0729. SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG TUGAS MALAIKAT JIBRIL,MIKAIL,ISROFIL DAN IZROIL

• Mbah Godek

SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG TUGAS MALAIKAT JIBRIL,MIKAIL,ISROFIL DAN IZROIL

الحاوي للفتاوي ـ للسيوطى (1/ 324)

وأخرج أبو الشيخ في كتاب العظمة عن أبي بكر الهذلي قال : إذا أمر الله بالأمر تدلت الألواح على إسرافيل بما فيها من أمر الله فينظر فيها إسرافيل ثم ينادي جبريل فيجبيه وذكر نحوه . وأخرج أيضاً عن أبي سنان قال : اللوح المحفوظ معلق بالعرش فإذا أراد الله أن يوحي بشيء كتب في اللوح فيجيء اللوح حتى يقرع جبهة إسرافيل فينظر فيه فإن كان إلى أهل السماء دفعه إلى ميكائيل وإن كان إلى أهل الأرض دفعه إلى جبريل ، الحديث وله شواهد كثيرة استوفيتها في كتابي الذي ألفته في أخبار الملائكة ، منها ما أخرجه البيهقي في شعب الإيمان عن عبد الرحمن بن سابط قال : يدبر أمر الدنيا أربعة جبريل ، وميكائيل ، وملك الموت ، وإسرافيل ، فأما جبريل فموكل بالرياح والجنود . وأما ميكائيل فموكل بالقطر والنبات . وأما ملك الموت فموكل بقبض الأرواح . وأما إسرافيل فهو ينزل بالأمر عليهم .

Abu syaikh Ibnu Hayyan dalam kitab Al-Adzumah menerbitkan keterangan Abi Bakar Al-hadzali beliau berkata ketika Allah memberi perintah pada suatu perkara maka lauh mahfudz menampakkan diri pada isrofil dengan membawa keterangan yang tertera dari Allah lalu ia bisa melihat keterangan tersebut kemudian ia memaggil jibril maka jibril pun mendatanginya dan isrofil menyampaikan isi keterangan tersebut dan Abu Syaikh juga menerbitkan keterangan dari Abi Sinan beliau berkata,lauh mahfudz itu digantungkan di arasy ketika Allah menghendaki memberi wahyu maka Allah menulisnya di lauh mahfudz tersebut sehingga bisa ter-cap kening isrofil lalu isrofil melihat wahyu tersebut,jika untuk penduduk langit maka ia menyampaikan/memberikan wahyu tersebut pada mikail,dan jika untuk penduduk dunia maka ia memberikan/menyampaikan wahyu tersebut pada jibril .
(Alhadis)

Dan masalah ini ada banyak dalil yang saya cantumkan dalam kitab karanganku pada masalah khabar para malaikat,diantaranya keterangan yang diterbitkan oleh imam Al-Baihaqi pada kitab syu'bul iman,dari Abdur Rahman bin sabith berkata,perkara dunia itu diatur oleh 4 malaikat,yaitu jibril,mikail,isrofil dan malaikat maut (izroil) Adapun jibril bertugas mengatur angin dan para prajurit langit,sedangkan mikail bertugas mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan sedangkan malaikat maut bertugas untuk mencabut nyawa sedangkan isrofil ia turun membawakan mandat/perintah untuk mereka (jibril,mikail dan malaikat maut).

WALLAAHU A'LAM

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/648372695200488/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Tulisanya ribet

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page