0196: HUKUM WANITA PAKAI CELANA

0 komentar

PERTANYAAN




boleh ga sih wanita pake celana panjang,kya jeans gitu n smacamnya



JAWABAN


1. PrEman Berr Tassbíihh 


boleh asal tidak ketat


2. Baet Vespa Biru 


kalo di intip dari sudut etika,pakek gtuan kurang sopan,,!!
boleh2 aja asal menutup aurat & tidak mengundang si syahwat.(extraketat)


3. Zanzanti Yanti Andeslo


053. LAIN-LAIN: Wanita Memakai Celana


Cut Zavheera Berlindung PadaNya

PERTANYAAN

Assalamualaikum ustadz...benarkah muslimah diharamkan memakai celana panjang&hrs selalu memakai rok/gamis?krn jk pakai celana panjang dikatakan menyerupai laki2 (terlarang bg perempuan yg menyerupai laki2 begitu jg sebaliknya). Mhn penjelasannya. Terimakasih ^_^ 

JAWABAN

Waalaikumsalam......

Melihat bentuk celananya terlebih dahulu
  • Bila celana tersebut model celana yang khusus/kebanyakan di pakai pada kalangan wanita maka tidak terjadi tasyabbuh (penyerupaan) dengan laki-laki yang di haramkan.
  • Bila celana yang memang khusus di pakai untuk pria/kebanyakan pria maka berarti terjadi tasyabbuh (penyerupaan) dengan laki-laki yang di haramkan.
  • Bila bentuk celana tersebut masih sama umumnya dipakai oleh lelaki dan wanita juga masih tidak di katakan tasyabbuh

(مسألة : ي) : ضابط التشبه المحرم من تشبه الرجال بالنساء وعكسه ما ذكروه في الفتح والتحفة والإمداد وشن الغارة ، وتبعه الرملي في النهاية هو أن يتزيا أحدهما بما يختص بالآخر ، أو يغلب اختصاصه به في ذلك المحل الذي هما فيه.

Batasan penyerupaan yang di haramkan pada kasus penyerupaan orang laki-laki pada perempuan dan sebaliknya adalah apa yang diterangkan oleh Ulama Fiqh dalam kitab Fath aljawaad, Tuhfah, Imdaad dan kitab syun alghooroh. Imam Romli juga mengikutinya dalam kitab Annihaayah, Batasannya adalah

"bila salah satu dari lelaki atau wanita tersebut berhias memakai barang yang dikhususkan untuk lainnya atau pakaian yang jamak di gunakan pada tempat tinggal lelaki dan wanita tersebut".

Bughyah Almustarsyidiin 604

0195: ISTRI TAK WAJIB MENURUTI SUAMI JIKA DIMINTA ORAL

0 komentar



Menanggapi posting dari saudari Dwi Nur

---------------------

Dwi Nur

Ass.Wr Wb mau tanya nih , saya klu diajak berhubungan gak nolak,tp klu disrh menjilat brg suami,sy dak pernah mau,apakah itu dosa?mohon jawaban x

========

maka kami jawab

sebenarnya istri tidak wajib menuruti suami disaat suami minta oral bahkan yg mengatakan istri wajib menuruti suami untuk oral adalah jauh dari kebenaran bahkan salah dan jangan terbujuk pada pendapat yg mengatakan wajib menuruti

ﻣﺴﺄﻟﺔ: ﻟﻮ ﻃﻠﺐ ﻣﻦ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺍﻟﺼﻌﻮﺩ ﻋﻠﻰ ﺫﻛﺮﻩ ﻭﺣﺮﻛﺎﺗﻬﺎ، ﻗﺎﻝ القلعي ﻻ ﻳﻠﺰﻣﻬﺎ، ﻭﺧﻠﻔﻪ أﺑﻮ شكيل ﺣﻴﺚ ﻃﻠﺐ ﺫلك ـ إلى أن قال ـ ﻻ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺍلتمكين ﻣﻨﻬﺎ ﻭﻳﺴﻘﻂ ﺣﻘﻬﺎ ﺑﺎلإﻣﺘﻨﺎﻉ، ﺑﻞ ﻗﺪ قيل ﻟﻮ أﺭﺍﺩ أﻥ ﻳﺪﺧﻞ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻤﻬﺎ ﻭﺟﺐ ﻭﻫﻮ ﺑﻌﻴﺪ ﻗﺎﻟﻪ ﺣﻤﺰﺓ ﺑﻞ ﻏﻠﻂ ﻭﻻ ﻳﻐﺘﺮ ﺑﻪ

. بلغة الطلاب

0194: NABI YANG DIBUNUH UMATNYA

0 komentar
PERTANYAAN




Assalamu alaikum

tanya seputar tarikh

Nabi yg dibunuh umatnya itu siapa?
dan apa sebabnya?





JAWABAN



Mbah Godek 


wa alaikum salam

Nabi-nabi yg dibunuh umatnya adalah Nabi Zakariya dan Yahya

cerita singkat yg kami temui sperti ini

imam assaddi bercerita,Nabi yahya itu hidup dijaman salah satu raja dari raja2 bani isroil,,sang raja sangat kesemsem suka pada wanita2 cantik,,raja tersebut punya istri setengah tua yg punya anak cantik (anak tiri),dan raja tersebut ingin menikahinya disaat putri tersebut sudah besar,,lalu ibu tersebut menghiasi putrinya secantik mungkin terus dihadirkan dihadapan raja,lalu ibu tersebut berkata nikahilah ia,llu raja berkata,saya mau minta pendapat dulu dengan yahya,apakah boleh atau tidak,lalu raja bertanya pada yahya kemudian yahya menjawab,wanita ini tidak halal bagimu,dan kamu tidak boleh menikahinya karena ia adalah mahrom bagimu lalu sang raja marah,lalu ibu tadi berkata nikahilah ia,dan jika engkau tidak membunuh yahya maka aku tidak akan mau bersamamu lalu raja memberi perintah untuk membunuh yahya,dan para punggawa2/pembesar bani isroil berkata pada raja,jika tetesan darah yahya sampai jatuh dibumi maka padi selamanya tidak akan bisa tumbuh dibumi ini
Al-azizi berkata,disaat raja mendengar ucapan para pembesar bani isroil maka raja menyediakan baskom dari tembaga lalu raja mmberi perintah untuk menyembelih yahya,disaat yahya disiapkan untuk disembelih,,beliau pasrah pada qodlo' Allah dan tak berucap sepatah katapun,kemudian yahya disembelih pada baskom tersebut dan tiada darah yg bisa menetes dibumi

disaat nabi yahya sudah disembelih
mereka mencari Nabi zakaria tuk sekalian disembelih
lalu Nabi zakaria lari sampai tidak diketahui siapapun kecuali sebuah pohon lalu pohon tersebut terbelah jadi 2 kemudian Nabi zakaria masuk didalamnya lalu pohon itu kembali menutup dan seperti sedia kala,,dikala mereka mengejar dan tidak menemuinya maka iblis datang pada mereka dengan menyamar sebagai orang tua renta lalu berucap Zakaria ada didalam pohon ini,,lalu sang raja ambil gergaji dan memotong pohon tersebut
imam assaddi berkata disaat gergaji sampai pada leher Zakaria maka ia menjeri t" ooohhh/aahhh" (kesakitan) lalu malaikat jibril mendatanginya dan berucap wahai zakaria sesungguhnya Allah berfirman jika engkau berucap aaahh satu kali lagi maka Allah akan menghapusmu dari daftar kenabian / kantor para Nabi,,lalu zakaria diam dan sabar menerima cobaan sehingga tubuhnya terbelah 2
menurut attsa'labi Nabi zakaria berumur kira2 300 tahun dan ada yg berpendapat lagi umurnya kurang dari 300 tahun
Imam Assaddi berkata pohon yg dibelah bersama Nabi Zakaria adalah terletak di tanah Nabilas lalu Nabi zakaria disemayamkan disana,,kemudian dipindah ke tanah Halab yg mana makam Nabi zakaria masyhur disana sampai sekarang ini

Imam assaddi berkata.sesungguhnya Nabi Yahya bin Zakariya disembelih dipalestina,jasadnya dikubur disana ,kepalanya dibawa ke syam dan dikubur disana,sedangkan lengannya dikubur dibairut dan kakinya dikubur di tanah shidan
Atssa'labi berkata Nabi Yahya bin Zakariya wafat berumur 75 tahun

بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 118،
المؤلف: جلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي

قال السدى ان يحيى كان في زمن ملك من ملوك بني إسرائيل وكان ذلك الملك مغرما بحب النساء الحسان وكان للملك زوجة قد طعنت في السن وكان لها بنت من غير الملك جميلة فأراد أن يتزوج بغيرها عندما كبر سنها فعمدت الى تلك البنت وزينتها بأحسن زينة وأحضرتها بين يدي الملك وقالت له تزوج بها فقال لها حتى نسأل يحيى بن زكريا هل يجوز ذلك أم لا فأحضر يحيى وسأله عن ذلك فقال له تحل لك ولا يجوز وانها محرمة عليك فغضب منه الملك فقالت له زوجته ان لم تقتل يحيى والا فلا أقيم عندك فأمر الملك بقتل يحيى فقالت علماء بني اسرائيل للملك ان وقع من دم يحيى قطرة على الأرض لم ينبت فيها الزرع أبدا قال العزيزى لما سمع الملك ما قالته العلماء أحضر طستا من نحاس وأمر بذبح يحيى فلما قدموه للذبح استسلم لقضاء الله ولم يتكلم بكلمة واحدة فذبحه فى ذلك الطست النحاس ولم ينزل من دمه شئ على الأرض فلما ذبحه طلب أباه زكريا ليذبحه أيضا فهرب منه لم ير في وجهه إلا شجرة فقال لها أيتها الشجرة أجيري نبي الله زكريا من القتل فانشقت الشجرة نصفين فدخل زكريا في جوفها وانطبقت عليه كما كانت فلما تتبعوه ولم يجدوه فجاء اليهم ابليس اللعين في صفة شيخ زاهد وقال لهم ان زكريا قد دخل في جوف هذه الشجرة فأحضر الملك منشارا ونشر به تلك الشجرة قال السدى لما بلغ المنشار رأس زكريا صاح آه فنزل اليه جبرائيل وقال له يا زكريا ان الله تعالى يقول لك لئن قلت بعد ذلك آه مرة أخرى ليمحونك من ديوان الأنبياء فسكت زكريا وصبرعلى البلاء حتى نشروه نصفين وهو لايتكلم فاعلم أن الأنبياء أشد بلاء من جميع الناس قال الثعلبي مات زكريا وله من العمر نحو ثلثمائة سنة وقيل دون ذلك والله أعلم قال السدى ان الشجرة التي نشر فيها زكريا كانت بنابلس ودفن هناك ثم نقل من بعد ذلك الى حلب وقبره مشهور بها الآن قال السدى ان يحيى بن زكريا ذبح بفلسطين ودفنت جثته بها ورأسه حمل الى الشام ودفن وذراعه دفن في بيروت ورجله في صيدا صلوات الله عليهما قال الثعلبي مات يحى بن زكريا وله من العمر خمس وتسعون سنة

