0471. HUKUM BELAJAR SIHIR / PELET DAN MENGOBATI DENGAN SIHIR

0 komentar
• Mbah Godek

HUKUM BELAJAR SIHIR DAN PELET / MAHABBAH DAN MENGOBATI DENGAN SIHIR

Hukum belajar sihir dan pelet/mahabbah dan mengobati dengan sihir

واتفقوا المحققون على أن العلم بالسحر غير قبيح ولا محظور يعنى إنماالمحظور العمل به … المراد بالعلم التعلم.

حصون الحميدية ص : 121

ulama' muhaqqiqun sepakat bahwa sesungguhnya ilmu sihir itu tidak dianggap jelek dan tidak dilarang sesungguhnya yang dilarang itu mengamalkannya,yang dimaksud ilmu disitu adalah belajar

husunul hamidiyyah hal 121

----------------

قال الفخر واتفق المحققون على ان العلم بالسحر ليس بقبيح ولا محظور لان العلم لذاته شريف لعموم قوله تعالى هل يستوى الذين يعلمون والذين لا يعلمون =الزمر : 9 : ولو لم يعلم السحر لما امكن الفرق بينه و بين المعجزة والعلم بكون المعجز معجزا واجب وما يتوقف الواجب عليه فهو واجب فهذا يقتضى ان يكون تحصيل العلم بالسحر واجبا

Imam fahrur rozi berkata ,para ulama' muhaqqiqun berpendapat,ilmu tentang sihir tidak tercela dan tidak dilarang karena pada dasarnya semua ilmu itu baik secara umum bisa digolongkan pada firman ALLOH SWT:

هل يستوى الذين يعلمون والذين لا يعلمون

Tidaklah sama antara orang2 yang berilmu dan orang2 yg tidak berilmu
(azzumar ayat 9)

Seandainya ilmu sihir itu tidak dipelajari maka tidak akan bisa dibedakan antara sihir dan mukjizat,sedangkan mengetahui keberadaan mukjizat itu hukumnya wajib,maka dapat disimpulkan mempelajari ilmu sihir itu hukumnya juga wajib

Az zawajir al iqtiroof al kabaair,hal 168 juz 2

------------

قال القرطبى هل يسأل الساحر حل السحر عن المسحور؟قال البخارى عن سعيد بن مسيب رضى الله عنه قيل يجوز و اليه مال الماروزى وكرهه الحسن البصرىوقال الشعبى لا بأس بالنشرة

alqurtubhi berkata :
apakah tukang sihir boleh dimintai bantuan untuk menghilangkan pengaruh sihir dari orang yang terkena sihir?

beliau menjawab :
bahwa al imam albukhori pernah meriwayatkan dari said bin musayyab bahwa yang demikian itu diperbolehkan dan pendapat ini didukung oleh al maruzi namun hasan albashori mengatakan makruh,dan as sya'bi berkata tidak masalah mengobati sihir dengan cara seperti itu (memakai bantuan sihir)

az zawaajir al iqtirof al kabaair juz 2 hal 170

-------------------------

وتعلمه لغرض كان يتعلمه ليجتنبه لا يقتضى الكفر ولا الحرمة بل هو جائز كما قال ابو نواس عرفت الشر لا للشر لكن لتوقيه ....... ومن لا يعرف الشر من الناس يقع فيه وكذا تعلم ما يعمل للمحبة بين الزوجين

mempelajari sihir untuk suatu tujuan (yg dibenarkan syara') seperti mempelajari supaya bisa menghindarinya tidaklah menjadikan kufur dan juga tidak haram akan tetapi hukumnya boleh .

Abu Nawas berkata :
engkau mengetahui keburukan bukan untuk keburukan pula namun semata-mata untuk menjaga diri,barang siapa tidak tau tentang keburukan maka ia akan terjerumus kedalamnya ."

begitu juga diperbolehkan mempelajari pelet untuk melengketkan suami-istri

HASYIYAH ASY-SYARQOWI HAL 396 JUZ 2 ALHAROMAIN

====================================================

hukum belajar sihir itu beda2,,lihat sikon..jika untuk menolak sihirnya ahlil harbi maka hukumnya wajib,jika untuk memisah hubungan suami istri maka harom,jika untuk mendamaikan maka boleh

ومذهب أهل السنة أنه حق وله حقيقة ويكون بالقول والفعل ويؤلم ويمرض ويقتل ويفرق بين الزوجين وقال المعتزلة وأبو جعفر الاستبرا بئذى بكسر الهمزة أن السحر لا حقيقة له إنما هو تخييل وبه قال البغوى استدلوا بقوله تعالى يخيل إليه من سحرهم أنها تسعى وذهب قوم إلى أن الساحر قد يقلب بسحره الأعيان ويجعل الإنسان حمارا بحسب قوة السحر وهذا واضح البطلان لأنه قدر على هذا القدر لرد نفسه إلى الشباب بعد الهرم وأن يمنع نفسه من الموت ومن جملة أنواعه السيمياء والتيمياء ولم يبلغ أحد فى السحر إلى الغاية التى وصل إليها القبط أيام دلوكا ملكة مصر بعد فرعون فإنهم وضعوا السحر على البرانى وصوروا فيها صور عساكر الدنيا فأى عسكر قصدهم أتوا إلى ذلك العسكر المصور فما فعلوه به من قلع الأعين وقطع الأعضاء اتفق نظيره للعسكر القاصد لهم فتخاف منهم العساكر وأقاموا ستمائة سنة والنساء هن الملوك والأمراء بمصر بعد غرق فرعون وجنوده حكاه العراقى وغيره وقال الإمام فخر الدين لا يظهر أثر السحر إلا على يد فاسق ويحرم تعلم الكهانة والتنجيم والضرب بالرمل وبالشعير وبالحمصى والشعبذة وتعليم هذه كلها وأخذ العوض عليها حرام بالنص الصحيح فى النهى عن حلوان الكاهن والباقى فى معناه ويحرم المشى إلى أهل هذه الأنواع وتصديقهم وكذا تحرم العيافة والطين والطيرة وعلى فاعل ذلك التوبة منه اهـ دميرى وهل من السحر ما يقع من الأقسام وتلاوة الآيات القرآنية حيث تولد منها الهلاك فيعطى حكمه المذكور أم لا فيه نظر والأقرب الأول فليراجع. اهـ

حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص : 111 دار الفكر

=====

( تنبيه ) قد علم مما قررنا أن السحر لا يلزم أن يكون كفرا ما لم يقترن بمكفر من قول أو فعل أو اعتقاد وفى حاشية الإيضاح لبيرى زاده قال الشمنى تعمله وتعليمه حرام أقول مقتضى الأطلاق ولو تعلم لدفع الضرر عن المسلمين وفى شرح الزعفرانى السحر حق عندنا وجوده وتصوره واثره وفى دخيرة الناظر تعلم فرض لرد ساحر أهل الحرب وحرام لتفرق بين المرأة وزوجها وجائز ليوفق بينهما إهـ كذا فى شرح ابن عبد الرزاق على الدر المختار أقول وقد ذكرت فى حاشيتى التى سميتها رد المختار على الدر المختار أن فى الأخير نظرا لما ورد فى الحديث من النهى عن التولة بوزن عنبات وهى ما يفعل ليحب المرأة إلى زوجها وقد نص قاضى خان علىحرمتها وعلله ابن وهبان بأنه ضرب من السحر وابن الشحنة ومقتضاه أنه ليس مجرد كتابه آيات بل فيه شيئ زائد

مجموعة رسائل ابن عابدين ص: 33 – 34

=====

أجمع الأئمة على تحريم السحر وهو عزائم والرقى وعقد تؤثر فى الأبدان والنفوس والقلوب فيمرض ويقتل وفرق بين المرء وزوجه قال إمام الحرمين ولا يظهر السحر إلا على يد فاسق كما لا تطهر الكرامة إلا على يد ولى.

الميزان الكبرى الجزء الثانى ص : 151 سليمان المراعى سنقافورة

=====

ومنها تعليم الشخص غيره كل علم مضر له فى دينه ودنياه وكذا تعلم الشخص كل علم مضر له أو لغيره إذ العلم لا يذم إلا لأحد أسباب ثلاثة الأول المؤدى لضرر صاحبه أو غيره كالسحر والطلسمات.

إسعاد الرفيق الجزء الثانى ص : 92 دار إحياء الكتب العربية

=======

وينبغى أن يعلم أن من دفع الصائل الدعاء عليه بكف شره عن المصول عليه وإن كان بهلاكه وهو ظاهر إن غلب على الظن أنه لا يندفع إلا بالهلاك ينبغى أن يعلم أنه لو علم منه أنه لا يندفع شره إلا بالسحر وكان المصول عليه أو غيره يعرف ما يمنع الصائل عن صياله لم يجز لأن السحر حرام لذاته فليتأمل

. حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص : 168 دار الفكر

=======

والسحر وهو ما يحصل بتعلم ومباشرة سبب على يد فاسق أو كافر كالشعوذة وهى خفة اليد بالأعمال وحمل الحيات ولدغها له واللعب بالنار من غير تأثير والطلاسم والتعزيمات المحرمة واستخدام الجان وغير ذلك إذا عرفت ذلك علمت أن ما يتعاطاه الذين يضربون صدورهم بدبوس أو سكين أو يطعنون أعينهم أو يحملون النار أو يأكلونها وينتمون إلى سيدى أحمد الرفاعى أو سيدى أحمد بن علوان أو غيرهما من الأولياء أنهم إن كانوا مستقيمين على الشريعة قائمين بالأوامر تاركين للمناهى عالمين بالفرض العينى من العلم عاملين به لم يتعلموا السبب المحصل لهذا العمل فهو من حيز الكرامة وإلا فهو من حيز السحر إذ الإجماع منعقد على أن الكرامة لا تظهر على يد فاسق وأنها لا تحصل بتعلم أقوال وأعمال وأن ما يظهر على يد الفاسق من الخوارق من السحر المحرم تعلمه وتعليمه وفعله ويجب زجر فاعله ومدعيه ومتى حكمنا بأنه سحر وضلال حرم التفرج عليه إذ القاعدة أن التفرج على الحرام حرام. اهـ

بغية المسترشدين ص:299 دار الفكر

WALLOHU A'LAM


LINK ASAL :

https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/616313775073047/

0470. SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG DAJJAL

0 komentar
• Mbah Godek

SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG DAJJAL

وأما شق الاول، وهو شق بن حويل بن إرم بن سام بن نوح عليه السلام، فهو اول كاهن في العرب العاربة، وارم ابو الجبابرة من عاد وثمود وطسم وجديس وغيرهم، ويقال إنه كانت له عين واحدة في جبهته، ويقال إنه [ كان ] يشق وجهه نار.

ويقال ان الدجال من ولده، ويقال إنه هو الدجال بعينه، أنظره الله إلى وقته، وهو محبوس في بعض جزائر البحر.

وفي حديث تميم الداري انه خرج في بعض الاسفار فوقع إلى جزيرة، فرآه وخاطبه، وسأله عن ظهوره، وانه وجده مغلولا، مشدودا إلى صخرة، وأن الشياطين تأتيه بما يأكله، على ما يقول.

وفي خبر آخر أنه لا يحتاج إلى الغذاء، ورآه تميم الداري، وله عين واحدة، وحدث بذلك النبي صلى الله عليه وسلم، وكان يرويه عنه فيقول: حدثني تميم الداري، ويذكر طرفا من خبر الدجال.

ويقال إن أمه امرأة من الجن عشقت أباه حويلا، فتزوجته فأولدها الدجال وهو خوص بن حويل،

Adapun syaq al awal yaitu Syaq bin Huwail bin Irmi bin Sam bin nabi Nuh alaihis salam.

Syaq adalah dukun ilmu hitam pertama di Arab, sedangkan Irmi adalah moyangnya raja tega dari kaum ‘Ad, Tsamud, Thosam, Judais dan selainnya. Dikatakan bahwa Syaq itu punya mata 1 dikeningnya. Dikatakan lagi bahwa api telah membakar wajahnya.

Dikatakan bahwa Dajjal adalah keturunannya ,
dikatakan lagi bahwa ia adalah Dajjal memandang segi matanya yg mana ALLOH telah memberi penglihatan waktu itu, dia dibui / dihukum disebagian pulau-pulau samudera. 

Pada hadisnya tamim addari bahwa ia disuatu senja jalan2 sampai disuatu pulau, lalu dia melihat Dajjal dan berbicara padanya dan bertanya tentang kemunculannya, dan tamim menemuinya dalam keadaan terbelenggu dan diikat pada batu besar, dan para syetan berdatangan membawa makanan buat dia makan pada apa yang dia minta.

Dan pada kabar yang lain bahwa Dajjal itu tidak butuh makan. Tamim ad-Dari melihat Dajjal bahwa Dajjal itu punya 1 mata dan bercerita pada nabi Muhammad saw.

