hukum suatu perkara ditentukan berdasarkan dhohir-nya keadaan. Selanjutnya jika darah putus lagi, maka ia dihukumi suci. Begitu seterusnya selama darah tidak melewati masa maksimum haid (15 hari 15 malam).Sedangkan versi qoul talfiq: tidak wajib qodlo puasa, sebab sudah dihukumi sah.karena, tidak jatuh dalam masa haid menurut qoul ini.

المجموع – (ج 2 / ص 502)وبالتلفيق قال مالك واحمد وبالسحب أبو حنيفة وقد سبق دليل القولين فالحاصل ان الراجح عندنا قول السحب قال اصحابنا وسواء كان التقطع يوما وليلة دما ويوما وليلة نقاء أو يومين ويومين أو خمسة وخمسة أو ستة وستة أو سبعة وسبعة ويوما أو يوما وعشرة أو خمسة أو يوما وليلة دما وثلاثة عشر نقاء ويوما وليلة دما أو غير ذلك فالحكم في الكل سواء وهو انه إذا لم يجاوز خمسة عشر فايام الدم حيض بلا خلاف وفى ايام النقاء المتخلل بين الدم القولان ولو تخلل بين الدم الاسود صفرة أو كدرة وقلنا انها ليست بحيض فهي كتخلل النقاء والا فالجميع حيض ولو تخللت حمرة فالجميع حيض قطعا * واعلم ان القولين انما هما في الصلاة والصوم والطواف والقراءة والغسل والاعتكاف والوطئ ونحوها ولا خلاف ان النقاء ليس بطهر في انقضاء العدة وكون الطلاق سنيا قال الغزالي في البسيط اجمعت الامة علي انه لا يجعل كل يوم طهرا كاملا قال المتولي وغيره إذا قلنا بالتلفيق فلا خلاف أنه لا يجعل كل دم حيضا مستقلا ولا كل نقاء طهرا مستقلا بل الدماء كلها حيض واحد يعرف والنقاء مع ما بعده من الشهر طهر واحد: قال اصحابنا وعلي القولين إذا رأت النقاء في اليوم الثاني عملت عمل الطاهرات بلا خلاف لانا لا نعلم انها ذات تلفيق لاحتمال دوام الانقطاع قالوا فيجب عليها ان تغتسل وتصوم وتصلي ولها قراءة ومس المصحف والطواف والاعتكاف وللزوج وطؤها ولا خلاف في شئ من هذا الا وجها حكاه الرافعى انه يحرم وطؤها علي قول السحب وهو غلط ولا تفريع عليه فإذا عاودها الدم في اليوم الثالث تبينا انها ملفقة فان قلنا بالتلفيق تبينا صحة الصوم والصلاة والاعتكاف واباحة الوطئ وغيرها وان قلنا بالسحب تبينا بطلان العبادات التي فعلتها في اليوم الثاني فيحب عليها قضاء الصوم والاعتكاف والطواف المفعولات عن واجب وكذا لو كانت صلت عن قضاء أو نذر ولا يجب قضاء الصلاة المؤداة لانه زمن الحيض ولا صلاة فيه

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/612466672124424/?comment_id=612471705457254&offset=0&total_comments=16&notif_t=group_activity

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page