WALLOHU A'LAM



LINK DISKUSI: https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/588210104550081/

0193: SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG PEMBAGIAN MATI SYAHID,TANDA-TANDA HUSNUL KHOTIMAH DAN ORANG-ORANG YANG TAK BUSUK MAYATNYA

0 komentar



:: SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG PEMBAGIAN MATI SYAHID,TANDA-TANDA HUSNUL KHOTIMAH DAN ORANG-ORANG YANG TAK BUSUK MAYATNYA ::

نهاية الزين (ص: 160)

( و )
أما الشهيد فهو ثلاثة أقسام لأنه إما شهيد الآخرة فقط فهو كغير الشهيد وذلك كالمبطون وهو من قتله بطنه بالاستسقاء أي اجتماع ماء أصفر فيه أو بالإسهال والغريق وإن عصي في الغرق بنحو شرب خمر دون الغريق بسير سفينة في وقت هيجان الريح فإنه ليس بشهيد والمطعون ولو في غير زمن الطاعون أو بغيره في زمنه أو بعده حيث كان صابرا محتسبا والميت عشقا بشرط الكف عن المحارم حتى عن النظر بحيث لو اختلى بمحبوبه لم يتجاوز الشرع وبشرط الكتمان حتى عن معشوقه والميتة طلقا ولو من زنا إذا لم تتسبب في إسقاط الولد
والمقتول ظلما ولو بحسب الهيئة كمن استحق القتل بقطع الرأس فقتل بالتوسط مثلا والغريب وإن عصي بغربته كآبق وناشزة والميت في طلب العلم ولو على فراشه والحريق والميت بهدم وكذا من مات فجأة أو في دار الحرب قاله ابن الرفعة وكذا المحدود سواء زيد على الحد المشروع أم لا وسواء سلم نفسه لاستيفاء الحد منه تائبا أم لا قاله الشبراملسي
ومعنى الشهادة لهم أنهم { أحياء عند ربهم يرزقون } آل عمران الآية 169 قاله الحصني

Syahid itu terbagi menjadi tiga , adakalanya :

A. SYAHID AKHIRAT SAJA

Antara lain :

1.Orang yang " sakit perut " , yaitu orang yang mati karena sakit perut,baik berupa busung air (perutnya dipenuhi cairan kuning) atau sebab urus-urus (mencret) .

2.Orang yang " mati tenggelam " , meskipun tenggelamnya disebabkan maksiat,dengan meminum miras misalnya .
Bukan orang yang tenggelam disebabkan naik perahu atau kapal laut diwaktu angin ribut,orang yang tenggelam dengan cara seperti ini bukan termasuk syahid .

3.Orang yang mati sebab penyakit " tho'un " , meskipun tidak pada waktu mewabahnya penyakit tho'un atau dengan sebab selain tho'un namun pada waktu mewabahnya tho'un atau setelahnya dengan syarat bersabar dan mengharap pahala dari Alloh SWT .

4.Orang yg mati disebabkan " rindu membara " dengan syarat menjaga diri dari hal-hal yg diharamkan meskipun dari hanya sekedar melihat orang yg dicintai,seandainya ia berduaan dengan orang yg dicintai tidak akan melanggar norma-norma syar'i,selain itu juga bisa menyimpan rindu membaranya,sampai2 pada orang yang dicintai pun ia tidak pernah memperlihatkannya .

5.Wanita yang mati karena " sakit melahirkan " meskipun hasil dari perzinaan dengan syarat tidak bermaksud untuk menggugurkan kandungannya (aborsi) .

6.Orang yang " dibunuh secara dzolim " , meskipun dengan hanya melihat keadaannya saja.Misalkan orang yg sebenarnya harus dihukum dengan memancung kepalanya kemudian ia dibunuh dengan membelah badannya .

7.Orang " mati dalam pengembaraan " meskipun pengembaraannya itu tergolong maksiat,misalnya budak yang pergi tanpa pamit dan juga istri yang pergi karena nusyuz (ngambek) pada suaminya .

8.Orang yang " mati pada waktu mencari ilmu " meskipun berada ditempat tidurnya .

9.Orang yang mati " terbakar api ".

10.Orang yang " mati karena robohnya bangunan " .

11.Begitu juga orang yang " mati mendadak atau di negri musuh " seperti keterangan yang telah dikomentarkan Ibnu Rif'ah .

12.Begitu juga termasuk syahid akhirat adalah orang yang " mati dengan sebab dihad (dihukum) " , baik pelaksanaan tersebut melebihi ketentuan ataupun tidak,berdasarkan kemauan sendiri (taubat) ataupun tidak seperti yg dikomentarkan Assyibromilsi .

Pengertian syahid bagi mereka adalah bahwa sesungguhnya :

أحياء عند ربهم يرزقون

Bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezki.
[ QS. Ali imron : 169 ]

Demikian ini dikomentarkan Alhusni :

---------
نهاية الزين (ص: 161)

واما شهيد الدنيا فقط فهو من قتل في قتال الكفار بسببه وقد غل في الغنيمة أو قتل مدبرا على وجه غير مرضي شرعا أو قاتل رياء أو نحوه
واما شهيد الدنيا والآخرة معا فهو من قتل كذلك لكن قاتل لتكون كلمة الله هي العليا ومراد الفقهاء أحد هذين الأخيرين وحكمهما أنه يجب الدفن

B .SYAHID DUNIA SAJA

Yaitu orang yang terbunuh diwaktu pertempuran melawan orang-orang kafir dengan sebab perang dan tergiur pada harta jarahan atau terbunuh sebab berpaling pada arah yang tak diridloi syara' atau bertempur karena riya' dan sebagainya .

C. SYAHID DUNIA AKHIRAT

Yaitu orang yang terbunuh dalam pertempuran melawan orang-orang kafir tapi bertempurnya untuk menjunjung tinggi kalimah Alloh yang luhur .
Dan yang dikendaki ulama' ahli fiqih (pembahasan syahid) yaitu salah satu dari dua keterangan yang akhir (syahid dunia saja dan syahid dunia akhirat) dan hukum mereka adalah hanya wajib dikuburkan saja .

------------------------------------

TANDA-TANDA MAYYIT YANG KHUSNUL KHOTIMAH DAN SU'UL KHOTIMAH

نهاية الزين (ص: 147)

ومن علامات السعادة عند الموت عرق الجبين وذرف العين وانتشار المنخر
روي عن سلمان الفارسي رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ارقبوا الميت عند موته ثلاثا
إن رشح جبينه وذرفت عيناه وانتشر منخراه فهو رحمة من الله قد نزلت به وإن غط غطيط البكر المخنوق وأخمد لونه وأزبد شدقاه فهو عذاب من الله قد حل به
وقد تظهر العلامات الثلاث وقد تظهر واحدة أو ثنتان بحسب تفاوت الناس في الأعمال
وأما علامة ذلك في حال الصحة فتوفيقه للعمل بالسنة على قدر الطاقة

Termasuk tanda-tanda kebahagiaan ketika kematian tiba adalah :
- Dahinya berkeringat
- Air matanya bercucuran
- Lubang hidungnya mengembang

Diriwayatkan dari Salman Alfarisi RA.ia berkata , aku mendengar Rosululloh SAW bersabda :

" Telitilah keadaan mayit ketika maut menjemputnya,apabila dahinya berkeringat,air matanya bercucuran dan lubang hidungnya mengembang,maka Rahmat Alloh telah turun kepadanya.
Dan apabila mengeluarkan suara seperti suara anak unta tercekik,atau warna kulitnya berubah kebiru-biruan atau mengeluarkan buih dari kedua rahangnya maka adzab Alloh sungguh telah menimpa dirinya ."
Ketiga tanda-tanda ini terkadang nampak semua atau dengan satu atau dua saja .
Memandang sedikit banyaknya manusia dalam berprilaku/ beramal .
Adapun tanda-tanda diatas ketika dalam keadaan sehat maka itu adalah taufik untuk melakukan amal kesunahan sekuat tenaga .
-------------------
LIMA ORANG YANG TIDAK AKAN MEMBUSUK MAYATNYA

إعانة الطالبين (3/ 133)

لا تأكل الأرض جسما للنبي ولا........ لعالم وشهيد قتل معترك
ولا لقارىء قرآن ومحتسب........ أذانه لاله مجرى الفلك

Bumi enggan memakan jasad para nabi,orang alim,orang yg syahid,orang yg hafal Al-qur'an dan muaddzin yg meng-ikhlaskan adzannya untuk Allloh dzat yang menjalankan peredaran bintang-bintang di cakrawala .

Wallaahu A'lam 

0192: MANFAAT JAMBU BIJI

0 komentar



    • BISMILLAAH

      Mudah2an ada manfaatnya.

      oleh : Brojol Gemblung

      ADA APA DENGAN JAMBU BIJI...

      ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ : ﺇﺣﻴﺎﺀ ﻋﻠﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ
      ﺍﻟﻤﺆﻟﻒ : ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﺃﺑﻮ ﺣﺎﻣﺪ 

      ﻭﺭﻭﻯ ﻓﻲ ﺧﺒﺮ ﺁﺧﺮ ﺃﻥ ﻧﺒﻴﺎ ﻣﻦ ﺍﻷﻧﺒﻴﺎﺀ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺷﻜﺎ ﻋﻠﺔ ﻳﺠﺪﻫﺎ ﻓﺄﻭﺣﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﻞ ﺍﻟﺒﻴﺾ
      ﻭﺷﻜﺎ ﻧﺒﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻀﻌﻒ ﻓﺄﻭﺣﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﻞ ﺍﻟﻠﺤﻢ ﺑﺎﻟﻠﺒﻦ ﻓﺎﻥ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻘﻮﺓ ﻗﻴﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻀﻌﻒ ﻋﻦ ﺍﻟﺠﻤﺎﻉ
      ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻯ ﺃﻥ ﻗﻮﻣﺎ ﺷﻜﻮﺍ ﺇﻟﻰ ﻧﺒﻴﻬﻢ ﻗﺒﺢ ﺃﻭﻻﺩﻫﻢ ﻓﺄﻭﺣﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﺮﻫﻢ ﺃﻥ ﻳﻄﻌﻤﻮﺍ ﻧﺴﺎﺀﻫﻢ ﺍﻟﺤﺒﻠﻰ ﺍﻟﺴﻔﺮﺟﻞ ﻓﺎﻧﻪ ﻳﺤﺴﻦ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻭﻳﻔﻌﻞ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻭﺍﻟﺮﺍﺑﻊ ﺇﺫ ﻓﻴﻪ ﻳﺼﻮﺭ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺍﻟﻮﻟﺪ 

      Diriwayatkan dalam Hadits yg lain, sesungguhnya diantara para Nabi mengadukan kondisinya kepada Allah, kemudian Allah menurunkan wahyu : "makanlah telur".
      Dan Nabi yg lain mengadu merasa lemah. Kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya : "makanlah daging dicampur susu, karena keduanya mengandung kekuatan". Dikatakan bahwa yg dimaksud dg lemah itu lemah dari berjima'.
      Dan sungguh telah diriwayatkan pula, bahwa suatu kaum mengadu kepada para Nabi mereka, perihal anak–anak mereka yg buruk rupa, kemudian Allah menurunkan wahyu : "perintahkan kepada mereka untuk memberi makan istri-istri mereka yg hamil dg buah safarjal (jambu biji)". Karena hal itu akan menyebabkan anak-anak terlahir dg wajah rupawan, dan hendaknya dilakukan pada bulan kehamilan ketiga dan ke empat. Sebab pada saat itu Allah sedang menggambar rupa si anak.
      _______________________
      http://www.islamport.com/w/­akh/Web/2805/1444.htm

      ﻋَﻦْ ﻃَﻠْﺤَﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺩَﺧَﻠْﺖُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﻭَﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺳَﻔَﺮْﺟَﻠَﺔٌ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﺩُﻭﻧَﻜَﻬَﺎ ﻳَﺎ ﻃَﻠْﺤَﺔُ ﻓَﺈِﻧَّﻬَﺎ ﺗُﺠِﻢُّ ﺍﻟْﻔُﺆَﺍﺩَ

      Dari Thalhah ra, Beliau mengatakan: aku menemui Nabi saw. Ditangan beliau ada buah safarjal. Kemudian beliau bersabda: Makanlah ini, karena buah ini bisa melembutkan hati.”(HR. Ibnu Majah no.3494

      219 ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺻﺎﻟﺢ ﺛﻨﺎ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺃﻳﻮﺏ ﺣﺪﺛﻨﻲ ﺃﺑﻲ ﻋﻦ ﺟﺪﻱ ﻋﻦ ﻣﻮﺳﻰ ﺑﻦ ﻃﻠﺤﺔ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻗﺎﻝ : ﺃﺗﻴﺖ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﻭﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﺳﻔﺮﺟﻠﺔ ﻳﻘﻠﺒﻬﺎ ﻓﻠﻤﺎ ﺟﻠﺴﺖ ﺇﻟﻴﻪ ﺩﺣﻰ ﺑﻬﺎ ﻧﺤﻮﻱ ﺛﻢ ﻗﺎﻝ : ﺩﻭﻧﻜﻬﺎ ﺃﺑﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺗﺸﺪ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻭﺗﻄﻴﺐ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺗﺬﻫﺐ ﺑﻄﺨﺎﻭﺓ ﺍﻟﺼﺪﺭ.

      http://islamport.com/w/mtn/­Web/2989/243.htm

      http://huda-sarungan.blogspo­t.com/2013/03/622-ada-apa-dengan-jambu-biji.html

0191: NIKAH PERAWAN

0 komentar



  • Assalamu alaikum poro sedulur KISS

    --Rabi Perawan; Enak tennan~~!

    عليكم بالأبكار فانهن أعذب أفواها وأنتق أرحاما وأرضى باليسير.عن جابر

    .الجامع الصغير 1ص 63


    Keterangan nya,
    Hendaklah kalian menikah dengan perempuan yang Masih GADIS ,
    Karena sesungguh nya mereka lebih manis tutur katanya,dan lebih produktif kandungan nya,dan lebih menerima seadanya,

    والله أعلم بالصواب

0190: SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG PETIR,KILAT DAN HALILINTAR

0 komentar



SEKELUMIT KETERANGAN TENTANG
PETIR,KILAT DAN HALILINTAR

وان قيل ماحقيقة الرعد والبرق والصاعقة؟
فإن الفلاسفة المتأخرين يقولون إنها ناشئة عن عمل القوة الكهربائية المتكونة فى السحاب وأقاموا على ذلك فى كتبهم الدلائل من نوع قياس الغيب على الشاهد قلنا اختلف علماء الاسلام المتقدمون فى ذلك فقال بعضهم الرعد ملك موكل بالسحاب يسوقه حيث شاء الله تعالى والصوت المسموع صوته ويسمى رعدا ايضا وبيده مخاريق من نار يسوق بها السحاب
والبرق ما ينقدح من تلك المخاريق وإذا اشتد غضبه طارت من فمه نار هى الصاعقة واستند اصحاب هذا القول الى حديث احادى روى فى ذلك

?jika ditanya apa hakikat petir,kilat dan halilintar
maka para filsafat kuno berpendapat bahwa petir timbul dari kerjaan kekuatan listrik yg ada diawan,dan mereka telah menerapkan bukti pendapat tersebut pada buku2 dari bentuk pengqiyasan ghoib pada perkara yg nyata
kami menjawab ulama' islam kuno terjadi perbedaan pendapat dalam hal ini,sebagian ulama berpendapat bahwa petir adalah malaikat yang bertugas diawan dan menggiringnya kapan Allah berkehendak
sedangkan suara yg terdengar adalah suaranya malaikat tersebut yg juga dinamakan petir,ditangan malaikat tersebut ada cemeti dari api untuk mengggiring awan
sedangkat kilat adalah sesuatu yang menyengat dari cemeti api tersebut dan ketika malaikat tersebut sudah memuncak murkanya maka mulutnya mengeluarkan api yg bernama halilintar..dan yg berpendapat ini telah berpegangan pada hadis ahadi yg menceritakan tentang hal tersebut

ALHUSUNUL HAMIDIYYAH hal 186-187

----------

ونقل الشافعي في الام عن الثقة عن مجاهد أن الرعد ملك والبرق أجنحته يسوق بها السحاب، وعلى هذا فالمسموع صوته
أو صوت سوقه على اختلاف فيه وإطلاق ذلك على الرعد مجاز
وروى أنه صلى الله عليه وسلم قال بعث الله السحاب فنطقت احسن النطق وضحكت احسن الضحك فالرعد نطقها والبرق ضحكها اى لمعان النور فيها عند ضحكها وعلى هذا فالمسموع نفس الرعد
قال السيوط فى الإتقان اخرج ابن ابى حاتم عن محمد بن مسلم قال بلغنا ان الرعد ملك له اربعة وجوه وجه انسان ووجه ثور ووجه نسر ووجه أسد فإذا مصع بذنبه فذلك البرق
والله اعلم بحقيقة الأشياء

Assyafii didalam kitab AL-UM mengutip pendapat imam mujahid dari seseorang yg tsiqoh (bisa dipercaya) bahwa sesungguhnya petir adalah malaikat sedangkan kilat adalah sayap-sayap yg digunakan menggiring awan,menurut keterangan ini,suara yg terdengar adalah suara malaikat atau suara penggiringan awan.dalam hal ini memang terjadi khilaf,dan memutlakkan kata petir dengan arti suara yg terdengar merupakan bentuk kata majaz
Diriwayatkan bahwa Rosululloh SAW. bersabda,Allah telah mengutus awan kemudian berkata-kata dengan sebaik-baiknya perkataan dan tertawa dengan sebaik-baiknya tertawa,dengan demikian petir adalah ucapannya sedangkan kilat adalah tertawanya (kilatan sinar yg nampak ketika tertawa).mengikuti keterangan ini berarti yg terdengar adalah suara petir itu sendiri
Assuyuti dalam kitab AL-ITQON mengatakan bahwa ibnu Abi hatim meriwayatkan dari muhammad bin maslam,ia berkata,telah sampai padaku bahwa sesungguhnya petir itu punya 4 wajah.yaitu wajah manusia,wajah sapi,wajah burung garuda dan wajah singa,dan ketika menggerak-gerakkan ekornya maka itulah yg bernama kilat

Wallohu a'lam pada hakikatnya setiap sesuatu

ALBAJURI juz 1 hal 236

0189: SENGGAMA DIDALAM AIR

0 komentar

PERTANYAAN





ada efek negatip nya gak yah apabila kita melakukan hubungan seks di dalam air?





JAWABAN




Budi Pras Setyo 


Secara medis hubungan seksual yang dilakukan di air sebenarnya aman-aman saja. "Apalagi secara alami vagina dapat memproteksi kuman yang ada dalam air agar tidak terbawa masuk," kata dokter rehabilitasi medik dan konsultan seksologi yang berpraktik di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur ini.

Justru air secara tidak langsung akan bermanfaat untuk membersihkan tubuh, termasuk organ intim. Sayangnya, selama ini ada persepsi yang kurang tepat tentang dampak buruk dari aktivitas seksual dalam air. Yang dimaksud adalah kemungkinan terjadinya emboli, alias sumbatan dalam pembuluh darah. "Itu tidak benar," tukas Ferryal, "Emboli akan mungkin terjadi bila hubungan seksual dilakukan saat wanita sedang menstruasi karena saat itu mulut rahim dalam keadaan terbuka."

Tipis peluang terjadi kehamilan
Sebagai variasi, bercinta di air jelas bisa membangkitkan gairah untuk hubungan selanjutnya. Meski begitu, Ferryal mengingatkan, "Variasi ini sebaiknya tidak dilakukan pasangan yang mendambakan kehamilan."

Pasalnya, saat berada dalam air, secara alami vagina akan memproteksi agar tidak ada kuman yang masuk. Kondisi tersebut dapat menyebabkan sperma pun "ditolak". Kalau sudah begini, peluang terjadinya pembuahan memang sangat kecil.

http://female.kompas.com/.../Amankah.Bercinta.di.Dalam.Air.



LINK DISKUSI: https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/586750564696035/

0188: KHASIAT RUMPUT FATIMAH

0 komentar

PERTANYAAN




Kang Malik

ada yg tau ga, mengenai rumput fatimah yah? ktanya bagus buat ibu yg mau melahirkan? tp ada yg bilang ga bagus? minta info nya doong..



JAWABAN



Kanjeng Mami 


Petaka si Cantik Fatimah (True Story).