Oleh sebab itu, Nabi bersabda "
" bercerita padaku tamim addari dan disebagian sisi menjelaskan tentang kabar dajjal dikatakan bahwa ibunya Dajjal adalah wanita dari golongan jin yang sangat cinta pada ayahnya Dajjal yg bernama huwail lalu menikah dan melahirkan Dajjal. "

Nama Dajjal adalah Hudl bin Huwail


أخبار الزمان - (ج 1 / ص122)

WALLOHU A'LAM

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/615495585154866/



0469. MENGKONSUMSI OBAT PENCEGAH HAID

0 komentar
PERTANYAAN :

Wulandari Purnomo
assalamu alaikum,ma'af sblomx symau tanya ne,,,,,,,,,,,gmn hukumx
prempuan yg minum obat tuk mncegah dtgx haid?atau darahx udah kluar trs minum obat biar cpt tuntas ,,alasanx karna dia mau cptkumpul dg suamix,gmn tuh hukumx?mksih N ws

JAWABAN :

• Ziif Kaf

Masaji Antoro:
Dalam dua pertanyaan di atas menurut kalangan Syafi'iyyah diperbolehkan asalkan tidak menimbulkan bahaya pada dirinya.Berikut uraiannya, sekaligus pendapat-pendapat kalangan madzhab selain syafiiyyah tentang wanita yang minum obat pencegah datangnya haid.

وَفِيْ فَتَاوَى الْقَمَّاطِ مَا حَاصِلُهُ جَوَازُ اسْتِعْمَالِ الدَّوَاءِ لِمَنْعِ الْحَيْضِ

"Dalam Fatawa Al Qammaath (Syeikh Muhammd ibn al Husein al Qammaath) di simpulkan diperbolehkannya menggunakan obat untuk mencegah datangnya haid."
(Ghayatut Talkhis: 196)

Sumber kitab:
Ghooyah at-Talkhiish al-Murood 247 / halaman 196, maktabah syamilah (Fiqh Syafi’iyyah)

اَلْمَالِكِيَّةُ قَالُوْاأَمَّا أَنْ تَصُوْمَ الْحَيْضُ بِسَبَبِ دَوَاءٍ فِيْ غَيْرِ مَوْعِدِهِ فَإِنَّ الظَّاهِرَ عِنْدَهُمْ أَنَّهُ لَا يُسَمَّى حَيْضًا وَلَا تَنْقَضِيْ بِهَ عِدَّتُهَا وَهَذَا بِخِلَافِ مَا إِذَا اسْتَعْمَلَتْ دَوَاءً يَنْقَطِعُ بِهِ الْحَيْضُ فِيْ غَيْرِ وَقْتِهِ الْمُعْتَادِ فَإِنَّهُ يُعْتَبَرُ طُهْرًا وَتَنْقَضِيْ بِهِ الْعِدَّةُ عَلَى أَنَّهُ لَا يَجُوْزُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَمْنَعَ حَيْضَهَا أَوْ تَسْتَعْجِلُ إِنْزَالَهُ إِذَا كَانَ ذَلِكَ يَضُرُّ صِحَّتَهَا لِأَنَّ الْمُحَافَظَةَ عَلَى الصِّحَّةِ وَاجِبَةٌ

Kalangan Malikiyyah berpendapat :
"Haid adalah darah yang yang keluar dari alat kelamin wanita pada usia yang ia bisa hamil menurut kebiasaan umum.Bila wanita menjalani puasa akibat obat yang mencegah haid hadir dalam masanya, menurut pendapat yang zhahir masa-masa tidak dikatakan haid dan tidak menghabiskan masa iddahnya, berbeda saat ia menjalani haid dan meminum obat untuk menghentikan haidnya diselain waktu kebiasaannya, maka ia dinyatakan suci namun iddahnya dapat terputus karena sesungguhnya tidak boleh bagi seorang wanita mencegah atau mempercepat keluarnya darah haid bila membahayakan kesehatannya karena menjaga kesehatan wajib hukumnya." 
(al-Fiqhu 'ala Madzahibil 'Arba'ah, 1/103)

Sumber kitab:
Al Fiqh ‘alaa Madzaahib al-Arba’ah I/103, maktabah syamilah (Fiqh Muqaarin)

Sumber link:
http://islamport.com/w/fqh/Web/2793/102.htm(1/103)

أَحْكَامٌ عَامَّةٌأَوَّلًا - إِنْزَالُ وَرَفْعُ الْحَيْضِ بِالدَّوَاءِصَرَّحَ الْحَنَابِلَةُ بِأَنَّهُ يَجُوْزُ لِلْمَرْأَةِ شُرْبُ دَوَاءٍ مُبَاحٍ لِقَطْعِ الْحَيْضِ إِنْ أُمِنَ الضَّرَرُ ، وَذَلِكَ مُقَيَّدٌ بِإِذْنِ الزَّوْجِ . لأِنَّ لَهُ حَقًّا فِي الْوَلَدِ ، وَكَرِهَهُ مَالِكٌ مَخَافَةَ أَنْ تُدْخِل عَلَى نَفْسِهَا ضَرَرًا بِذَلِكَ فِي جِسْمِهَا . كَمَا صَرَّحُوا بِأَنَّهُ يَجُوْزُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَشْرَبَ دَوَاءً مُبَاحًا لِحُصُوْل الْحَيْضِ ، إِلاَّ أَنْ يَكُوْنَ لَهَا غَرَضٌ مُحَرَّمٌ شَرْعًا كَفِطْرِ رَمَضَانَ فَلاَ يَجُوْزُ .ثُمَّ إِنَّ الْمَرْأَةَ مَتَى شَرِبَتْ دَوَاءً وَارْتَفَعَ حَيْضُهَا فَإِنَّهُ يُحْكَمُ لَهَا بِالطَّهَارَةِ ، وَأَمَّا إِنْ شَرِبَتْ دَوَاءً وَنَزَل الْحَيْضُ قَبْل وَقْتِهِ فَقَدْ صَرَّحَ الْمَالِكِيَّةُ بِأَنَّ النَّازِل غَيْرُ حَيْضٍ وَأَنَّهَا طَاهِرٌ . فَلاَ تَنْقَضِي بِهِ الْعِدَّةُ ، وَلاَ تَحِل لِلأزْوَاجِ ، وَتُصَلِّيْ وَتَصُوْمُ لاِحْتِمَال كَوْنِهِ غَيْرَ حَيْضٍ ، وَتَقْضِي الصَّوْمَ دُوْنَ الصَّلاَةِ احْتِيَاطًا لاِحْتِمَال أَنَّهُ حَيْضٌ .وَقَدْ صَرَّحَ الْحَنَفِيَّةُ بِأَنَّهُ إِذَا شَرِبَتِ الْمَرْأَةُ دَوَاءً فَنَزَل الدَّمُ فِي أَيَّامِ الْحَيْضِ فَإِنَّهُ حَيْضٌ وَتَنْقَضِيْ بِهِ الْعِدَّةُ(1) حاشية ابن عابدين 1 / 202 ، حاشية الدسوقي 1 / 167 ، 168 ، مواهب الجليل 1 / 366 ، كشاف القناع 1 / 218

