0464. HAJI DENGAN HASIL UNDIAN

PERTANYAAN :

Puji Lestari
assalamualakum,,

bagaimana hukumnya seseorang yg naik haji,,, karena mendapatkan undian berhadiah?

apakah undian berhadiah itu termasuk "judi" atau "rezeki" ?
thanks
JAWABAN :

• Mentari Dalam Hujan 
Coba dilihat model undian nya dulu...
kalau
undiannya boleh, maka untuk apapun hasil
undiannya boleh digunakan..

==========

Bagaimana pula dengan hukum mengikuti undian kuis seperti seperti dengan mengirim jawaban pada kartu pos atau mengirim bungkus kosong barang yang pemenangnya hanya diundi dan untung-untungan?Bagaimana hadiahnya dengan pemenangnya,halal atau tidak?

Hukumnya boleh, sebab semua orang yang mengikuti undian tersebut tidak mengeluarkan uang taruhan sebagaimana yang disebutkan dalam kitab fiqih sebagai qimar/judi.
Hadiahnya halal, karena hanya sebagai bonus dari barang yang telah dibelinya atau sebagai hadiah dari yang mengadakan kuis.

Dasar pengambilan Ahkamul Fuqoha Juz 3halaman 16-17:

ﻭَﺃﻣَّﺎ ﻣَﺴْﺌَﻠَﺔُ ﻫـ )ﻣَﺴْﺄَﻟَﺔُ ﺍﻟﻘَﺮْﻋَﺔِ( ﻓَﺤُﻜْﻤُﻪَﺍ ﻋَﻠَﻯﺎﻟﺖَّﻓْﻀِﻴْﻞِﺍﻵﺗِﻰ: ﺃ . ﺇﺫَﺍ ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟﻘَﺮْﻋَﺔُ ﻣُﻌْﺘَﺪَﺓً ﻋَﻠَﻰ ﻏَﻨَﻢٍ ﺍَﻭْ ﻏَﺮَﻡٍﻓَﺤُﻜْﻤُﻪَﺍ ﺣَﺮَﺍﻡٌ ﻷَﻧَّﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻘِﻤَﺎﺭ. ﺏ. ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟﻘَﺮْﻋَﺔُﻏَﻴْﺮَ ﻣُﻌْﺘَﻤِﺪَﺓٍ ﻋَﻠَﻰ ﻏَﻨَﻢٍ ﺃَﻭْ ﻏَﺮَﻡٍ ﻟَﻜِﻦْ ﺗَﺘَﻀَﻤَّﻦُ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﺪِﻳَّﺔٍﻏَﻴْﺮِ ﻣُﻌَﻴَّﻨَﺔٍ ﻛَﻤَﺎ ﺟَﺮَﻯ ﺑَﻴْﻨَﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺃﻥَّ ﺍﻟﻤُﺸُﺘَﺮِﻯ ﻳَﺸْﺘَﺮِﻯﺷَﻴْﺌًﺎ ﺑِﺜَﻤَﻦِ ﺍﻟﻤِﺜْﻞِ ﺛُﻢَّ ﻫُﻮَ ﻳَﺘَﺴَﻠَّﻢُ ﻭَﺭَﻗَﺔً ﻣَﻌْﺪُﻭﺩَﺓً ﻓِﻴْﻬَﺎﻫَﺪِﻳَّﺔٌ ﻏَﻴْﺮُ ﻣُﻌَﻴَّﻨَﺔٍ ﺑَﻞْ ﻋَﻠَﻰ ﺣَﺴَﺐِ ﺍﻟﻘَﺮْﻋَﺔِ ﺃﻭْ ﻣَﺎ ﺟَﺮَﻯﻣِﻦْ ﺑَﻴْﻨِﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﻥَّ ﻣَﻦْ ﻳُﺴَﺎﻋِﺪُ ﻟِﺒِﻨَﺎﺀِ ﺍﻟﺒُﻨْﻴَﺎﻥِ ﻟِﺠِﻬَّﺔِ ﺍﻟﺨَﻴْﺮِﻛَﺒِﻨَﺎﺀِ ﺍﻟﻤَﺪْﺭَﺱَﺓِ ﺍَﻭ ﺍﻟﺮِّﺑَﺎﻁٍ ﻟِﻠْﻤَﻌْﻪَﺩِ ﺍﻟﺪِّﻳَﻨِﻲ ﺍَﻭ ﺍﻟﻤَﺴْﺠِﺪِﺍَﻭ ﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻳَﺘَﺴَﻠَّﻢُ ﺍﻟﻮَﺭَﻗَﺔَ ﺍﻟﻤَﺬْﻛُﻮﺭَﺓَ, ﺛُﻢَّ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﻘَﺮْﻋَﺔِﻓَﻤَﻦْ ﻭَﺍﻓَﻘَﺖْ ﻭَﺭَﻗَﺘُﻪُ ﺇﻟَﻰ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻬَﺪَﺍﻳَﺎ ﺍﻟﻤُﻬَﻴَّﺊِﺓَ ﻓَﻬُﻮَﺍﻟَّﺬِﻯ ﻳَﺴْﺘَﺤِﻖُّ ﺃﻥْ ﻳَﺘَﺴَﻠَّﻢَ ﺍﻟﻬَﺪِﻳَّﺔَ ﻓَﻠَﻴْﺴَﺖْ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟﻘَﺮْﻋَﺔُﺣَﺮَﺍﻣًﺎ ﻷَﻧَّﻬَﺎ ﻟَﻴْﺴَﺖْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻘِﻤَﺎﺭِ ﺑِﺸَﺮْﻁِ ﺃﻥْ ﺗَﻜُﻮﻥَﺍﻟﻬَﺪَﺍﻳﻀﺎ ﺍﻟﻤُﻬَﻴَّﺊُﺓَ ﻏَﻴْﺮَ ﻣَﺄْﺧُﻮﺫَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻤُﺴَﻌَﺎﺩِﺕﺍَ .

“Adapun masalah Ha’ (masalah undian) maka hukumnya adalah menurut perincian mendatang:

(1) Apabila undian itu didasarkan pada untung rugi, maka hukumnya adalah haram, karena undian tersebut termasuk qimar (judi);
(2) Apabila undian itu tidak didasarkan pada untung atau rugi, tetapi menjamin hadiah yang tidak ditentukan seperti yang berlaku diantara kita sekarang ini, yaitu bahwa pembeli yang membeli sesuatu dengan harga yang sepadan, kemudian dia menerima surat undian yang telah dijanjikan yang didalam surat itu tertulis hadiah yang tidak ditentukan,tetapi hanya menurut hasil undiannya.
Atau apa yang berlaku diantara kita, misalnya orang yang memberikan sokongan untuk membangun sebuah bangunan-bangunan untuk kebaikan,seperti bangunan madrasah, atau pondok pesantren atau masjid atau lainnya, orang tersebut menerima surat undian seperti tersebut.
Kemudian setelah diundi, maka siapa saja yang surat undiannya cocok dengan sebagian dari hadiah-hadiah yang telah ditentukan, maka dialah yang berhak menerima hadiah.
Undian seperti ini tidaklah haram, karena tidak termasuk qimar (judi).
Hadiah yang disediakan tersebut disyaratkan tidak diambilkan dari sebagian uang sokongan”.

[Bahtsul Masaail PP Nurul Hudaa/1997]

http://www.piss-ktb.com/.../1999-hukum-menunaikan-ibadah...

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=615306781840413&refid=18&_ft_

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page