26 September 2013 pukul 8:34

Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story)



Catatan: Dr. Suryo Bawono, SpOG







Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang.



Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah.



Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan.



Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui.



Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin.



Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah.



Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang.



Semoga kita semua yang ikut menyebarkan tulisan ini tidak mengalami hal yang serupa. Amin





http://mybabyprogram.com/.../



Profile Nara Sumber:

http://mybabyprogram.com

http://drsuryobawono.wordpress.com

http://suryobawono.com

https://www.facebook.com/msuryo.bawono



Tambahan Info Dari Situs Lain



Studi ilmiah menyebutkan, rumput fatimah ini hanya boleh dikonsumsi ketika sudah dekat waktu melahirkan, yakni ketika pembukaan sudah di atas enam, bukan pada saat pecahnya air ketuban.



Jika Rumput Fatimah dikonsumsi sebelum pembukaan enam akan terjadi kontraksi yang abnormal, yang justru bisa sangat berbahaya bagi ibu yang hendak melahirkan.



Dampak terburuknya bisa terjadi robekan pada dinding rahim dan perdarahan yang hebat dan tidak bisa terhentikan.



Karenanya, meskipun pada beberapa kasus sangat membantu proses persalinan, sebaiknya berhati-hati ketika hendak mengkonsumsi rumput fatimah ini. Upayakan berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu tentang konsumsinya.



http://www.nu.or.id/...



Tambahan Catatan dari salah seorang Akademisi Kebidanan



Nissa Asysyifa: Rumput fatimah memiliki efek memberikan stimulasi kontraksi. Jika diberikan saat bayi msh dalam kandungan dalam dosis yang tidak tepat akan mengakibatkan rupture/robek jalan lahir, denyut jantung janin/DJJ meningkat, lebih parahnya bisa mengakibatkan kematian pada janin.



Jika diberikan pada saat bayi sudah lahir akan sangat membantu untuk menghentikan perdarahan karena kontraksi saat selesai bersalin sangat diperlukan.






Nissa Asysyifa


hmmmm.... begini ya ibu2, rumput fatimah ini mengandung oksitosin yaitu zat yang digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim. hanya sj rumput fatimah ini tdk tau jumlah dosisnya berapa,, semakin lama air rendaman rumput fatimah ini maka efek obat oksitosinnya pun makin kuat.
jika di berikan pada saat pembukaan belum lengkap... dlm hal ini pembukaan itu ada 1-10cm. di berikan saat msh 3cm misalnya,,, maka efek dr rumput fatimah ini bs bahaya bagi janin dan ibu sndr.... karena kontraksi yg trjadi itu brsifat terus menerus tanpa jeda,,,, alaminya kontraksi itu ada jedanya bu,,,
jk rahim terus brkontraksi terus menerus maka bkn cepat lahir yg trjadi justru malah ruptur/robek jalan lahir ataupun mulut rahim.... akibatnya bs perdarahan. detak jantung janin makin kuat,,, dan bs berakibat kematian janin.

namun jk d berikan pd pembukaan di atas 7cm dlm dosis trtentu bs membantu,, tp biasanya ibu akan mengalami kesakitan yg luar biasa karena rumput fatimah ini sprt yg sy katakan td mengandung oxitosin yg mampu merangsang kontraksi terus menerus tanpa jeda.... kasian ibunya sbnrnya...
tanpa oksitosinpun sbnrnya kontraksi itu sdh ada bu,,, hanya sj kdg kita tdk sabar sehingga memakai perangsang sprt rumput fatimah ini...



LINK DISKUSI: https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/587785991259159/

0187: BATAL WUDLU SEBAB PERSENTUHAN KULIT BEDA JENIS

0 komentar

  • PERTANYAAN




    Ikhsan Sas Al-manzis


    ASSALAMU'ALAIKUM

    INI DA UNEK2 SEDIKIT DARI GRUB"TANYA JAWAB ILMU FIQIH"

    BGAIMNA HUKUM SUAMI MENYENTUH KULIT ISTRI??
    1.BATAL WUDHUK??
    2.TIDAK??

    DALAM KITAB AL-UMM IMAM SYAFE'I MENGATAKAN BATAL.



    JAWABAN


    Mentari Dalam Hujan

     Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh, Menurut madzhab Syafi'i, persentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan yang tidak terdapat hubungan mahrom diantara keduanya dan dilakukan dengan tanpa ada penghalang itu membatalkan wudhu, termasuk persentuhan kulit antara suami dan istri.

    Ibarot :
    Fathul Qorib, Hal : 39-40

    ﻓﺼﻞ : ﻓﻲ ﻧﻮﺍﻗﺾ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ، ﺍﻟﻤﺴﻤﺎﺓ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺄﺳﺒﺎﺏ
    ﺍﻟﺤﺪﺙ. )ﻭﺍﻟﺬﻱ ﻳﻨﻘﺾ( ﺃﻱ ﻳﺒﻄﻞ )ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺳﺘﺔ
    ﺃﺷﻴﺎﺀ ( - ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ) - ﻭ ( ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ )ﻟﻤﺲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ
    ﺍﻷﺟﻨﺒﻴﺔ( ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﻭﻟﻮ ﻣﻴﺘﺔ. ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﺮﺟﻞ
    ﻭﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺫﻛﺮ ﻭﺃﻧﺜﻰ ﺑﻠﻐﺎ ﺣﺪ ﺍﻟﺸﻬﻮﺓ ﻋﺮﻓﺎ؛ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ
    ﺑﺎﻟﻤﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺣﺮﻡ ﻧﻜﺎﺣﻬﺎ ﻷﺟﻞ ﻧﺴﺐ ﺃﻭ ﺭﺿﺎﻉ ﺃﻭ
    ﻣﺼﺎﻫﺮﺓ . ﻭﻗﻮﻟﻪ : )ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﺎﺋﻞ ( ﻳﺨﺮﺝ ﻣﺎ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ
    ﻫﻨﺎﻙ ﺣﺎﺋﻞ ﻓﻼ ﻧﻘﺾ ﺣﻴﻨﺌﺬ

    Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 1 Hal : 62-63

    ﻭﻳﻨﺘﻘﺺ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺑﺨﻤﺴﺔ ﺃﺷﻴﺎﺀ : - ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ-
    ﻟﻤﺲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺃﻭ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺍﻷﺟﻨﺒﻴﺔ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﺎﺋﻞ،
    ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻨﺘﻘﺾ ﻭﺿﻮﺅﻩ ﻭﻭﺿﻮﺅﻫﺎ ﻭﺍﻷﺟﻨﺒﻴﺔ ﻫﻲ ﻛﻞ
    ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻳﺤﻞ ﻟﻪ ﺍﻟﺰﻭﺍﺝ ﺑﻬﺎ. ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﺑﻴﺎﻥ
    ﻣﻮﺟﺒﺎﺕ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ) : ﺃﻭ ﻻﻣﺴﺘﻢ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ( ]ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ :
    .[42 ﺃﻱ ﻟﻤﺴﺘﻢ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﻣﺘﻮﺍﺗﺮﺓ

    Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah Al-
    Kuwaitiyyah, Juz : 17 Hal : 117

    ﺍﻟﺘﻘﺎﺀ ﺑﺸﺮﺗﻲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻭﺍﻟﻤﺮﺃﺓ
    ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ
    ﻟﻤﺲ ﺑﺸﺮﺗﻲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻭﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺣﺪﺙ ﻳﻨﻘﺾ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ
    ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﻠﺔ، ﻟﻜﻦ ﺗﺨﺘﻠﻒ ﻋﺒﺎﺭﺍﺗﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻭﻁ
    ﻭﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻞ
    ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ : ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻨﻘﺾ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻤﺲ
    ﺑﻌﻀﻮ ﺃﺻﻠﻲ ﺃﻭ ﺯﺍﺋﺪ ﻳﻠﺘﺬ ﺻﺎﺣﺒﻪ ﺑﻪ ﻋﺎﺩﺓ، ﻭﻟﻮ ﻟﻈﻔﺮ
    ﺃﻭ ﺷﻌﺮ ﺃﻭ ﺳﻦ، ﻭﻟﻮ ﺑﺤﺎﺋﻞ ﺧﻔﻴﻒ ﻳﺤﺲ ﺍﻟﻼﻣﺲ
    ﻓﻮﻗﻪ ﺑﻄﺮﺍﻭﺓ ﺍﻟﺠﺴﺪ، ﺇﻥ ﻗﺼﺪ ﺍﻟﻠﺬﺓ ﺃﻭ ﻭﺟﺪﻫﺎ ﺑﺪﻭﻥ
    ﺍﻟﻘﺼﺪ، ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﻭﻣﻤﻦ ﻳﻠﺘﺬ ﺑﻪ ﻋﺎﺩﺓ ﺍﻷﻣﺮﺩ ﻭﺍﻟﺬﻱ ﻟﻢ
    ﺗﺘﻢ ﻟﺤﻴﺘﻪ، ﻓﻼ ﻧﻘﺾ ﺑﻠﻤﺲ ﺟﺴﺪ ﺃﻭ ﻓﺮﺝ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﻻ
    ﺗﺸﺘﻬﻰ ﻋﺎﺩﺓ، ﻭﻟﻮ ﻗﺼﺪ . ﺍﻟﻠﺬﺓ ﺃﻭ ﻭﺟﺪﻫﺎ، ﻛﻤﺎ ﻻ
    ﺗﻨﻘﺾ ﺑﻠﻤﺲ ﻣﺤﺮﻡ ﺑﻐﻴﺮ ﻟﺬﺓ، ﺃﻣﺎ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﺑﻔﻢ ﻓﻨﺎﻗﻀﺔ
    ﻭﻻ ﺗﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻠﺬﺓ ﻭﻻ ﻭﺟﻮﺩﻫﺎ



    Ulilalbab Hafas


    583. WUDHU: HAL-HAL YAG MEMBATALKAN WUDHU PERTANYAAN:

     Mick Luke Maccy
    Apakan merokok dan minum kopi/teh membatalkan wudlu???

