0590. MENTERI DAN 10 EKOR ANJING GANAS

• Tahta Alfina

السلآم عليكم ورحمة الله وبركآته


CERITA HIKMAH

MENTERI DAN 10 EKOR ANJING GANAS

Disebutkan dalam suatu kisah, ada seorang Raja yang memiliki 10 anjing ganas dan srigala untuk menghukum menterinya yang salah. Jika sang Raja tidak berkenan, maka menteri yang salah akan dilempar ke kandang agar dicabik-cabik oleh anjing-anjing ganas tersebut.

Suatu hari, seorang menteri membuat keputusan salah dan murkalah sang Raja. Maka diperintahkanlah agar sang menteri dimasukkan ke kandang anjing ganas.

Menteri berkata: "Paduka, saya telah mengabdi padamu selama 10 tahun, tapi paduka tega menghukumku begini. Atas pengabdianku selama ini, saya hanya minta waktu penundaan hukuman 10 hari saja". Sang Raja pun mengabulkannya.


Sang menteri pun bergegas menuju kandang anjing-anjing tersebut dan meminta izin kepada penjaga untuk mengurus anjing-anjingnya. Ketika ditanya untuk apa, Maka dijawab: "setelah 10 hari nanti saya akan beritahukan tujuannya". Karena tahu itu menteri maka diizinkan.


Maka selama 10 hari itu sang menteri memelihara, mendekati,memberi makan, membersihkan, bahkan akhirnya bisa memandikan dan memberi perhatian penuh pada anjing-anjing tersebut hingga menjadi sangat jinak padanya.


Tibalah waktu eksekusi. Dengan disaksikan oleh Raja, dimasukkanlah sang menteri ke kandang anjing, tetapi Raja kaget saat melihat anjing-anjing dan serigalanya justru jinak pada sang menteri. Maka dia bertanya apa yang telah dilakukan menteri pada anjing-anjing tersebut?


Jawab menteri; "Saya telah merawat anjing-anjing ini selama 10 hari, dan mereka tidak melupakan jasaku. Berbeda dengan paduka, saya telah mengabdi selama 10 tahun, tapi paduka tega menjatuhkan hukuman ini pada saya".


Terharulah Raja, meleleh airmatanya dan dibebaskanlah sang menteri dari hukuman.


--------------

Saudaraku... Cerita ini bisa jadi fiktif, tapi sungguh ini hadiah dari hati yang terdalam bagi semua insan, agar tidak mudah mengingkari dan melupakan puluhan bahkan ribuan kebaikan yang kita terima dari istri, suami, saudara dan kawan hanya karena kejadian sesaat yang tidak mengenakkan.


Dan agar jangan mudah menghapus kenangan indah dan persahabatan yang telah terukir bertahun lamanya hanya karena hal-hal yang kurang kita sukai padanya saat ini. Apalagi jika penilaian kita padanya lebih didominasi subyektifitas kita. Dan...Jangan sampai kita kalah dengan hewan tersebut dalam menghargai sebuah kebaikan dan bakti.

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/629436800427411/

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page