Hukum umum
Keluar dan hilangnya haid akibat obat

Kalangan Hanabilah menjelaskan :
Diperkenankan bagi wanita meminum obat yang diperbolehkan syara’ untuk memutus datangnya haid bila aman dari bahaya, itupun bila seijin suami karena suami punya hak anak atas dirinya, Imam malik memakruhkannya bila menimbulkan bahaya dalam raganya seperti diperkenankan baginya meminum obat yang diperbolehkan syara’ untuk mendapatkan masa haidnya hanya saja bila bertujuan yang diharamkan syara’ seperti agar tidak berpuasa dibulan ramadhan maka tidak diperkenankan.Wanita yang meminum obat kemudian hilang haidnya maka dihukumi wanita suci, namun wanita yang meminum obat agar mendapatkan haidnya sebelum masanya tiba maka darah yang keluar menurut kalangan malikiyyah bukanlah darah haid dan dia tetap dikatakan suci dan tidak habis iddahnya dan tidak halal untuk dinikahi, baginya tetap wajib sholat dan puasa karena kemungkinannya bukan darah haid, boleh mengqadha puasanya bukan shalatnya karena kemungkinan yang keluar darah haid.Kalangan Hanafiyyah menjelaskan : Wanita yang meminum obat kemudian keluar darah haid pada masa-masanya, yang keluar adalah darah haid dan menghabiskan masa iddahnya." 

(Haasyiyah Ibn ‘Aabidiin I/202,
Haasyiyah ad-Daasuqi I/167-168,
Mawaahib al-jaliil I/366, Kasysyaaf alQanaa’ I/218)
[al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyah, 18/327]

Sumber kitab:
Al Mausuu’ah al-Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah XVIII/327 , maktabah syamilah (Fiqh Muqaarin)
Sumber link:
http://islamport.com/d/2/fqh/1/35/820.html (19/357)

Catatan:
Berikut ta’bir Kitab Kasysyaaful Qanaa’ selengkapnya:

( وَيَجُوزُ شُرْبُ دَوَاءٍ مُبَاحٍ لِقَطْعِ الْحَيْضِ مَعَ أَمْنِ الضَّرَرِ نَصًّا ) كَالْعَزْلِ وَ ( قَالَ الْقَاضِي لَا يُبَاحُ إلَّا بِإِذْنِ الزَّوْجِ ) أَيْ : لِأَنَّ لَهُ حَقًّا فِي الْوَلَدِ ( وَفِعْلُ الرَّجُلِ ذَلِكَ بِهَا ) أَيْ : إسْقَاؤُهُ إيَّاهَا دَوَاءً مُبَاحًا يَقْطَعُ الْحَيْضَ ( مِنْ غَيْرِ عِلْمِهَا يَتَوَجَّهُ تَحْرِيمُهُ ) قَالَهُ فِي الْفُرُوعِ ، وَقُطِعَ بِهِ فِي الْمُنْتَهَى لِإِسْقَاطِ حَقِّهَا مِنْ النَّسْلِ الْمَقْصُودِ .( ومثله ) أي مثل شربها دواء مباحا لقطع الحيض ( شربه كافورا ) قال في المنتهى ولرجل شرب دواء مباح يمنع الجماع

"[Diperbolehkan meminum obat yang diperbolehkan syara’ untuk memutus datangnya haid bila aman dari bahaya atas dasar nash] sebagaimana masalah 'azl

[Qadhi Ibnu Muflih berkata: tidak diperbolehkan kecuali dengan sejin suami] sebab suami memiliki hak atas mendapatkan keturunan [serta perbuatan suami akan hal itu] yakni meminumkan obat yang diperbolehkan syara' pada istri untuk memutus haid [tanpa sepengetahuan istrinya pantas dinilai haram] diungkapkan dalam kitab Furu', ditegaskan pula dalam kitab al-Muntaha sebab perbuatan itu melanggar hak istrinya untuk mendapatkan keturunan yang dikehendakinya .
[Sebagaimana hal itu] yakni sebagaimana meminumkan pada istri obat yang diperbolehkan syara' untuk memutus haid [boleh juga meminum air kapur] Dijelaskan dalam kitab al-Muntaha bahwa bagi suami boleh meminum air yang diperbolehkan syara' untuk menolak keinginan persetubuhan."
(Kasysyaful Qana', 1/218)

Sumber kitab:
Kasysyaaful Qanaa’ karya Syeikh Manshuur ibn Yunuus al Bahuuti juz II halaman 96,
maktabah syamilah (Fiqh Hanabilah)

Sumber link:
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=16&ID=444 

Wallaahu A’lamu bishshawaab.

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=615867588450999&_rdr#615896365114788

0468. ZAKAT UNTUK MASJID

0 komentar
PERTANYAAN :

Dimas Maulana Fikri A-Syam
Assalamu'alaikum,.,mau tanya:Bgmn ya hukum zakat fitrah, jk uda tdk ada golongan yg berhak nrima, apa boleh,zakat tsbt di gunakan untk kemaslahatan masjid,.

JAWABAN :

• Ziif Kaf 
>> Abdullah Afif
Keterangan dari kitab:

1. Bughyatul Mustarsyidin halaman 106
َ
ﻻ ﺷَﻴْﺌًﺎ ُﻳَﺴْﺘَﺤِﻖّ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓِ ُﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪ ﻻَ ﺇِﺫْ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ ﺇِﻻَّ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﺻَﺮْﻓُﻬَﺎ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻟِﺤُﺮٍّ ]

“Masjid sama sekali tidak berhak menerima zakat sama sekali, sebab zakat itu penyalurannya tidak boleh kecuali untuk orang muslim yang merdeka."

2. Al Mizan al Kubra juz II halaman 13:
َ
ﻖَﻔَّﺗِﺍ ﺃَﻧَّﻪُ ﺍْﻷَﺭْﺑَﻊَﺓُ ﺍْﻷَﺋِﻢَّﺓُ ﺇِﺧْﺮَﺍﺝُ ﻻَ ﻋَﻠَﻰ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻣَﻴِّﺖٍ ﺗَﻜْﻔِﻴْﻦِ ﺃَﻭْ ﻣَﺴْﺠِﺪٍ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓِ ﻟِﺒِﻨَﺎﺀِ

“Imam empat madzhab sepakat bahwa tidak diperbolehkan mengeluarkan zakat untuk membangun mesjid atau mengkafani orang mati.