    JAWABAN:

    >> Masaji Antoro:

    Tidak termasuk hal yang membatalkan wudhu, perkara yang membatalkan wudhu adalah :

    نواقض الوضوء ( فصل ) والذي ينقض الوضوء ستة اشياء ما خرج من السبيلين والنوم على غير هيئة المتمكن وزوال العقل بسكر أو مرض ولمس الرجل المرأة الأجنبية من غير حائل ومس فرج الآدمي بباطن الكف ومس حلقة دبره على الجديد

     PASAL Perkara yang membatalkan wudhu :
    1. Perkara yang keluar dari salah satu dua jalan (kemaluan dan anus)
    2. Tidur dengan tidak menetapkan pantatnya
    3. Hilangnya akal sebab mabuk atau sakit
    4. Persentuhan kulit antara lelaki wanita dewasa tanpa penghalang
    5. Menyentuh kelamin anak adam dengan perut telapak tangan
    6. Menyentuh lobang anus menurut qaul jadidnya Imam syafi'i

    Matan abi Sujaa' I/20 Piss Ktb di 16.17


    Ikhsan Sas Al-manzis


    1.imam syafe'i mntkan BATAL mnrut surah al-maidah ayat 6
    2,imam hanafi tidak BATAL
    3.Imam malik dan hanbali BATAL jika dibarengi syahwat,,,

    ulam berbeda pndpat dlm memhami atau menafsirkan KATA"AU LAMASTUMUNNISA(Atau kalian menyentuh wanita)

    MAZHAB SYAFE'I mntkan mkna tu adlh bertemunya kulit dengan kulit,,seperti beliau uraikan dlm KITAB AL-UMM,,,sedngkan imam malik dan hanbali memaknai dengan bertemunya kulit dengan kulit bila diiringi dengan syahwat,,dan imam abu hanifah memaknai dengan jima' atau bersetubuh,,,



    Mbah Godek

     idem dengan jawaban di atas

    intinya bersentuhan antar kulit pria dan wanita yg bukan mahrom tanpa penghalang entah lupa atau tidak,dipaksa atau tidak,disertai syahwat ataupun tidak maka keduanya sama2 batal wudlunya, ,kecuali wudlunya mayat,dalam hal ini wudlunya mayat tidak batal

    الإقناع للشربيني (1/ 62)

    ( و )
    الرابع من نواقض الوضوء ( لمس الرجل ) ببشرته ( المرأة الأجنبية ) أي بشرتها من غير حائل لقوله تعالى { أو لامستم النساء } أي لمستم كما قرىء به فعطف اللمس على المجيء من الغائط ورتب عليهما الأمر بالتيمم عند فقد الماء فدل على أنه حدث
    لا جامعتم لأنه خلاف الظاهر إذ اللمس لا يختص بالجماع قال تعالى { فلمسوه بأيديهم } وقال صلى الله عليه وسلم لعلك لمست ولا فرق في ذلك بين أن يكون بشهوة أو إكراها أو نسيان أو يكون الرجل ممسوحا أو خصيا أو عنينا أو المرأة عجوزا شوهاء أو كافرة بتمجس أو غيره أو حرة أو رقيقة أو أحدهما ميتا لكن لا ينتقض وضوء الميت



    LINK DISKUSI: 
    https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/587513081286450/

0186: PERBEDAAN NABI DAN ROSUL

0 komentar

Sunde Pati

JUMLAH NABI DAN RASUL SERTA PERBEDAAN ANTARA KEDUANYA

Dokumen piss-ktb no 0209

PERBEDAAN NABI DAN ROSUL

أسنى المطالب في شرح روض الطالب (1/ 3)

وَالرَّسُولُ إنْسَانٌ أُوحِيَ إلَيْهِ بِشَرْعٍ وَأُمِرَ بِتَبْلِيغِهِ وَالنَّبِيُّ إنْسَانٌ أُوحِيَ
إلَيْهِ بِشَرْعٍ وَإِنْ لم يُؤْمَرْ بِتَبْلِيغِهِ فَهُوَ أَعَمُّ مُطْلَقًا من الرَّسُولِ

Rosul adalah manusia yg diberi wahyu syari'at dan diperintah untuk menyampaikannya sedangkan nabi adalah manusia yg diberi wahyu syariat walaupun tidak ada perintah untuk menyampaikannya,,,jadi nabi itu mutlaq lebih umum dari pada Rosul. (Asnal Matholib I / 3)

===

الإقناع للشربيني (1/ 10)

والنبي إنسان حر ذكر من بني آدم سليم عن منفر طبعا ومن دناءة أب وخنا أم أوحي إليه بشرع يعمله به وإن لم يؤمر بتبليغه والرسول إنسان أوحي إليه بشرع وأمر بتبليغه فكل رسول نبي ولا عكس

Nabi adalah manusia merdeka laki2 dari bani adam yg selamat dari cacat juga selamat dari hinanya ayah dan rendahnya martabat ibu yg diberi wahyu syariat dan menjalankannya walaupun tidak diperintahkan untuk menyampaikan pada umatnya. Sedangkan Rosul adalah manusia yg diberi wahyu syariat dan diperintahkan untukmenyampaikan pada umatnya, maka setiap Rosul pasti nabi dan tidak sebaliknya. (Al-Iqna' Lisy-Syarbiny I / 10)

===

حاشية البجيرمي على الخطيب (1/ 126)

وَالنَّبِيُّ إنْسَانٌ أُوحِيَ إلَيْهِ بِشَرْعٍ يَعْمَلُ بِهِ وَإِنْ لَمْ يُؤْمَرْ بِتَبْلِيغِهِ .
وَالرَّسُولُ إنْسَانٌ أُوحِيَ إلَيْهِ بِشَرْعٍ وَأُمِرَ بِتَبْلِيغِهِ ، فَكُلُّ رَسُولٍ نَبِيٌّ وَلَا عَكْسَ

Nabi adalah manusia yg diberi wahyu syariat walaupun tidak ada perintah untuk menyampaikan pada ummatnya. Rosul adalah manusia yg diberi wahyu syari'at dan diperintah untuk menyampaikan pada umatnya
maka setiap Rosul pasti nabi dan tidak sebaliknya. (Hasyiyah Al-Bujairimi 'Alal Khothib I /126)

=============

بغية المسترشدين (ص: 6)

فائدة : قال بعض الشيوخ : وقد منّ الله عليّ باستخراج عدد الأنبياء من اسم محمد وهم مائة ألف وأربعة وعشرون ألفاً كعدة أصحابه الذين توفى عنهم

Faidah : Sebagian para guru berkata, Alloh telah memberi anugrah padaku untuk mengupas hitungan nabi2 dari nama MUHAMMAD.dan jumlahnya adalah 124000 sebagaimana jumlah para sahabat yg wafat (Bughyatul Mustarsyidin halaman 6)

=============

JUMLAH NABI DAN RASUL

الحاوي للفتاوي ـ للسيوطى (2/ 131)

مسألة : كم عدد الأنبياء ، والرسل ؟ .
الجواب : روى الطبراني في الأوسط عن أبي أمامة الباهلي : ( أن رجلاً قال : يا رسول الله أنبي كان آدم ؟ قال : نعم ، قال : كم بينه وبين نوح ؟ قال : عشرة قرون ، قال : كم بين نوح وإبراهيم ؟ قال : عشرة قرون ، قال : يا رسول الله كم كانت الرسل ؟ قال : ثلثمائة وخمسة عشر ) رجاله رجال الصحيح ، وأخرج ابن حبان في صحيحه ، والحاكم عن أبي ذر قال : ( قلت يا رسول الله كم الأنبياء ؟ قال : مائة ألف نبي وأربعة وعشرون ألفاً ، قلت : يا رسول الله كم الرسل منهم ؟ قال : ثلثمائة وثلاثة عشر جم غفير )

Masalah
Berapa jumlah para Nabi dan Rosul?
Jawab
Attabroni bercerita dalam kitab Al-Ausat dari Abi Umamah Al-Bahily bahwa sesungguhnya ada seorang laki2 bertanya, "wahai Rosul apakah adam itu termasuk Nabi?" Rosul menjawab "Iya" , laki2 itu bertanya lagi, "berapa jarak antara Adam dan Nuh?" Nabi menjawab "10 kurun", laki2 itu tanya lagi , "berapa jarak antara Nuh dan Nbrahim?" Nabi menjawab "10 kurun", laki2 bertanya lagi "wahai Rosululloh, berapa jumlah para Rosul?" Nabi menjawab "315",
Rijal dari para rowi adalah shohih dan Ibnu Hibban menerbitkan hadis pada shohih hadisnya dan Al-Hakim dari Abu Dzar berkata, saya berucap , "wahai Rosulalloh berapakah jumlah para nabi?" Rosul menjawab "124000",lalu saya bertanya lagi "berapakah Rosul dari para nabi yg berjumlah tersebut?" Nabi menjawab "315". (Al-Haawi Lil-Fatawi Lissuyuthi II / 131)

==============

إتحاف الخيرة المهرة (7/ 134)
قال إسحاق بن راهويه : أنبأنا النضر بن شميل , أنبأنا حماد ، هو ابن سلمة ، أنبأنا معبد , أخبرني فلان في مسجد دمشق عن عوف بن مالك أن أبا ذر , رضي الله عنه , جلس إلى رسول الله صَلى الله عَلَيه وسَلَّم صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم ... , فذكر مثل حديث قبله فيه قلت : يا رسول الله صَلى الله عَلَيه وسَلَّم فأي الأنبياء كان أولا ؟ فقال : آدم , فقلت : أو نبيًّا كان ؟ قال : نعم نبي مكلم , قلت : يا رسول الله صَلى الله عَلَيه وسَلَّم فكم الأنبياء ؟ قال : ثلاثمائة وخمسة عشر جمًّا غفيرًا

قال : وأنبأنا أبو حيوة الحمصي شريح , حَدَّثَنَا معان بن رفاعة السلامي , عن علي بن يزيد , عن القاسم أبي عبد الرحمن , وهو مولى يزيد بن معاوية الشامي , عن أبي أمامة : أن أبا ذر سأل رسول الله صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم كم الأنبياء ؟ فقال : مائة ألف وأربعة وعشرون ألفًا ، فقال : كم المرسلون منهم ؟ قال : ثلاثمائة وخمسة عشر جمًّا غفيرًا

=======

موارد الظمآن إلى زوائد ابن حبان (ص: 508)

أخبرنا الحسن بن سفيان الشيباني والحسين بن عبد الله القطان بالرقة وابن سلم واللفظ للحسن قالوا حدثنا إبراهيم بن هشام بن يحيى الغساني حدثنا أبي عن جدي عن أبي إدريس الخولاني عن أبي ذر قال دخلت المسجد فإذا رسول الله صلى الله عليه وسلم جالس وحده فقال: "يا أبا ذر إن للمسجد تحية وإن تحيته ركعتين فقم فاركعهما" فقمت فركعتهما ثم عدت فجلست إليه قلت فذكر الحديث بطوله في كتاب العلم1 قال فيه قلت يا رسول الله كم الأنبياء قال: "مائة ألف وعشرون ألفا" قلت يا رسول الله كم الرسل من ذلك قال: "ثلاثمائة وثلاثة عشر جما غفيرا" . قلت فذكرالحديث

0185: OBAT KUAT UNTUK MEMBANTU KEHARMONISAN RUMAH TANGGA

0 komentar

Sunde Pati

dari sobatku Hezqiel Ahmad Nawawi

EDISI MALAM JUM'AT ISHDAR III

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

OBAT KUAT UNTUK MEMBANTU KEHARMONISAN RUMAH TANGGA.

