0628. SEKELUMIT TENTANG LALAT

• Ibnu Al-Ihsany

--- TENTANG LALAT ---

*******************

Lalat diberi nama adz-dzubâb {الذباب} karena ketika lalat dilempar (dzubba) maka dia kembali (âba).

Lalat merupakan salah satu makhluk dari makhluk-makhluk Allah subhanahu wa ta'ala, pada salah satu sayap lalat terdapat penyakit dan pada sayap yang lain terdapat obat.

Di dalam hadits yang diriwayatkan sahabat Abu Hurairah Rodliyallohu anhu beliau berkata: Nabi Muhammad Rasulullah shollallohu alaihi wasallama bersabda:

"Jika lalat jatuh ke minuman salah satu dari kalian, maka celupkan ia, kemudian lepaskan ia (dengan membuang dari minuman), karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit, dan pada sayap yang lain terdapat obat."

Lalat dijadikan sebagai perumpamaan sifat tama' (rakus). hal itu dikarnakan sering berpindah-pindah dan terbang dari satu tempat ke tempat yang lain dan juga pada beberapa makanan.

Sebagian ahli ilmu berkata:
"Lalat diciptakan Allah ta'ala untuk menghinakan orang yang angkuh/sok, suka menindas dan orang-orang yang sombong."

Dan datang kabar bahwa di hari kiamat Allah menjadikan lalat di neraka sebagai tambahan untuk menyiksa penduduk neraka.

Dan Allah menjadikan lalat sebagai contoh di dalam Al-Qur'an, Allah ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ۚ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

"Hai manusia, telah dibuat perumpamaan bagimu, maka dengarkanlah oleh kalian perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kalian seru selain Allah tidak dapat menciptakan lalat, dan meskipun mereka berkumpul bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka mampu merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemah yang menyembah dan (amat lemah pula) yang disembah."

Dan diharamkan seperti halnya yang lain membunuh lalat dengan api atau dengan penyiksaan.

==================

LINK ASAL : 
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/635806089790482/?stream_ref=3

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page