3. Murah Labid li Kasyfi Ma'na al Quraan al Majiid juz I halaman 344:
َ
ﻭ ﻋَﻦْ ﻧَﻘَﻞَ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﺍﻟْﻔُﻘَﻬَﺎﺀِ ﺑَﻌْﺾِ ُﺍﻟْﻘَﻔَّﺎﻝ ﺃَﺟَﺎﺯُﻭْﺍ ﺻَﺮْﻑَ ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺎﺕِ ﻭُﺟُﻮْﻩِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻣِﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊٍ ﺗَﻜْﻔِﻴْﻦِ ﺍﻟْﻤَﻮْﺗَﻰ ﻭَ ﺑِﻨَﺎﺀِ ِﺍﻟْﺤُﺼُﻮْﻥ ﻋِﻤَﺎﺭَﺓِ ﻭَ ﺳَﺒِﻴْﻞِ "ﻓِﻲ ﺗَﻌَﻻَﻰ: ﻗَﻮْﻟَﻪُ ﻷَﻥَّ ﺍﻟْﻤَﺴَﺎﺝِﺩِ ﺍﻟﻠﻪِ" ﺍﻟْﻜُﻞِّ ﻋَﺎﻡٌ ﻓِﻰ .

"“Imam al-Qaffal mengutip dari sebagian ulama fiqh bahwasannya mereka memperbolehkan penggunaan hasil shadaqah/zakat bagi semua jalur kebaikan, seperti pengkafanan mayit, pembangunan benteng dan imarah (pengelolaan) masjid, karena firman Allah “fi sabilillah” bersifat umum mencakup keseluruhan (jalur kebaikan)”.

4. Qurrah al 'Ain halaman 73:

ﺍﻥ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﻤﻘﺎﺑﻞ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺑﺎﻟﻘﻮﻝ ﻟﻠﺠﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﺫﻫﺐ ﺑﻦ ﺍﻟﻴﻪ ﺍﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﻭﺍﺳﺤﺎﻕ ﺭﻫﺎﻭﻳﻪ ﻓﻲ ﺳﻬﻢ ﺍﺧﺬ ﻣﻦ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻮﺍﺟﺒﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺰﻛﺎﺓ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻏﻨﻴﺎﺀ ﻟﻼ ﺳﺘﻌﺎﻧﺔ ﻋﻠﻰ ﺗﺎﺀﺳﻴﺲ ﺍﻟﻤﺪﺍﺭﺱ ﺍﻟﺪ ﺻﺎﺭ ﻭﺍﻟﻤﻌﺎﻫﺪ ﻳﻨﻴﺔ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺘﻌﻴﻦ

Sungguh praktek sekarang ini dengan qaul muqabil jumhur, yang menjadi pendapat Imam Ahmad bin Hanbal dan Ishaq bin Rahawaih perihal pengambilan bagian sabilillah yang diperoleh dari zakat wajib orang-orang kaya muslim untuk membantu pendirian sekolah- sekolah dan lembaga-lembaga keagamaan, maka praktek itu menjadi suatu keharusan

5. Al Fatawa al Syari'ah wa al Buhuts al islamiyyah, Muhammad Mahluf, jilid I halaman 297:

ﺇﻥ ﻣﻦ ﻣﺼﺎﺭﻑ ﺍﻟﺜﻤﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺰﻛﺎﺓ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺓ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﺇﻧﻤﺎ ﺍﻟﺼﺪﻗﺎﺕ ﺁﺧﺮ ﻟﻠﻔﻘﺮﺍﺀ} ﺇﻟﻰ ﺍﻵﻳﺔ {ﻓﻰ ﺇﻧﻔﺎﻗﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ} ﺳﺒﻴﻞ ﻭﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺎﻡ ﺟﻤﻴﻊ ﻳﺸﻤﻞ ﻭﺟﻮﻩ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻣﻦ ﺗﻜﻔﻴﻦ ﻭﺑﻨﺎﺀ ﻭﻋﻤﺎﺭﺓ ﺍﻟﻤﻮﺗﻰ ﺍﻟﺤﺼﻮﻥ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻭﺗﺠﻬﻴﺰ ﺍﻟﻐﺰﺍﺓ ﻓﻰ ﺃﺷﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ، ﺳﺒﻴﻞ ﻭﻣﺎ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﻴﻪ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﻋﺎﻣﺔ ﻛﻤﺎ ﺩﺭﺝ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻭﺍﻋﺘﻤﺪﻩ ﻣﻦ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻘﻔﺎﻝ ﻭﻧﻘﻠﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﺮﺍﺯﻯ ﻓﻰ ﺗﻔﺴﻴﺮﻩ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺬﻯ ﻧﺨﺘﺎﺭﻩ ﻟﻠﻔﺘﻮﻯ

Sungguh termasuk penyaluran ke delapan golongan penerima zakat seperti yang tertera dalam firman Allah SWT :

“Zakat itu hanya untuk orang-orang fakir…(Al Taubah: 60) adalah untuk sabilillah Sedangkan sabilillah itu mencakup semua sektor sosial, seperti mengkafani mayat, membangun benteng, merehab mesjid, dan pembekalan prajurit yang akan berperang serta lainnya yang membuat kepentingan umum umat Islam. Sebagaimana sebagian ahli fiqh telah memasukkan sektor sosial tersebut ke dalam kategori sabilillah dan dipedomani Imam Al-Qaffal dari kalangan Syafi’iyyah serta dinukil al-Razi dalam tafsirnya yang menjadi pilihan kami dalam berfatwa .

Sumber: Ahkamul Fuqaha, Solusi Problematika aktual Hukum Islam halaman 378 s/d 380

Wallaahu A'lam 
http://www.piss-ktb.com/.../1807-kategori-sabilillah.html...

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=615755978462160&refid=18&_ft_

0467. BATAS QUBUL YANG MEMBATALKAN WUDHU

0 komentar
PERTANYAAN :

Choirun Naim
al uztadz wal uztadah fi rohmatillah...

pertanyaan saya kok belum di jawab???Qt semua tau, kalo memegang dzakar adl btal. pertanyaanya adakah/dimanakah batas2 dzakar itu, kepalanya kah, batangnya kah, buah zakarnya kah, ato mungkin meliputi semuanya dari kepalanya sampe buah zakarnya???

mohon penjelasan beserta referensi kitabnya.

suwun.

  
JAWABAN :

•Ziif Kaf 
copas dok piss.......
>> Abdurrahman As-syafi'i
wa'alaikum salam warohmatulloh

Batas-batas qubul yang dapat membatalkan wudlu

ﻭ ﻓﻰ ﻫﻮ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻧﻔﺲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﻘﻀﻴﺐ ﺍﻭ ﻗﻄﻌﻪ ﻣﺤﻞ ﻣﺎﺗﻨﺒﺖ ﻻ ﺍﻟﻌﺎﻧﺔ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﻭ ﺍﻟﺒﻴﻀﺘﺎﻥ ﺍﻟﻘﺒﻞ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺪﺑﺮ ﻭ

Qubul bagi orang laki-laki adalah semua bagian batangnya atau tempat terpotongnya batang tsb,bukan tempat dimana bulu-bulu kemaluan tumbuh atau 2 buah pelir,dan bukan pula bagian antara qubul dan dubur.

