0726. HUKUM DARAH PADA WANITA KEGUGURAN

TANYA :

[ Assalamu'alaikum.Wr.Wb maaf mau tanya klu orang keguguran darah nya seperti nifaskah ? mohon di jawab dengan sumber dari kitab nya : Harierie ]

JAWAB :

Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokaatuh
Jawaban dari pertanyaan diatas diperinci sebagai berikut :

1. Jika bayi yang lahir tersebut sudah menampakkan sebagian penciptaan, seperti adanya jari atau yang lain, maka ulama'sepakat bahwa darah yang keluar setelah lahirnya bayi tersebut dihukumi darah nifas.

2. Jika belum nampak penciptaan,terdapat perselisihan pendapat dikalangan ulama' :

Pendapat pertama :
Menurut madzhab Syafi'i, madzhab Maliki dan pendapat yang shohih dari madzhab Hanbali , meskipun yang keluar hanyalah segumpal daging atau segumpal darah, jika memang itu adalah permulaan dari penciptaan bayi,maka darah yang keluar sesudahnya dihukumi darah nifas.

Pendapat kedua :
Menurut madzhab Hanafi dan sebagian riwayatdari madzhab Hanbali darah tersebut tidak dihukumi darah nifas.

Wa'llohu a'lam.

( Dijawab oleh : Poetra Sangfajar, Siroj Munir, Dinda Selalu tersenyum dan Ubaid Bin Aziz Hasanan )

Referensi :
1. Al Mausu'ah Al Fiqhiyah AlKuwaitiyah, Juz : 41 Hal : 14
2. Syarah Fathul Qodir AlalHidayah, Juz : 1 Hal : 165
3. As Syarhul Kabir, Juz : 2 Hal :474
4. Roudlotut Tholibin, Juz : 1Hal : 174
5. Hasyiyata Qulyubi Wa Umairoh,Juz : 1 Hal : 124
6. Al Mughni, Juz : 1 Hal : 249

