0631. TIPS MENJAGA STAMINA

PERTANYAAN :

Sophie Yudien
Assallammuallaikum
Ott Ya dari GroupMau minta TIPS Pola Makan dan tidur dong ?serta Kenapa ya kalo Kerja jauh badan suka sakit dluan ,apakah faktor Stamina?

JAWABAN :

• Dokter Anto Madiyanto 
wa alaikum salam
Maaf terlambat menjawabnya .

menurut hemat saya itu masalah stamina yg kurang baik / kurang fit.

sebelumnya kita bahas apa itu stamina.

STAMINA atau juga disebut PHYSICAL FITNES adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pekerjaanya sehari hari tanpa menimbulkan kelelahan yg berarti dan mempunyai cadangan energi untuk menikmati waktu senggang serta keperluan yg mendadak.Stamina bisa juga disebut daya tahan tubuh , dibidang olah raga disebut juga endurance.

Jadi menjaga stamina sangat diperlukan oleh semua orang disamping supaya tidak mudah terserang penyakit , untuk meningkatkan prestasi bagi olah ragawan juga menjaga dan meningkakan prestasi untuk para pekerja .

 TIPS MENJAGA STAMINA :

1. Tidur yg cukup dan teratur

para ahli kesehatan sepakat bahwa kebutuhan tidur orang dewasa adalah 8 jam namun semakin tambah usia kebutuhan lamanya tidur semakin berkurang sampai dengan 6 jam sehari.Kurang tidur dalam jangka yg lama berakibat :
~ menyebabkan penuaan dini , sebab bila kurang tidur dalam jangka yg lama berakibat menurunkan kadar air dalam sel sel tubuh sehingga menjadi pucat , layu dan mempercepat keriput / berkurang elastisitasnya.
~ Penurunan kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.
~ memicu gangguan fungsi lever dari sakit kuning menjadi cirosis hepatis ( pengerasan hati ) sampai dengan kanker hati ( hepatoma ).

Perlu diketahui bahwa perawatan / repair sel sel tubuh terutama sel sel otak terjadi saat tidur.para ahli juga berpendapat bahwa kwalitas tidur yg baik ( tidur nyenyak ) walaupun sebentar akan lebih baik bagi kesehatan dibanding tidur yg lebih lama namun kwalitasnya buruk .

2.Olah raga yg teratur.disarankan berolah raga aerobik spt bersepeda , lari ataupun renang akan memperkuat kerja jantung yg berarti meningkatkan stamina tubuh.

3.Makanan yg cukup gizi dg komposisi yg seimbang .dimakan secara sedikit namun sering.

4. Minum lebih banyak air.kekurangan cairan akan menghambat metabolisma tubuh sehingga membuat seseorang mudah kelelahan.

5.tambah multi vitamin dan makan ikan .Vitamin adalah katalisator metabolisma tubuh sementara ikan ( banyak mengandung Omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus/ optimal.

6.Kadang refressing untuk mencegah kebosanan yg berakibat berkurangnya gairah hidup / kerja.

7. Istirahat sejenak bila kelelahan .

LINK DISKUSI : 

1 komentar:

hasan adrian mengatakan...

alhamdulillah

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page