ﻭ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺮﺍﺓ ﻭﻫﻤﺎ ﺷﻔﺮﺍﻫﺎ ﺍﻟﻤﻠﺘﻘﻴﺎﻥ ﺣﺮﻓﺎ ﺍﻟﻔﺮﺝ ﺍﻟﻤﺤﻴﻄﺎﻥ ﺑﻪ ﻛﺎﺣﺎﻃﺔ ﺑﺎﻟﻔﻢ ﺍﻟﺸﻔﺘﻴﻦ ﺍﻭ ﺍﻟﺨﺎﺗﻢ ﺑﺎﻻﺻﺒﻊ ﻻ ﻣﺎ ﻣﻤﺎ ﻓﻮﻗﻬﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﻳﻨﺒﺖ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺧﺮﺝ ﻭ ﺍﻟﻤﻠﺘﻘﻴﻴﻦ ﺑﺎﻟﺸﻔﺮﻳﻦ ﻣﺎ ﻓﻠﻮ ﺑﻌﺪﻫﻤﺎ ﻭ ﺿﻌﺖ ﺍﺻﺒﻌﻬﺎ ﺩﺍﺧﻞ ﻓﺮﺟﻬﺎ ﻳﻨﺘﻘﺾ ﻟﻢ ﻭﺿﻮﺀﻫﺎ ﻭﺍﻥ ﺧﺮﻭﺟﻪ ﻧﻘﺾ ﻭ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻈﺮ ﺫﻟﻚ ﺑﻔﺘﺢ ﻟﺤﻤﺔ ﺍﻟﺒﺎﺀ ﻭﻫﻮ ﺑﺎﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﺮﺝ ﻭ ﺍﻟﻘﻠﻔﺔ ﺣﺎﻝ ﻗﻄﻌﺎ ﺍﺗﺼﺎﻟﻬﻤﺎ ﻧﻘﺾ ﻓﺎﻥ ﻓﻼ ﺑﻬﻤﺎ

Dan bagi perempuan yaitu 2 bibir farji yg melekat ke-2 nya bukan bagian yang berada diatasnya yaitu tempat dimana rambut-rambut tumbuh.Dan bukan bagian dalam vagina,kelentit,dan qulfah

٢٧ ﻛﺎﺷﻔﺔ ﺍﻟﺴﺠﺎ

>> Awan As-Safaritiyy Asy- syaikheriyy
bgian alat kelamin laki2 atau perempuan yang dapat membtalkan wudlu:

-untk laki2 yang membatalkan adalah batang dzakarnya mulai dari pangkal sampai ujung dzakarya.
-sdangkan untuk perempuan adalah tempat pertemuan antara kedua bibir kemaluanya.
tuhfatul muhtaj 1/142
i'antut tholibin 1/62-63

Wallaahu A'lamu Bis Showaab

LINK DISKUSI :

https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=616045598433198&_rdr

0466. HUKUM REBONDING RAMBUT DAN BEHEL GIGI

0 komentar
PERTANYAAN :

Cahaya Khamielhaa Vhiei'a
Asalmulikum w,wb

Mbk mas ,Bagai mana sii hukum nya bagi yg rambut nya d lurusinn dan gigi nya paki kawat ?

JAWABAN :

• Ivat Ae 
http://www.piss-ktb.com/.../1654-hukum-pelurusan-rambut...

>> Mbah Jenggot  
Hukum merebonding dan pengeritingan rambut hukumnya haram kecuali bagi wanita yang sudah bersuami dengan syarat ada idzn az-zauj (seizin suami). Sedangkan memodifikasi rambut dengan model punk atau rasta hukumnya haram karena terdapat unsur tasyabbuh bil fussaq (menyerupai orang-orang fasik)
  
R E F E R E N S I

1. Raudlah Al-Thalibin vol. I hal. 102
2.Tuhfah Al-Muhtâj vol. VI hal. 351
3. Bughyah Al-Mustarsyidîn hal. 283
4. Faidlu Al-Qadir vol VI hal 135
5. Fath Al-Bari vol V hal 182
6. Raudlat At-Thalibin vol. I hal. 364
7. Syarhu An-Nawawi vol VII hal 234


1. روضة الطالبين وعمدة المفتين الجزء الاول صحـ 102


فرع وصل المرأة شعرها بشعر نجس أو بشعر آدمي حرام قطعا لأنه الانتفاع بشيء منه لكرامته بل يدفن شعره وغيره وسواء في هذين المزوجة وغيرها وأما الشعر الطاهر لغير الآدمي فإن لم تكن ذات زوج ولا سيد حرم الوصل به على الصحيح وعلى الثاني يكره وإن كانت ذات زوج أو سيد فثلاثة أوجه أصحها إن وصلت بإذنه جاز وإلا حرم والثاني يحرم مطلقا والثالث لا يحرم ولا يكره مطلقا وأما تحمير الوجنة فإن كانت خلية من الزوج أو السيد أو كان أحدهما وفعلته بغير إذنه فهو حرام وإن كان بإذنه فجائز على المذهب وقيل وجهان كالوصل وأما الخضاب بالسواد وتطريف الأصابع فألحقوه بالتحمير قال إمام الحرمين ويقرب منه تجعيد الشعر


2. تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء السادس صحـ 315


(فروع) ويحرم على المرأة وصل شعرها بشعر طاهر من غير آدمي ولم يأذنها فيه زوج أو سيد ويجوز ربط الشعر بخيوط الحرير الملونة ونحوها مما لا يشبه الشعر ويحرم أيضا تجعيد شعرها ووشر أسنانها وهو تحديدها وترقيقها والخضاب بالسواد وتحمير الوجنة بالحناء ونحوه وتطريف الأصابع مع السواد والتنميص وهو الأخذ من شعر الوجه والحاجب المحسن فإن أذن لها زوجها أو سيدها في ذلك جاز لأن له غرضا في تزينها له كما في الروضة وهو الأوجه وإن جرى في التحقيق على خلاف ذلك في الوصل والوشر فألحقهما بالوشم في المنع مطلقا -الى ان قال- هل يكره في غير المزوجة أو يحرم فيه نظر وقضية قول الشارح م ر فإن أذن لها زوجها أو سيدها في ذلك جاز الثاني ويؤيده أنها تجر به الريبة على نفسها


