0711. WANITA : SERING TELAT HAIDL

PERTANYAAN :

Rio Hartono
Assalamuallaiku m wr wb mau nanya ni, klo wanita udah umur 22th tpi menz'a sering telat apakah itu normal?,apa penyebab'a?, n' apa solusi'a?, makasih

JAWABAN :

• Anto Madiyanto 
Wa'alaikumussalam wr wb.
Sebelum menginjak bahasan masalah menopause perlu diketahui bahwa siklus haid yg normal secara kedokteran adalah dihitung dari HPM s/d HPM ( haripertama menstruasi ) selanjutnya adalah 17 s/d 35 hari . Secara normal siklus haid wanita pada umumnya adalah dari HPM ke HPM selanjutnya adalah 28 hari. jadi dalam kasus ini coba tanyakan dulu yg dimaksud tidak teratur itu masih dalam range waktu diatas atau tidak mas Rio ? Bila masih masuk berarti masih normal.

Kemudian setiap bulan masih menstruasi tidak ? Bila masih menstruasi walaupun tidak teratur belum bisa dikatakan menopause dini ( praecock menopause ) , sebab dikatakan menopause bila tidak datang haid lagi secara permanen yg secara umum terjadi pada wanita usia 50 - 51 thn . Bila terjadi pada usia 40 thn kebawah disebut MENOPAUSE PRAECOCK dan bila diatas 55 thn disebut LATE MENOPAUSE ( menopause terlambat ) .

Haid yg tidak teratur pada usia muda bisa disebabkan oleh ketidak teraturan kerja hormon Oestrogen dan progesteron , hal ini banyak sebabnya antara lain :
~ Stress psikis , ini adalah penyebab yg terbanyak , dg mekanisme yg rumit stress psikis akan mengganggu kerja hormon tsb.
~ Stress fisik , olah raga ataupun kerja yg terlalu berat . ~
Gangguan kelenjar hipophyse dan hypothalamus ( daerah otak )
~ penyakit POLYCYSTIK OVARIUM ( PCO ) banyak kiste di indung telur sehinggo folicle ovum ( sel telur ) tidak berkembang .
~ Penggunaan obat obatan KB.
~ Penggunaan obat obatan jenis korticosteroid dlm jangka panjang .
~ Menderita gangguan resistensi insulin . Untuk lebih jelasnya periksa ke dokter spesialis andrologi ( kesuburan ) atau ke dokter kandungan untuk dilakukan pemerisaan yg lebih mendetail.

> Kalau dahulu waktu sekolah pernah sakit seperti itu ( 5 bln tidak menopause dan bila saat mentruasi terasa sakit sekali ) bisa ada 2 penyebab :
~ ketidak stabilan psikis , ini penyebab yg terbesar .
~ Menderita endometriosis ( ada lapisan endometrium / lapisan luar rahim yg tumbuh ditengah tengah otot rahim .........ini kelainan bawaan ) bisa diobati secara hormonal oleh dokter kandungan sampai dg tindakan operasi ( pengambilan kelainan tsb tanpa mengangkat rahim shg masih memunkinkan untuk hamil )

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/638204929550598/

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page