Hukum memakai obat kuat untuk membantu keharmonisan hubungan suami istri tidak dipermasalahkan, malah akan bernilai sunnah jika bertujuan bagus, seperti menjaga diri dari keharaman, menjaga keturunan, atau sebagai perantara peningkat rasa kecintaan dalam rumah tangga (tarsyihul mustafidin hal.320, I'anatut tholibin juz III hal. 247). Oleh sebab itulah kami terdorong untuk berbagi informasi kepada member piss.ktb (khusus Ayda dilarang nyemprot, qiqiqiqiq), dengan harapan tulisan ini bisa bermanfaat. amin

OBAT UNTUK Mr.P

1. Ambillah busa air laut lalu campur dengan air, kemudian oleskan ke dzakar…. Pasti penis anda akan kuat sekuat baja… tested worked. al-rohmah hal.171

2. Ambillah Lintah secukupnya kemudian masukkan kedalam botol kaca dan kuburkan ditanah bebatuan yang terkena panas selama 21 satu hari sampai mencair, setelah itu oleskan ke penis, maka penis anda akan membesar, mengeras, dan memanjang.. jika anda ingin mengembalikan ke bentuk semula, maka cucilah dzakar anda menggunakan air anggur (air perasan dari buah anggur). Tested worked. Al-rohmah hal. 171

3. Jika anda adalah seorang yang berpenis kecil atau ingin membesarkan dzakar, atau mungkin ingin tahan lama, maka sebelum memulai berhubungan badan cucilah dzakar anda dengan air hangat sampai memerah dan mengeras kemudian setelah itu usaplah dengan madu jahe manis kemudian lakukanlah pemanasan dulu, maka niscaya sang istri tidak akan pernah mau untuk melepas dzakar anda (heeeeeehhhhh, greged pokoke, qiqiqiqiqiqiq) al-rohmah hal.171

4. Bila anda ingin memper besar penis, maka ambillah Lintah dicampur dengan zait (minyak) kemudian masukkan kedalam botol kaca dan taruhlah dibawah panas matahari sampai tercampur dan menjadi minyak, setelah tercampur oleskan minyak itu setiap hari, niscaya penis anda akan BOOM Gedhe, besar, gawedhi, rajeh, dll pokoke… qiqiqiqi. Al-rohmah hal 172

Note:

1. masalah memperbesar alat vital dengan memakai lintah sudah dibahas dan dimasukkan ke dalam dokumen, namun hal yang perlu diperhatikan adalah najis dzakar sebab terkena bangkai lintah tersebut harus di basuh, biar ketika jima' tidak membawa najis tersebut. Wallohu a'lam.

2. Ramuan tadi saya anjurkan untuk yang dzakarnya kurang gedhe, kalau udah gedhe jangan di lakukan karena takut terlalu gedhe dan menyakitkan si istri, karena jika menyakitkan dan istri tidak mau diajak tidur, maka sang istri tidak bisa dinamakan nusyuz. I’anatut tholibin Juz 4 hal 90.

TIPS UNTUK MENGETAHUI PERAWAN ATAU TIDAK.

Keperawanan adahal mahkota terindah yang dimiliki wanita, namun pada zaman akhir seperti sekarang ini kita cukup kesulitan ketika ingin mencari wanita yang benar-benar ting-ting alias Virgin. Menikahai wanita memang lebih baik, lebih nikmat, lebih maknyus, dan lebih nggreghed menurut orang normal dan orang yang berakal. Tibbun nabawi hal 334.

Bahan-bahan:

1. 1 siung bawang putih

2. 1 jarum jahit

3. 1 cewe yang mau di uji

4. Segelas do'a, mudah-mudahan berhasil.

Proses:

1. Tusuk-tusuk bawang putih menggunakan jarum

2. Oven bawang putih yang telah ditusuk-tusuk didalam farji cewe selama satu malam

3. Ke esokan harinya Belah bawang putih tadi, dan cium bau-nya, apabila bau bawang maka cewe tadi sudah tidak perawan, dan apabila sudah tidak bau bawang lagi maka cewe tersebut masih ting ting (qiqiqiq)

Wallohu a’lam. Al-rohmah hal.173, dengan modifikasi

0184: POSISI BERSETUBUH YANG PALING BAIK

0 komentar

Sunde Pati

dari sobatku Mbah Ceméng Seputar Suami Istri - Ishdar I

POSISI-POSISI SENGGAMA

• POSISI BERSETUBUH YANG PALING BAIK:

Style jima’ yang paling baik adalah seorang wanita tidur terlentang kemudian dibwah punggung bagian perutnya dikasih bantal yang tidak terlalu tebal dengan mengangkat kedua pahanya,

kemudia si suami mendatangainya dengan mula’abah (bermain) ringan seperti merangkul mencium Dll sampai sahwat si istri memuncak, dan ketika itu suami memasukkan penisnya dan menggoyang-goyangkan,

ketika air sperma keluar, suami jangan mencabut terlebih dahulu, tunggu beberapa saat sampai tubuhnya tenang, lalu si suami mencabut batang kemaluaannya, jenis posisi ini dinamakan posisi PADIBU (Bapak diatas Ibu).

• STYLE BERDIRI

Posisi senggama dengan cara berdiri meskipun boleh dilakukan, namun memiliki beberapa madlorot (bahaya), diantaranya dalah:

1. Tidak tenangnya hati

2. Sakit lambung

3. Sakit kepala

Penyakit-penyakit ini adakalanya terjadi secara langsung dan adakalanya dalam jangka yang panjang. ( Kifayatul atqiya’ 97)

• STYLE MIRING (Gaya sendok):

Posisi miring memang kadang sangat dibutuhkan dalam membina keharmonisan rumah tangga dalam berhubungan badan,

namun dibalik kelezatan gaya ini juga memiliki effect negetive terhadap si pelaku, diantaranya adalah:

1. Sakit liver

2. BeserApalagi jika dilakukan dengan miring ke kanan, maka sangat berbahaya karena bisa menimbulkan keluarnya nanah dan darah melalui saluran air seni. (Kifayatul atqiya’ 98)

• STYLE WANITA DI ATAS (Woman On Top):

Bisa menyebabkan kemandulan. (Fathul izar 7)

• DOGY STYLE (Gaya Nungging)

Posisi ini dalam bahasa jawa biasa disebut dengan NJERUM,

meskipun posisi ini boleh dan legal namun dalam hal ini bisa mengganggu keharmonisan hubungan seks suami istri, karena sulitnya penetrasi. (Fathul Izar)

• RAHASIA WANITA:

Menurut ahli firosah dan ahli khobar,

apabila mulut wanita itu lebar maka mulut farjinya juga lebar,

apabila kecil maka juga kecil.

Apabila bibirnya tebal, maka bibir kemaluannya juga tebal.

Apabila bibirnya tipis, maka bibir kemaluannya juga tipis.

Apabila bibir bagian bawah tipis, maka farjinya kecil.

Apabila bibir wanita sangat merah, maka farjinya kering.

Ada yang mengatakan farjinya sangat ni’mat sekali.

Apabila hidungnya mancung, maka kurang bersemangat dalam urusan jima’.

Apabila dagunya panjang, maka farjinya terbuka (mengo) dan jarang bulunya.

Jika lidahnya merah, maka farjinya kering. Jika jung lidahnya tumpul, maka farjinya basah.

Jika belakang daun telinganya cekung, maka sangat antusias senggama.

Jika dagunya kecil, maka dalem farjinya. Apabila alisnya kecil, maka farjinya menutup. Apabila bermuka lebar dan berrambut tebal, maka pantatnya kecil dan farjinya besar/ kecil.

Apabila luar telapak kaki dan badannya banyak mengandung lemak, maka farjinya besar dan dia adalah wanita terhormat disisi suaminya.

Apabila betisnya montok (seperti ikan bandeng) , maka dia adalah wanita yang tak punya sabar untuk melakukan jima’ (nafsune gedhi).

Apabila matanya seperti bercelak dan besar, maka dia wanita yang menghamba pada suaminya dan rahimnya kecil.

Apabila pantatnya kecil serta besar bahunya, maka farjinya besar. ( Fathul Izar 11-12 dan Bujairomi alal Khotib Juz III Hal. 378)

Menurut Imam Fakhrur Rozi, tanda seseorang yang suka dan hobi jima’ adalah perutnya buncit…

(Alfirosah Daliluka Lima’rifati Akhlaqinnas wa thobai'ihim Kaannaha Kitabun Maftuh).

• WANITA YANG TIDAK IDEAL:

1. Pendek postur tubuhnya.

2. Pendek rambutnya.

3. Tinggi badannya.

4. Tajam lidahnya.

5. Mandul.

6. Suka menentang.

7. Boros.

8. Panjang tangan.

(Fathul Izar 12)

0183: PERNIKAHAN DINI ATAU NIKAH GANTUNG

0 komentar
Sunde Pati


PERNIKAHAN DINI

dokumen piss-ktb no 1883

Masalah Pernikahan Dini
NUonline, 10/11/2008

Pernikahan dini atau pernikahan di bawah usia ramai diperbincangkan oleh banyak kalangan di negeri ini menyusul berita pernikahan Pujiono Cahyo Widianto alias Syeh Puji, seorang saudagar kaya d
i Semarang yang berusia 43 tahun, yang menikahi seorang anak gadis berusia 12 tahun. Pernikahan Syeh puji diberitakan besar-besaran di media massa setelah digugat oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas Perempuan.

Sebenarnya, dalam fikih atau hukum Islam tidak ada batasan minimal usia pernikahan. Jumhur atau mayoritas ulama mengatakan bahwa wali atau orang tua boleh menikahkan anak perempuannya dalam usia berapapun. Jadi pernikahan Syeh Puji syah secara fikih.

Dasar dari itu semua adalah pernikahan Nabi Muhammad SAW dan Siti Aisyah. Beberapa riwayat menyebutkan, Aisyah dinikahkan dengan Nabi pada usia 6 tahun, dan tinggal bersama Nabi pada usia 9 tahun. Sementara waktu itu Nabi sudah berusia senja, sudah 50-an tahun.