3. بغية المسترشدين صحـ 283


(مسئلة ى) ضابط التشبه المحرم من تشبه الرجال بالنساء وعكسه ما ذكروه في الفتح والتحفة والامداد وشن الغارة وتبعه الرملي في النهاية هو ان يتزيا احدهما مما يختص بالاخر او يغلب اختصاصه به في ذلك المحل الذي هما فيه


4. فيض القدير الجزء السادس صحـ 135


(من تشبه بقوم) أي تزيا في ظاهره بزيهم وفي تعرفه بفعلهم وفي تخلقه بخلقهم وسار بسيرتهم وهديهم في ملبسهم وبعض أفعالهم أي وكان التشبه بحق قد طابق فيه الظاهر الباطن (فهو منهم) وقيل المعنى من تشبه بالصالحين وهو من أتباعهم يكرم كما يكرمون ومن تشبه بالفساق يهان ويخذل كهم ، ومن وضع عليه علامة الشرف أكرم وإن لم يتحقق شرفه وفيه أن من تشبه من الجن بالحيات وظهر يصورتهم قتل وأنه لا يجوز الآن لبس عمامة زرقاء أو صفراء كذا ذكره ابن رسلان ، وبأبلغ من ذلك صرح القرطبي فقال : لو خص أهل الفسوق والمجون بلباس منع لبسه لغيرهم فقد يظن به من لا يعرفه أنه منهم فيظن به ظن السوء فيأثم الظان والمظنون فيه بسبب العون عليه ، وقال بعضهم : قد يقع التشبه في أمور قلبية من الاعتقادات وإرادات وأمور خارجية من أقوال وأفعال قد تكون عبادات وقد تكون عادات في نحو طعام ولباس ومسكن ونكاح واجتماع وافتراق وسفر وإقامة وركوب وغيرها وبين الظاهر والباطن ارتباط ومناسبة.


5. فتح الباري لابن حجر الجزء الخامس صحـ 182


قوله : (باب من أهل ملبدا) أي أحرم وقد لبد شعر رأسه ، أي جعل فيه شيئا نحو الصمغ ليجتمع شعره لئلا يتشعث في الإحرام أو يقع فيه القمل .


6. روضة الطالبين وعمدة المفتين الجزء الاول صحـ 364


واعلم أن الإمام الرافعي رحمه الله ترك مسائل مهمة تتعلق بالباب إحداها يكره القزع وهو حلق بعض الرأس سواء كان متفرقا أو من موضع واحد لحديث الصحيحين بالنهي عنه وقد اختلف في حقيقة القزع والصحيح ما ذكرته وأما حلق جميع الرأس فلا بأس به لمن لا يخف عليه تعاهده ولا بأس بتركه لمن خف عليه.


7. شرح النووي على مسلم الجزء السابع صحـ 234


قوله ( أخبرني عمر بن نافع عن أبيه عن ابن عمر أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن القزع قلت لنافع : وما القزع قال يحلق بعض رأس الصبي ويترك بعض وفي رواية أن هذا التفسير من كلام عبيد الله القزع بفتح القاف والزاي وهذا الذي فسره به نافع أو عبيد الله هو الأصح وهو أن القزع حلق بعض الرأس مطلقا ومنهم من قال هو حلق مواضع متفرقة منه والصحيح الأول لأنه تفسير الراوي وهو غير مخالف للظاهر فوجب العمل به وأجمع العلماء على كراهة القزع إذا كان في مواضع متفرقة إلا أن يكون لمداواة ونحوها وهي كراهة تنزيه ، وكرهه مالك في الجارية والغلام مطلقا ، وقال بعض أصحابه لا بأس به في القصة والقفا للغلام ومذهبنا كراهته مطلقا للرجل والمرأة لعموم الحديث . قال العلماء والحكمة في كراهته أنه تشويه للخلق وقيل لأنه أذى الشر والشطارة وقيل لأنه زي اليهود وقد جاء هذا في رواية لأبي داود . والله أعل

=====================

http://www.piss-ktb.com/.../513-fiqih-memasang-behel...

>> Masaji Antoro 

Hukumnya tidak Boleh

 ويحرم وصل الشعر وتفليح الاسنان والوشم لانه صلي الله عليه وسلم لعن فاعل ذلك والمفعول به

Hawaasyil Madaaniyyah II/59

LINK DISKUSI :

https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=615939581777133&refid=18&_ft_

0465. SEKELUMIT CERITA TENTANG YA'JUJ MA'JUJ

0 komentar
• Mbah Godek

Menanggapi pertanyaan dari member

Nur Shafa Alhuda Lilhaq 
Bz kah mnjelaskan tntang ya'juj n ma'juj ?? Apakh mreka akan muncul atw telah muncul ,,,,,?

----------------

Kami jawab

BERIKUT SEKELUMIT CERITA TENTANG YA'JUJ MA'JUJ

قال الحسن البصرى ان يأجوج ومأجوج أصلهم من ولد يافث بن نوح عليه السلام ويافث أبو الترك ويأجوج ومأجوج من الترك قال وهب بن منبه انما سمى الترك تركا لأن ذا القرنين لما بنى السد على يأجوج ومأجوج كان منهم جماعة غائبون لم يعلموا ببناء السد فتركوا خارج السد فسموا تركا وقال بعضهم ان يأجوج ومأجوج خلقوا من نطفة آدم حين فاض منيه لما أهبط الى الأرض فاختلطت تلك النطفة بالتراب فخلق الله تعالى منها يأجوج ومأجوج وليس هم من حواء فأنكر بعض العلماء هذا القول وقال انه ليس بصحيح. قال ابن عباس رضى الله عنهما ان يأجوج ومأجوج تسعة أجزاء والعالم جميعه جزء واحد ذكر صفاتهم قال السدى انهم على ثلاثة أصناف صنف كالنخل الطويل حتى قيل ان فيهم من طوله مائة وعشرون ذراعا وصنف منهم طوله وعرضه سواء يفترش احدى أذنيه ويلتحف بالأخرى فهذا الجنس لا يترك وحشا ولا ذا روح الا ويأكله ومن مات منهم أكلوه وصنف منهم فى غاية القصر فمنهم من طوله شبر وشبران لا يموت أحدهم حتى يرى له ألف ولد وهم لا يحصون لكثرتهم. وقيل فى الأخبار ان يأجوج ومأجوج يلحسون السد بألسنتهم حتى يروا منه شعاع الشمس اذا غربت ويقولون إذا نفتحه فيأتون اليه فى اليوم الثانى فيجدونه كما كان أولا فى الشدة والسمك وهذا دأبهم الى قيام الساعة فيلحسونه فى آخر الزمان اذا جاء الوعد ويقولون إذا نفتحه ويقولون ان شاء الله فلما يعودون فى اليوم الثانى يجدونه مفتوحا فيخرجون على الناس ويسيحون فى الأرض ويأكلون الأشجار ويشربون الأنهار ويرمون الناس بسهامهم ويفسدون على الناس معيشتهم ويأكلون زروعهم ويرسل الله عليهم الريح التى أهلك الله بها قوم عاد فيموتون فى ساعة واحدة وتنتن الأرض من جيفتهم فيرسل الله تعالى طيورا فتلتقطهم وتلقيهم فى البحر كما تقدم قال الثعلبى ان الناس يلتقطون أسلحتهم من الأرض ولا يزالون يلتقطون ذلك سبع سنين


Imam Hasan al-Bashri mengatakan asal Ya’juj Ma’juj adalah dari keturunan Yafits bin Nuh alaihissalam, sedangkan Yafits adalah bapak dari at-Turk dan Ya’juj Ma’juj berasal dari at-Turk.

