403. BANK ASI DAN RODLO'

PERTANYAAN :

Permata Dinanti
Assalamualaikum....Saking pentingnya asi bagi perkembangan anak sampai sampai sekarang ini ada yang namanya bank ASI...dimana ibu ibu yang produk ASI nya melimpah di"saran"kan untuk menyumbangkan ASI nya ke bank asi tersebut dan nanti di salurkan kepada anak anak yang kekurangan asi....Yang pengen saya tanyakan bagaimana hukumnya berkaitan adanya muhrim karena satu rodlo atau bahasa jawanya tunggal susuan....

Matur suwuun

JAWABAN :

• Ziif Kaf 
wa'alaikum salam,,,,
copas dari dok piss,,,,,

Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 1994 di Sidayu Gresik Masalah Ada pendapat yang membolehkan
“Bank Air Susu Ibu” dan ada pula pendapat yang tidak membolehkan dengan alasan bahwa ASI yang dianggap benar adalah harus dengan secara langsung menghisap/menyedotnya melalui puting susu seorang ibu, dan bukan dengan cara memasukkan melalui tenggorokan atau yang lainnya setelah susu seorang ibu sudah diperas terlebih dahulu.
Pendapat siapakah itu ? dan setujukah bapak dengan pendapat tersebut?

Jawab :
Pendapat yang menyatakan bahwa rodlo’ tidak menyebabkan mahrom jika tidak langsung mencaplok puting susu dan menghisap darinya adalah pendapat Imam Ahmad, Imam Atho’, dam Imam Daud, sedangkan jumhur Ulama’ tetap menyebabkan mahrom dan musyawirin setuju dengan pendapat tersebut Dasar pengambilan :

ﺍﻟﻤﺰﺍﻥ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ، ﺹ ،138 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺍﺗﻔﻘﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻘﻮﻁ ﻭﺍﻟﻮﺟﻮﺭ ﻳﺤﺮﻡ ﺍﻻ ﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻋﻦ ﺍﺣﻤﺪ ﻓﺎﻧﻪ ﺷﺮﻁ ﺍﻻﺭﺿﺎﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﺜﺪﻱ ﻓﺎﺫﺍ ﺻﺐ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﻓﻰ ﺍﻧﻔﻪ ﻣﻦ ﺍﻧﺎﺀ ﺍﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﺍﻭ ﺻﺐ ﻓﻰ ﺣﻠﻘﻪ ﺻﺒﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺜﺪﻯ ﻓﻜﻼ ﺍﻻﻣﺮﻳﻦ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ. ﻭﻗﺪ ﺍﺧﺘﻠﻔﺖ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻋﻦ ﺍﺣﻤﺪ ﻓﺎﺻﺢ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺘﻴﻦ ﺍﻥ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﺑﻬﻤﺎ ﻛﻤﺎ ﺍﻓﺎﺩﻩ ﺍﺑﻦ ﻗﺪﺍﻣﺔ. ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺸﻌﺒﻰ ﻭﺍﻟﺜﻮﺭﻯ ﻭﺍﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺮﺃﻱ ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﻓﻰ ﺍﻟﻮﺟﻮﺭ ﻭﻟﻢ ﻳﻘﻞ ﺑﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻌﻮﻁ. ﻭﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻋﻦ ﺍﺣﻤﺪ ﻻ ﻳﺜﺒﺖ ﺑﻬﻤﺎ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ. ﻭﻫﻮﺍﺧﺘﻴﺎﺭ ﺍﻟﻰ ﺍﺑﻰ ﺑﻜﺮ ﻣﻦ ﺍﺻﺤﺎﺏ ﺍﺣﻤﺪ ﻭﻭﺩﺍﻭﺩ ﺑﻦ ﻋﻠﻰ ﻭﻗﻮﻝ ﻋﻄﺎﺀ ﺍﻟﺤﺮﺍﺳﺎﻧﻰ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﺤﻮﻁ ﻻﻥ ﻫﺬﺍ ﻟﻴﺲ ﺑﺮﺿﺎﻉ. ﻭﺍﻧﻤﺎ ﺣﺮﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﺑﺎﻟﺮﺿﺎﻉ ﻭﻻﻧﻪ ﺣﺼﻞ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﺭﺗﻀﺎﻉ، ﻓﺎﺷﺒﻪ ﻣﺎﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻣﻦ ﺟﺮﺡ ﻓﻰ ﺑﺪﻧﻪ. ﺩﻟﻴﻠﻨﺎ ﻣﺎﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻻﺭﺿﺎﻉ ﺍﻻﻣﺎﻧﺸﺰ ﺍﻟﻌﻈﻢ ﻭﺍﻧﺒﺖ ﺍﻟﻠﺤﻢ ، ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ، ﻭﻻﻥ ﻫﺬﺍ ﺑﻪ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﺍﻟﻰ ﺣﻴﺚ ﻳﺼﻞ ﺑﺎﻻﺭﺗﻀﺎﺀ ﻓﻴﺠﺐ ﺍﻥ ﻳﺴﺎﻭﻳﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ. ﻭﺍﻻﻧﻒ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﺫﺍ ﺗﻘﺮﺭ ﻫﺬﺍ ﻓﺎﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻣﺜﻞ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﺮﺿﺎﻉ

============================== ===

Keabsyahan hibah/donor maupun jual beli ASI hanya dipandang dari sisi materi ASI saja ('ain al mauhub/al mabi') belum dipandang dari berbagai dampak yang ditimbulkan ketika ASI hasil donor/jual-beli diminumkan kepada bayi. Jika pendonor/penjual dan pembeli/bayinya jelas maka hal itu tidak mengapa, karena sudah bisa dipastikan kejelasan hukum rodho'nya jika telah memenuhi syarat, namun jika pendonor/ penjual tidak jelas seperti praktek bank ASI, maka sebagian ulama menghukumi haram memberikan ASI tersebut kepada bayi, karena akan menimbulkan percampuran ASI sehingga muncul keraguan tentang status bayi yang suatu saat akan bisa menjadi jelas.

Ta'bir:
Fiqh Islam Juz 7 h. 5085

ﻭﺑﻌﺪ ﺍﻟﺘﺄﻣﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺘﻴﻦ ﻭﻣﻨﺎﻗﺸﺔ ﻛﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻨﺎﻗﺸﺔ ﻣﺴﺘﻔﻴﻀﺔ ﺷﻤﻠﺖ ﻣﺨﺘﻠﻒ ﺟﻮﺍﻧﺐ ﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻉ ﺗﺒﻴﻦ: .1 ﺍﻥ ﺑﻨﻮﻙ ﺍﻟﺤﻠﻴﺐ ﺗﺠﺮﺑﺔ ﻗﺎﻣﺖ ﺑﻬﺎ ﺍﻷﻣﻢ ﺍﻟﻐﺮﺑﻴﺔ ﺛﻢ ﻇﻬﺮﺕ ﻣﻊ ﺍﻟﺘﺠﺮﺑﺔ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺴﻠﺒﻴﺎﺕ ﺍﻟﻔﻨﻴﺔ ﻭﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﺎﻧﻜﻤﺸﺖ ﻭﻗﻞ ﺍﻻﻫﺘﻤﺎﻡ ﺑﻬﺎ. .2 ﺍﻥ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻟﺤﻤﺔ ﻛﻠﻤﺤﺔ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﻪ ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﺑﺎﺟﻤﺎﻉ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ . ﻣﻦ ﻣﻘﺎﺻﺪ ﺍﺷﺮﻳﻌﺔ ﺍﻟﻜﻠﻴﺔ ﺍﻟﻤﺤﺎﻓﻈﺔ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻨﺴﺐ , ﻭﺑﻨﻮﻙ ﺍﻟﺤﻠﻴﺐ ﻣﺆﺩﻳﺔ ﺍﻟﻰ ﺍﻻﺧﺘﻼﻁ ﺍﻭ ﺍﻟﺮﻳﺒﺔ. .3 ﺍﻥ ﺍﻟﻌﻼﻗﺎﺕ ﺍﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻻﺳﻼﻣﻲ ﺗﻮﻓﺮ ﻟﻠﻤﻮﻟﻮﺩ ﺍﻟﺨﺪﺍﺝ ﺃﻭ ﻧﺎﻗﺺ ﺍﻟﻮﺯﻥ ﺍﻭ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﺍﻟﺒﺸﺮﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺎﻻﺕ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ ﻣﺎ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻻﺳﺘﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻄﺒﻌﻲ , ﺍﻻﻣﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻐﻨﻲ ﻋﻦ ﺑﻨﻮﻙ ﺍﻟﺤﻠﻴﺐ. ﻭﺑﻨﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﻗﺮﺍﺭ ﺫﻟﻚ : ﺍﻭﻻ , ﻣﻨﻊ ﺍﻧﺸﺎﺀ ﺑﻨﻮﻙ ﺣﻠﻴﺐ ﺍﻻﻣﻬﺎﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻻﺳﻼﻣﻲ. ﺛﺎﻧﻴﺎ, ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻣﻨﻬﺎ

http://www.piss-ktb.com/.../1759-donor-asi-dan-rodlo.html...

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=609546965749728&_rdr

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page