Namun karena pertimbangan maslahat, beberapa ulama memakruhkan praktik pernikahan usia dini. Makruh artinya boleh dilakukan namun lebih baik ditinggalkan. Anak perempuan yang masih kecil belum siap secara fisik maupun psikologis untuk memikul tugas sebagai istri dan ibu rumah tangga, meskipun dia sudah aqil baligh atau sudah melalui masa haid. Karena itu menikahkan anak perempuan yang masih kecil dinilai tidak maslahat bahkan bisa menimbilkan mafsadah (kerusakan). Pertimbangan maslahat-mafsadah ini juga diterima dalam madzab Syafii.

Mereka yang menikahkan anak perempuan pada usia dini biasanya juga berpedoman pada ketetapan mengenai wali mujbir, yakni wali atau orang tua yang boleh memaksa menikahkan anaknya. Istilah wali mujbir hanya ada pada madzhab Syafi’i (dan sebagian Hambali). Pada madzab Hanafi dan Maliki tidak diberlakukan ketetapan ini. Pada madzab Hanafi bahkan hak-hak perempuan dalam pernikahan lebih ditonjolkan.

Sebenarnya dalam ketetapan mengenai wali mujbir ini pun tidak mutlaq. Dengan menjadi wali mujbir, bapak tidak boleh serta merta memaksa anaknya untuk menikah dengan seorang laki-laki. Sekali lagi, dalam madzab Syafi’i pertimbangan maslahat-mafsadah juga diterima.

Dalam kontek Indonesia, kita punya undang-undang yang mengatur penetapan usia nikah. Undang-undang itu merupakan hasil ijtihad para ulama atau ahli fikih setempat atau kita sebut sebagai ijtihad jama’i, yakni ijtihad yang dilakukan bersama-sama oleh ulama pada suatu tempat dan pada suatu masa.

Dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan menyebutkan bahwa batas minimal usia perkawinan untuk perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. Lalu juga ada pasal lain yang menyebutkan bahwa pernikahan di bawah usia 21 hanya bisa dilangsungkan dengan persyaratan tambahan.

Aturan mengenai usia nikah itu juga ditegaskan kembali dalam PP No 9 tahun 75 dan Instruksi Presiden No 1 tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam.

Maka terlepas dari persoalan Syeh Puji, yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa ketetapan-ketetapan yang berlaku di lingkungan Pengadilan Agama Republik Indonesia harus dipatuhi. Para wali atau orang tua harus memberikan kesempatan kepada anaknya dalam menuntaskan masa kanak-kanaknya untuk belajar dan beroleh pengalaman bersama-teman-temannya yang lain, sebelum ia bekerja atau menjalani kehidupan rumah tangga.

Lebih dari itu, para wali atau orang tua dari anak perempuan juga harus berlaku toleran dan menerima pendapat dari anak perempuannya itu demi kelangsungan masa depannya.

KH Arwani Faishal
Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU

===========

Hasil Bahts Masail PWNU 2010 di PP. Mambaul Hikam Mantenan Blitar

Terjadi di beberapa daerah di Indonesia, anak lelaki kecil yang masih berumur sepuluh tahun dan masih duduk di bangku kelas empat SD, dikawinkan dengan anak perempuan yang m
asih kecil pula secara agama(syar’i), tetapi tidak didaftarkan ke kantor KUA. Perkawinan itu dilakukan untuk menggantung (mengikat) agar kelak dewasa tidak berjodoh dengan orang lain. Hal ini disebut dengan kawin gantung. Perkawianan itu diselenggarakan secara sah dan mengadakan resepsi (walimah). Kedua pengantin kecil didandani sebagaimana tradisi penganten dalam walimah.

Pelaksanaan akad nikah dalam kawin gantung itu, ada yang secara langsung dengan ijab dan qabul yang diucapkan penganten pria kecil didampingi penganten perempuan kecil, adapula yang ijab dan qabulnya diwakilkan kepada pria dewasa. Setelah selesai akad nikah, kedua pengantin dilarang berkumpul hingga menginjak usia dewasa. Seperti anak-anak lainnya, mereka juga kembali masuk sekolah seperti sebelumnya. Setelah keduanya dewasa dan memiliki kesiapan berumah tangga maka mereka dinikahkan kembali(tajdidunnikah) dengan didaftarkan ke kantor urusan agama(KUA). Padahal dalam UU perkawinan dan UU perlindungan anak, anak di bawah umur enam belas tahun tidak boleh dikawinkan. Dan pelanggaran terhadap UU itu dikenai sanksi pidana.

Pertanyaan

a. Bagaimana hukumnya melakukan kawin gantung?

b. Berapa batas usia pernikahan baik bagi pria atau wanita?

c. Apakah kawin gantung memiliki akibat hukum sebagaimana nikah pada umumnya, seperti kewajiban nafkah, kewajiban bagi istri taat kepada suami, halalnya bersetubuh, hak waris jika salah satunya meninggal, dan lain sebagainya?

d. Apa kewajiban kita jika pandangan fiqh islam berbeda dengan UU, seperti batas usia perkawinan?

e. Bagaimana hukumnya melakukan pernikahan yang diulang (tajdidi an-nikah)?

Jawaban

a. Diperbolehkan, apabila ada mashlahat dan persyaratan dilakukan di luar akad.

b. Terjadi perbedaan ulama, ada yang tidak membatasi umur dan sebagian ulama membatasi dengan usia baligh, sebagaimana Ibn Syabramah dll.

c. Benar, hanya dalam prakteknya wali yang harus menangani.

d. Mencoba mencari solusi terbaik dan paling mashlahat.

e. Khilaf menurut Imam Al-Ardalbily hukum nikah kedua adalah sah karena dalam akad kedua terjadi إقرار بالفرقة. Namun menurut Imam Ibn Hajjar nikah kedua hanya dikatakan sebatas akad sandiwara (صورة عقد). Sedangkan konskwensinya tidak merusak akad yang pertama menurut Qaul Shahih.

============

Referensi

@ Kawin Gantung Dan Usia Pernikahan

1. الفقه الإسلامي الجزء التاسع صحـ 171

المبحث الأول أهلية الزوجين: يرى ابن شبرمة وأبو بكر الأصم وعثمان البتي رحمهم الله أنه لا يزوج الصغير والصغيرة حتى يبلغا لقوله تعالى:(حتى إذا بلغوا النكاح) (النساء:6/) فلو جاز التزويج قبل البلوغ لم يكن لهذا فائدة ولأنه لا حاجة بهما إلى النكاح ورأى ابن حزم أنه يجوز تزويج الصغيرة عملاً بالآثار المروية في ذلك. أما تزويج الصغير فباطل حتى يبلغ، وإذا وقع فهو مفسوخ (1) ولم يشترط جمهور الفقهاء لانعقاد الزواج: البلوغ والعقل وقالوا بصحة زواج الصغير والمجنون.

الصغر: أما الصغر فقال الجمهور منهم أئمة المذاهب الأربعة بل ادعى ابن المنذر الإجماع على جواز تزويج الصغيرة من كفء واستدلوا عليه بما يأتي (2) :

1 - بيان عدة الصغيرة ـ وهي ثلاثة أشهر ـ في قوله تعالى: (واللائي يئسن من المحيض من نسائكم إن ارتبتم، فعدتهن ثلاثة أشهر واللائي لم يحضن) (الطلاق:4/65) فإنه تعالى حدد عدة الصغيرة التي لم تحض بثلاثة أشهر كاليائسة، ولا تكون العدة إلا بعد زواج وفراق، فدل النص على أنها تزوج وتطلق ولا إذن لها.

2 - الأمر بنكاح الإناث في قوله تعالى: (وأنكحوا الأيامى منكم) (النور:32/24) والأيم: الأنثى التي لا زوج لها، صغيرة كانت أو كبيرة .

3 - زواج النبي بعائشة وهي صغيرة فإنها قالت: «تزوجني النبي وأنا ابنة ستٍ وبنى بي وأنا ابنة تسع» (1) وقد زوجها أبوها أبو بكر رضي الله عنهما. وزوج النبي صلّى الله عليه وسلم أيضاً ابنة عمه حمزة من ابن أبي سلمة وهما صغيران.

4 - آثار عن الصحابة: زوَّج (أي عقد) علي ابنته أم كلثوم وهي صغيرة من عروة بن الزبير وزوج عروة بن الزبير بنت أخيه من ابن أخيه وهما صغيران ووهب رجل بنته الصغيرة لعبد الله بن الحسن بن علي فأجاز ذلك علي رضي الله عنهما وزوجت امرأة بنتاً لها صغيرة لابن المسيب بن نخبة، فأجاز ذلك زوجها عبد الله ابن مسعود رضي الله عنه.

5 - قد تكون هناك مصلحة بتزويج الصغار، ويجد الأبُ الكفءَ، فلا يفوت إلى وقت البلوغ وهناك رواية: معقولة: وهي بنت ثلاث عشرة.

2. الفقه الإسلامي الجزء التاسع صحـ 174

وكذلك اشترط الشافعية في تزويج الصغير وجود المصلحة وفي تزويج الأب الصغيرة أو الكبيرة بغير إذنها شروطاً سبعة هي: (الأول) ألا يكون بينه وبينها عداوة ظاهرة (الثاني) أن يزوجها من كفء (الثالث) أن يزوجها بمهر مثلها (الرابع) أن يكون من نقد البلد (الخامس) ألا يكون الزوج معسراً بالمهر (السادس) ألا يزوجها بمن تتضرر بمعاشرته كأعمى وشيخ هرم (السابع) ألا يكون قد وجب عليها الحج فإن الزوج قد يمنعها لكون الحج على التراخي ولها غرض في تعجيل براءتها، ويجوز أن يزوج الصغير أكثر من واحدة.

3. الفقه الإسلامي الجزء التاسع صحـ 6688

موقف القانون السوري من زواج الصغير والمجنون أخذ القانون السوري بما يخالف رأي الجمهور في زواج الصغار والمجانين بالاعتماد على مبدأ الاستصلاح فأخذ برأي ابن شبرمة ومن وافقه في عدم صحة زواج الصغار مراعاة لأوضاع المجتمع وتقديراً لمخاطر مسؤوليات الزواج. ولم يصحح القانون زواج المجنون أو المعتوه مطلقاً إلا إذا ثبت طبياً أن زواجه يفيد في شفائه فللقاضي الإذن بالزواج. وهذا ما نصت عليه المادة (15): 1- يشترط في أهلية الزواج العقل والبلوغ.2- للقاضي الإذن بزواج المجنون والمعتوه إذا ثبت بتقرير هيئة من أطباء الأمراض العقلية أن زواجه يفيد في شفائه. سن البلوغ: كذلك أخذ القانون السوري بما يخالف رأي جمهور الفقهاء في تحديد سن البلوغ ففي الأحوال المدنية أو الشؤون المالية نص القانون المدني (م 2/46) على أهلية الشخص الطبيعي وهي بلوغ سن الثامنة عشرة للذكر والأنثى على السواء عملاً بمبدأ الاستصلاح. ونص المادة هو

1- كل شخص بلغ سن الرشد متمتعاً بقواه العقلية ولم يحجر عليه يكون كامل الأهلية لمباشرة حقوقه المدنية.

