405. NIKAH : KETIKA SALAH SATU MURTAD

PERTANYAAN :

Yang Terlupakan
Assalamualaikum. . . .mau nanya.bnyak d zaman skrang pernikahan beda agama.sebagian masuk islam hnya untuk mempermudah persyaratan pernikahan,stlh resmi menikah si fulan kmbli lagi ke agama awal(non muslim).
PERTANYAAN SAYA.
1 bagaimana hukum pernikahan tesebut. . . . .
2. Bgaimana hukum melakukan hubungan sex karna salah satu sudah keluar dari islam. . . . .SUWUN

JAWABAN :

• Ziif Kaf 
copas dok piss....

>> Sunde Pati
klo salah 1 murtad maka nikahnya jd batal,,klo hny ninggal sholat selama tdk mngingkari sholat itu wajib,maka tdk dihukumi kufur,jd nikahnya ttp berjalan.

ﻗَﺎﻟَﻪُ ﺍﻟْﻤَﺎﻭَﺭْﺩِﻱُّ ﻭَﺍﻟْﺨُﻠْﻊُ ﻓﻲ ﺍﻟﺮِّﺩَّﺓِ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﺃﻭ ﻣﻦ ﺃَﺣَﺪِﻫِﻢَﺍ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮﻝِ ﻣَﻮْﻗُﻮﻑٌ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺳْﻠَﻢَ ﺍﻟْﻤُﺮْﺗَﺪُّ ﻓﻲ ﺍﻟْﻌِﺪَّﺓِ ﺗَﺒَﻴَّﻦَّﺍ ﺻِﺤَّﺔَ ﺍﻟْﺨُﻠْﻊِ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻠَﺎ ﻟِﺎﻧْﻘِﻄَﺎﻉِ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ﺑِﺎﻟﺮِّﺩَّﺓِ

asnal matholib juz 3 hal 248

=========

ﻓَﺼْﻞٌ ﻣِﻠْﻚُ ﺍﻟْﻤُﺮْﺗَﺪِّ ﻭَﺗَﻤَﻠُّﻚُﻩُ ﺑِﺎﺻْﻄِﻴَﺎﺩٍ ﻭَﺍﺣْﺘِﻄَﺎﺏٍ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻩِﻣَﺎ ﻣَﻮْﻗُﻮﻑٌ ﻛَﺒُﻀْﻊِ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻪِ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺍﻟْﺘَﺤَﻖَ ﺑِﺪَﺍﺭِ ﺍﻟْﺤَﺮْﺏِ ﺃَﻡْ ﻟَﺎ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺳْﻠَﻢَ ﻓَﻬُﻮَ ﻟﻪ ﻗَﻄْﻌًﺎ ﺃَﻱْ ﺗَﺒَﻴُّﻨًﺎ

asnal matholib juz 4 hal 123

==========

( ﻗﻮﻟﻪ ﺑﻔﺮﺍﻕ ﻭﻗﻊ ﻣﻨﻬﺎ ( ﺃﻱ ﺑﺴﺒﺐ ﻋﻴﺐ ﻓﻴﻪ ﺃﻭ ﺑﺴﺒﺐ ﺭﺩﺗﻬﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﺑﺎﻟﺮﺩﺓ ﻳﻨﻔﺴﺦ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺣﺎﻻ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻮﻁﺀ

ianatut tholibin juz 3 hal 351

=========

>> Abdullah Al-Bughisy "wa laa tahillu murtaddatun li ahadin" wanita murtad tidak halal bagi siapapun (Hasyiyah Sarqowi, Juz II, h. 237)

________________________________________

>> Nisfi Sitta
nderek tanya ^_^apakah jika salah satux murtad, otomatis jatuh talaq atw si suami harus mentalaq trlbih dahulu? Suwun

>> Abdullah Al-Bughisy
Secara otomatis jatuh talaq, gak harus pake manual.

>> Sunde Pati bukan jatuh talak,tp diharamkan baginya berhubungan badan,,klo dia kembali islam,maka jd pasutri lagi.