Ibarot :Al Mausu'ah Al Fiqhiyah AlKuwaitiyah, Juz : 41 Hal : 14

ﺣﻜﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﻔﺎﺱ ﺍﻟﺴﻘﻂﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ: ﺫﻫﺐ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﺴﻘﻂ ﺍﺳﺘﺒﺎﻥ ﺍﻟﺬﻱﺧﻠﻘﻪ ﻛﺄﺻﺒﻊ ﺑﻌﺾ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﻟﺪ ﺗﺼﻴﺮ - ﺑﻪﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻧﻔﺴﺎﺀ؛ ﻷﻧﻪ ﺑﺪﺀ ﺧﻠﻖ ﻭﺗﺼﻴﺮ ﺁﺩﻣﻲ،ﺍﻷﻣﺔ ﻭﻟﺪ ﺃﻡ ﺍﺩﻋﺎﻩ ﺑﻪ ﺍﻟﻤﻮﻟﻰ، ﺇﻥ ﻭﻛﺬﻟﻚﺍﻟﻌﺪﺓ ﺗﻨﻘﻀﻲ ﺇﺫﺍ ﻭﺃﻣﺎ ﺷﻲﺀ ﻟﻢ ﻣﻦ ﻳﺴﺘﺒﻦﺧﻠﻘﻪ ﻓﻘﺪ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻗﻮﻟﻴﻦ ﻋﻠﻰ :ﺍﻷﻭﻝ: ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺇﺫﺍ ﺇﻥ ﻟﻠﺸﺎﻓﻌﻴﺔ، ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﻟﻘﺖﻋﻠﻘﺔ ﻣﻀﻐﺔ ﺃﻭ ﺧﻔﻴﺖ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻘﻮﺍﺑﻞ،ﻭﻗﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﺍﻟﻘﻮﺍﺑﻞ: ﻣﺒﺘﺪﺃ ﺧﻠﻖ - ﻓﺎﻟﺪﻡ ﺁﺩﻣﻲﺍﻟﻤﻮﺟﻮﺩ ﻧﻔﺎﺱ ﺑﻌﺪﻩ .ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ: ﻟﻮ ﺩﻣﺎ ﺃﻟﻘﺖ ﺍﺟﺘﻤﻊ ﻻ ﻳﺬﻭﺏﺑﺼﺐ ﺗﻨﻘﻀﻲ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻋﻠﻴﻪ، ﺍﻟﻌﺪﺓ ﺍﻟﺤﺎﺭ ﺑﻪ ﻭﻣﺎﻧﻔﺎﺱ ﺑﻌﺪﻩﺍﻟﻘﻮﻝ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻭﻫﻮ ﺇﻧﻪ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ، ﻗﻮﻝ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ:ﺇﻥ ﻟﻢ ﻣﻦ ﻳﺴﺘﺒﻦ ﺧﻠﻘﻪ ﺷﻲﺀ ﻟﻬﺎ ﻓﻼ ﻧﻔﺎﺱﻳﺜﺒﺖ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ: ﺍﻟﻨﻔﺎﺱ ﺣﻜﻢ ﺑﻮﺿﻊ ﻣﺎﻳﺘﺒﻴﻦ ﻓﻴﻪ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺧﻠﻖ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ، ﺃﺣﻤﺪ، ﻭﻧﺺ ﻓﻠﻮ ﻭﺿﻌﺖ ﻋﻠﻘﺔ،ﺃﻭ ﺗﺨﻄﻴﻂ ﻣﻀﻐﺔ ﻻ - ﻓﻴﻬﺎ ﻳﺜﺒﺖ ﺑﺬﻟﻚ ﻟﻢﺍﻟﻨﻔﺎﺱ، ﻋﻠﻴﻪ ﺣﻜﻢ ﻧﺺ ﻭﻗﺪﻣﻪ ﺍﻟﻔﺮﻭﻉ، ﻓﻲﻓﻲ ﻭﺍﻟﻤﺠﺪ ﺷﺮﺣﻪ ﻭﺻﺤﺤﻪ، ﺗﻤﻴﻢ ﻭﺍﺑﻦﻭﺍﻟﻔﺎﺋﻖ. ﻭﻋﻨﻪ ﻳﺜﺒﺖ ﺃﻱ ﺍﻟﻨﻔﺎﺱ - ﺣﻜﻢ -ﺑﻤﻀﻐﺔ، ﻭﻋﻠﻘﺔ. ﻭﻋﻨﻪ: ﻳﺜﺒﺖ ﻭﻗﻴﻞ: ﻟﻬﺎ ﺣﻜﻢﺍﻟﻨﻔﺴﺎﺀ ﺇﺫﺍ ﻭﺿﻌﺘﻪ ﺃﺷﻬﺮ ﻷﺭﺑﻌﺔ

Syarah Fathul Qodir AlalHidayah, Juz : 1 Hal : 165ُ

ﻂْﻘَّﺴﻟﺍَﻭ ﻭَﻟَﺪٌ ﺑَﻌْﺾُ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﺍﺳْﺘَﺒَﺎﻥَ ﺍﻟَّﺬِﻱ )ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﺼِﻴﺮَ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ﺃُﻡَّ ﻧُﻔَﺴَﺎﺀَ ﻭَﺗَﺼِﻴﺮُ ﺍﻷَﻣَﺔُﻭَﻟَﺪٍ ﺍﻟْﻌِﺪَّﺓُ ﺑِﻪِ ﻭَﻛَﺬَﺍ ﺑِﻪِ ﺗَﻨْﻘَﻀِﻲ

-----------

ﺍﺳْﺘَﺒَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟﺴَّﻘْﻂُ ﻗَﻮْﻟُﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺑَﻌْﺾَ ﺧَﻠْﻘِﻪِ )ﻛَﺄُﺻْﺒُﻊٍ ﻇُﻔْﺮٍ ﺃَﻭْ ( ﻭَﻟَﺪٌ ) ﻳَﺴْﺘَﺒِﻦْ ﻟَﻢْ ﻓَﻠَﻮْ ﻣِﻨْﻪُﺷَﻲْﺀٌ ﻳَﻜُﻦْ ﻟَﻢْ ﻓَﺈِﻥْ ﻭَﻟَﺪًﺍ ﺃَﻣْﻜَﻦَ ﺟَﻌْﻠُﻪُ ﺑِﺄَﻥْ ﺣَﻴْﻀًﺎﺟَﻌْﻞُ ﺍﻣْﺘَﺪَّ ﺇﻳَّﺎﻩُ ﻭَﺇِﻻ ﻓَﺎﺳْﺘِﺤَﺎﺿَﺔ

http://www.fikihkontemporer.com/2012/09/status-nifas-wanita-keguguran.html

[ Ziif Kaf ]

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/645052535532504/

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page