Wahab bin Munabbih berkata :
Alasan at-Turk disebut dengan sebutan turk karena Dzul Qornain saat membangun dinding untuk memenjarakan Ya’juj Ma’juj ada sebagian kelompok dari golongan mereka (Ya’juj Ma’juj) yang tidak hadir dan mereka tidak mengetahui tentang dibangunnya dinding penjara, oleh karena itulah mereka ditinggalkan diluar dinding, lalu disebutlah mereka dengan sebutan turk (tertinggal).

Sebagian ulama mengatakan bahwa Ya’juj Ma’juj itu diciptakan dari air mani Adam ketika air maninya tertumpah saat Adam diturunkan ke bumi, kemudian bercampurlah air mani tersebut dengan debu, lalu Allah menciptakan ya'juj ma'juj dari debu yang bercampur mani Adam tersebut dan mereka bukan berasal dari ibu Hawa. Sebagian Ulama mengingkari pendapat ini dan menyatakan bahwa pendapat ini adalah pendapat yang tidak benar.

Ibnu Abbas radliyallahu’anhuma berkata :
bahwasannya Ya’juj Ma’juj itu terdiri atas Sembilan bagian sedangkan seluruh alam terdiri dari satu bagian yang telah disebutkan sifat-sifatnya.

Imam as-Saddi berkata :
bahwa Ya’juj Ma’juj terdiri dari tiga golongan. 
- Golongan pertama seperti pohon kurma yang tinggi, sehingga ada yang menyatakan bahwa diantara golongan ini ada yang tingginya 120 dziro’. 
- Golongan kedua memiliki tubuh yang tinggi dan lebarnya sama, mereka menggunakan salah satu daun telinganya sebagai alas tidur dan daun telinga lainnya sebagai selimut, jenis ini tidak pernah meninggalkan seekor buruan ataupun satu makhluk pun yang mempunyai nyawa, kecuali akan dimakan oleh mereka, jika diantara mereka ada satu yang mati , maka yang lain akan memakannya. 
- Golongan ketiga tubuhnya yang sangat pendek, sebagian mereka ada yang memiliki tubuh yang hanya satu jengkal atau dua jengkal, salah satu dari jenis ini tidak mati kecuali telah meninggalkan seribu anak, dan jenis ini tidak dapat diperkirakan jumlahnya karena terlalu banyak.

Dikatakan dalam sebuah kabar dikatakan bahwa Ya’juj Ma’juj menggerogoti dinding penjara (yang dibangun Dzul Qornain) dengan mulut-mulut mereka sampai mereka melihat sinar matahari tenggelam dari celah dinding tersebut lalu mereka berkata;
“sekarang kita telah membuka dinding penjara ini. "

Mereka lalu mendatangi dinding tersebut pada hari yang kedua, tapi mereka menemukan dinding tersebut kembali semula tertutup seperti sedia kala yang kokoh dan tebal, dan ini yang selalu mereka lakukan sampai datangnya hari kiamat.

Diakhir zaman nanti yaitu hari yang sudah dijanjikan, mereka kembali menggerogoti dinding lalu mereka berkata ;
" sekarang kita telah berhasil membuka dinding penjara ."

Mereka berkata :
" Jika Allah menghendaki ."

Kemudian mereka mendatangi kembali dinding tersebut pada hari kedua, dan memang benar mereka telah mendapati dinding tersebut benar-benar terbuka, kemudian mereka cepat-cepat keluar dan mendatangi manusia.
Mereka berjalan mengarungi segala penjuru bumi, memakan semua pepohonan, meminum semua air yang ada di sungai-sungai, melempari manusia dengan panah-panah, menghancurkan mata pencaharian manusia , dan memakan semua tanaman manusia.

Lalu Allah Ta’ala mengirimkan kepada mereka sebuah angin yang dulu pernah menghancurkan kaum ad, lalu matilah mereka semua seketika itu juga. bumi tercemari oleh bau busuk dari bangkai mereka, kemudian Allah Ta’ala mengutus burung-burung untuk mematuk bangkai mereka lalu melemparkannya ke dalam lautan, seperti keterangan yang telah lalu.

Imam ats-Tsa’labi berkata bahwa para manusia mengambil pedang-pedang mereka di seluruh penjuru bumi, tidak henti-hentinya memunguti pedang-pedang mereka tersebut sampai selama tujuh tahun.

bada'i izzuhur hal 100

 ....

قال الطبراني: حدثنا عبد الله بن محمد بن العباس الاصبهاني، حدثنا أبو مسعود أحمد بن الفرات حدثنا أبو داود الطيالسي، حدثنا المغيرة، عن مسلم، عن أبي إسحاق، عن وهب بن جابر عن عبد الله بن عمرو عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " إن يأجوج ومأجوج من ولد آدم ولو أرسلوا لافسدوا على الناس معائشهم ولن يموت منهم رجل إلا ترك من ذريته ألفا فصاعدا.وإن من ورائهم ثلاث أمم (تأويل وتاريس ومنسك) وهو حديث غريب جدا وإسناده ضعيف

Attabroni berkata :
saya diceritakan abdullah bin muhammad bin al-abbas al-asbihani,saya (abdullah) diceritakan abu mas'ud ahmad bin alfarrot,saya (abu mas'ud) diceritakan abu dawud dari attoyalisi,saya (abu dawud) diceritakan almughiroh dari muslim,dari abi ishaq dari wahab bin jabir dari abdullah dari amr dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :

" sesungguhnya ya'juj dan ma'juj itu dari anak cucu adam,umpama dilepas maka mereka akan merusak mata pencaharian manusia , tak ada satu pun dari mereka yang mati kecuali meninggalkan lebih dari 1000 anak cucu , mereka terdiri dari 3 golongan yaitu ta'wil,taris dan mansak ."

hadis diatas adalah hadis yang sangat langka dan sanadnya adalah dloif

البداية والنهاية (2/ 131

WALLOHU A'LAM

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/615568828480875/
Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page