ﻭﻟﻮ ﺍﺭﺗﺪ ﺯﻭﺟﺎﻥ ﺃﻭ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻝ ﺗﻨﺠﺰﺕ ﺍﻟﻔﺮﻗﺔ ﺑﻴﻦﻫﻤﺎ ﺃﻭ ﺑﻌﺪﻩ ﺃﻱ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻭﻗﻒﺕ ﻓﺎﻥ ﺟﻤﻌﻬﻤﺎ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺓ ﺩﺍﻡ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻭﺇﻻ ﺑﺄﻥ ﻟﻢ ﻳﺠﻤﻌﻬﺎ ﻓﺎﻝﻓﺮﻗﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺩﺓ ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻮﻗﻒ

jk pasutri murtad atau salah satunya sebelum melakukan hubungan badan maka langsung berlaku hukum cerai diantara merekajk murtadnya setelah melakukan hubungan badan maka dihentikan dulu,jk mereka bisa kembali islam saat masih iddah maka hukum nikahnya masih tetap berlaku,jk tidak,maka hukum furqoh/cerai itu berlaku gara2 murtaddan diharamkan berhubungan badan dalam masa2 pemberhentiannya.
assiroj alwahhaj juz 1 hal 377

>> Nisfi Sitta
Owh brarti gak usah ijab lg.. Suwun..prtanyaan terakhir,,; kalo suami_istri ni k0nsisten murtad, jatuhx talaq 1 atw 3saligus?? Dalem ngaturaken matur suwun..

>> Sunde Pati
jatuhnya talaq 1/roj'iyyah

ﻭﻻ ﺣﺪ ( ﻓﻴﻪ ﻟﺸﺒﻬﺔ ﺑﻘﺎﺀ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺑﻞ ﻓﻴﻪ ﺗﻌﺰﻳﺮ ﻭﺗﺠﺐ ﺍﻟﻌﺪﺓ ﻣﻨﻪ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﻃﻠﻖ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺭﺟﻌﻴﺎ ﺛﻢ ﻭﻃﺌﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺓ
fathul wahhab juz 2 hal 78

>> Mbah Godek
ini tak tambahi ibaroh

ﻓﻜﺎﻟﻤﺴﻠﻢ ) ﻭﻻ ﺗﺤﻞ ﻣﺮﺗﺪﺓ ( ﻷﺣﺪ ﻻ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻷﻧﻬﺎ ﻛﺎﻓﺮﺓ ﻻ ﺗﻘﺮ ﻭﻻ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﻔﺎﺭ ﻟﺒﻘﺎﺀ ﻋﻠﻘﺔ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻓﻴﻬﺎ ) ﻭﺭﺩﺓ ( ﻣﻦ ﺍﻟﺰﻭﺟﻴﻦ ﺃﻭ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ) ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻝ ( ﻭﻣﺎ ﻓﻲ ﻣﻌﻨﺎﻩ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﺪﺧﺎﻝ ﻣﻨﻲ ) ﺗﻨﺠﺰ ﻓﺮﻗﺔ ( ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻟﻌﺪﻡ ﺗﺄﻛﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺑﺎﻟﺪﺧﻮﻝ ﺃﻭ ﻣﺎ ﻓﻲ ﻣﻌﻨﺎﻩ ) ﻭﺑﻌﺪﻩ ( ﺗﻮﻗﻔﻬﺎ ) ﻓﺈﻥ ﺟﻤﻌﻬﻤﺎ ﺇﺳﻼﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺓ ﺩﺍﻡ ﻧﻜﺎﺡ ( ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻟﺘﺄﻛﺪﻩ ﺑﻤﺎ ﺫﻛﺮ ) ﻭﺇﻻ ﻓﺎﻟﻔﺮﻗﺔ ( ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺣﺎﺻﻠﺔ ) ﻣﻦ ( ﺣﻴﻦ ) ﺍﻟﺮﺩﺓ ( ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺃﻭ ﻣﻦ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ) ﻭﺣﺮﻡ ﻭﻁﺀ ( ﻓﻲ ﻣﺪﺓ ﺍﻟﺘﻮﻗﻒ ﻟﺘﺰﻟﺰﻝ ﻣﻠﻚ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺑﺎﻟﺮﺩﺓ ) ﻭﻻ ﺣﺪ ( ﻓﻴﻪ ﻟﺸﺒﻬﺔ ﺑﻘﺎﺀ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺑﻞ ﻓﻴﻪ ﺗﻌﺰﻳﺮ ﻭﺗﺠﺐ ﺍﻟﻌﺪﺓ ﻣﻨﻪ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﻃﻠﻖ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺭﺟﻌﻴﺎ ﺛﻢ ﻭﻃﺌﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺓ

fathul wahhab juz 2 hal 78

Wallaahu A'lamu Bis Showaab

http://www.piss-ktb.com/...

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=609585325745892&_rdr#610182602352831

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page