2- وسن الرشد: هي ثماني عشرة سنة ميلادية كاملة. أما في الأحوال الشخصية أو الزواج: فقد نص قانون الأحوال الشخصية على أن أهلية الفتى ثمانية عشر عاماً والفتاة سبعة عشر عاماً. وذلك في المادة (16) وهي:تكمل أهلية الزوج في الفتى بتمام الثامنة عشرة وفي الفتاة بتمام السابعة عشرة من العمر.لكن أجاز هذا القانون أيضاً للقاضي: أن يأذن بزواج الفتى بعد إكماله سن الخامسة عشرة والفتاة بعد إكمالها سن الثالثة عشرة إذا طلبا الزواج وادعيا البلوغ وتبين له صدقهما في ادعاء البلوغ. وهذا مراعاة لمصلحة الشباب في التبكير بالزواج صوناً لهم عن الانحراف.ونص القانون (م 18) ما يأتي:1- إذا ادعى المراهق البلوغ بعد إكماله الخامسة عشرة أو المراهقة بعد إكمالها الثالثة عشرة وطلبا الزواج يأذن به القاضي إذا تبين له صدق دعواهما واحتمال جسميهما.2- إذا كان الولي هو الأب أو الجد اشترطت موافقته.أما رأي فقهائنا في سن الزواج: فإنهم اتفقوا على عدم انعقاد زواج الصغير غير المميز أما الصبي المميز فينعقد زواجه موقوفاً عند الحنفية على إجازة وليه ويبطل زواجه كسائر عقوده عند الجمهور وإنما يزوجه وليه فإذا بلغ خمسة عشر عاماً تزوج بنفسه وعند أبي حنيفة إذا بلغ سن الثامنة عشرة.

4. نيل الأوطار الجزء السادس صحـ 144

0182: HUKUM PASANG SUSUK

0 komentar
Sunde Pati


HUKUM MEMASANG SUSUK UNTUK TUJUAN2 TERTENTU

Sebagaimana kita ketahui, penggunaan susuk di kalangan masyarakat merupakan salah satu alternative untuk memcahkan beberapa problem, baik problem mengenai pengobatan, pengasihan, hubungan intim, sampai-sampai mengembalikan / mengencangkan keriput-keriput yang ada pada tubuh khususnya wajah sehingga dilihat tampak awet muda dan masih banyak lagi masalah yang bisa diatasi dengan khasiat susuk.

Susuk adalah benda yang biasanya berbentuk seperti jarum yang terbuat dari emas, perak atau berlian atau barang lain yg dimasukkan dalam tubuh.

Pertanyaan :

a. Bagaimana hukumnya memakai susuk dengan tujuan seperti diatas ?

b. benarkah yang memakai susuk itu kalau sekarat (naza’) akan kesulitan mati sebelum susuk yang ada didalam tubuhnya dikeluarkan ?

Jawaban

a : boleh

b.mitos

------------------------------ ------------------------------ ------------------------------ --------

بلغة الطلاب الجزء الخامس صحيفة 543

غرز إبرة الذهب أو الفضة في جلد الرجل كما هو معروف في بعض البلدان للتداوي وللقوة أو لغير ذلك جائز لأنه لا يعد لبسا ولأنها مستورة وليس هذا من الوشم لاستتارها ولعدم ظهورها دم فيه.ـ.


memasukkan jarum emas atau perak pada kulit sebagaimana telah dikenal disebagian negara (susuk) untuk pengobatan atau agar kuat atau bertujuan lain hukumnya adalah boleh karena itu tidak termasuk memakai emas dan karena susuk tersebut tertutup (tak tampak) dan hal ini juga tidak dinamakan tato karena tertutup dan ketidak adanya darah


Bulghah al-Thullab : 112

------------------------------ --------

نهاية المحتاج الجزء الأول صحيفة 92

وقع السؤال عن دق الذهب والفضة وأكلهما منفردين أو مع انضمامهما لغيرهما من الأدوية، هل يجوز ذلك كغيره من سائر الأدوية أم لا يجوز لما فيه من إضاعة المال ؟ والجواب عنه أن الظاهر أن يقال فيه : إن الجواز لا شك فيه حيث ترتب عليه نفع، بل وكذا إن لم يحصل منه ذلك لتصريحهم في الأطعمة بأن الحجارة ونحوها لا يحرم منها إلا ما أضر بالبدن أو العقل.

وأما تعليل الحرمة بإضاعة المال فممنوع؛ لأن الإضاعة إنما تحرم حيث لم تكن لغرض، وما هنا لقصد التداوي، وصرحوا بجواز التداوي باللؤلؤ في الاكتحال وغيره وربما زادت قيمته على الذهب


 Ada pertanyaan tentang melebur emas atau perak dan memakannya secara langsung atau disertai benda lainnya seperti obat-obatan, bolehkah perbuatan semacam ini sebagaimana diperbolehkan bentuk-bentuk pengobatan lainnya, ataukah tidak boleh karena didalamnya mengandung unsur menyia-nyiakan harta’ ?
Jawabanku “Dalam hal ini secara dzohirnya semestinya dikatakan tidak diragukan lagi tentag kebolehannya karena didalamnya terdapat kemanfaatan, bahkan sekalipun tidak ada manfaatnya  karena penjelasan ulama dalam bab makanan bahwa memakan batu dan sejenisnya tidak haram kecuali bila berdampak negatif pada tubuh atau akal. Sedangkan menanggapi alasan menyia-nyiakan harta itu juga tertolak,karena yg namanya menyia-nyiakan harta itu bila tanpa ada tujuan apa pun, sedangkan dalam masalah ini terdapat tujuan untuk pengobatan, para ulama menjelaskan bolehnya berobat memakai mutiara yang dipakai buat celak, yang mana keberadaan mutiara sendiri harganya itu melebihi emas


Nihayah Al Muhtaj : I/92

0181: HUKUM NIKAH BEDA AGAMA

0 komentar
PERTANYAAN



Mbãhmâd Gågâl Díudãrä

Mau tanya ni gan...
Bagaimana hukum nikah beda agama...
Dan hukum hubungan badan suami istri yg beda agama juga
.
Sekian dan trimaksih






JAWABAN



Sunde Pati 


NIKAH BEDA AGAMA

Dokumen piss-ktb no 083

OLEH : Mbah Jenggot

A.Nikah antara Muslim dengan Kafir Musyrik
Allah ta'ala berfirman:

) ولا تنكحوا المشركات حتى يؤمن ولأمة مؤمنة خير من مشركة ولو أعجبتكم ولا تنكحوا المشركين حتى يؤمنوا ولعبد مؤمن خير من مشرك ولو أعجبكم أولئك يدعون إلى النار والله يدعو إلى الجنة والمغفرة بإذنه ويبين ءاياته للناس لعلهم يتذكرون( (سورة البقرة: 221)

Maknanya: "Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran". (Q.S. al Baqarah:221)

Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, para ulama menyepakati (ijma') keharaman pernikahan antara seorang laki-laki atau perempuan muslim dengan orang-orang kafir musyrik laki-laki maupun perempuan.

B. Nikah antara Lelaki Muslim dengan Perempuan Kafir Ahli Kitab

Allah ta'ala berfirman:

) اليوم أحل لكم الطيبات وطعام الذين أوتوا الكتاب حل لكم وطعامكم حل لهم والمحصنات من المؤمنات والمحصنات من الذين أوتوا الكتاب من قبلكم إذا ءاتيتموهن أجورهن محصنين غير مسافحين ولا متخذي أخدان ومن يكفر بالإيمان فقد حبط عمله وهو في الآخرة من الخاسرين( (سورة المائدة: 5)

Maknanya: "Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang ahli kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak pula menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi ". (Q.S. al Ma-idah:5)

Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, mayoritas para ulama berpendapat bolehnya pernikahan antara seorang laki-laki muslim dengan perempuan Ahli Kitab, yahudi dan nasrani saja [5]. Hanya saja menurut Imam Syafi'i Perempuan Ahli Kitab yang dimaksud (yang boleh dinikahi) adalah mereka yang memang memiliki nenek moyang yahudi sebelum diutusnya Nabi Isa dan yang memiliki nenek moyang nasrani sebelum diutusnya Nabi Muhammad. Sebagian ulama melarang lelaki muslim menikahi perempuan Ahli Kitab karena memang mengharamkannya dan sebagian lagi melarang dalam artian menganjurkan dan menasehatkan (Min Bab an-Nashihah wa at-Taujiih wa al Irsyad) agar tidak melakukan hal itu lebih karena alasan kemaslahatan. Mereka menganggap pernikahan semacam ini sedikit banyak akan membawa bahaya dan yang lebih besar maslahatnya adalah menghindari model pernikahan semacam ini.

Pernikahan dengan perempuan Ahli Kitab ini dilakukan oleh para sahabat Nabi shallallahu 'alayhi wasallam, di antaranya: Utsman ibn 'Affan menikah dengan Ibnatul Farafishah al Kalabiyyah, seorang nasrani kemudian masuk Islam. Thalhah ibn Ubaidillah menikahi perempuan dari Bani Kulayb nasrani atau yahudi. Hudzaifah ibn al Yaman menikahi seorang perempuan yahudi. (Semua diiriwayatkan oleh al Bayhaqi dengan sanad yang sahih) [6].

C. Nikah antara Perempuan Muslimah dengan Lelaki Kafir Musyrik atau Kafir Ahli Kitab

Allah ta'ala berfirman:

) ...فإن علمتموهن مؤمنات فلا ترجعوهن إلى الكفار لا هن حل لهم ولا هم يحلون لهن...( (سورة الممتحنة: 10)

Maknanya: "…Maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka benar-benar beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka…". (Q.S. al Mumtahanah :10)

Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, para ulama menyepakati (ijma') keharaman pernikahan antara seorang perempuan muslim dengan laki-laki kafir, baik musyrik maupun Ahli Kitab. Orang yang menghalalkan model pernikahan semacam ini berarti telah mendustakan al Qur'an dan telah keluar dari Islam.
____________________________________

[1]. Lihat Mukhtar ash-Shihah, h. 562.

[2]. Syekh Abdul Ghani an-Nabulsi, al Fath ar-Rabbani wa al Faidl ar-Rahmani, h. 190-191, Syekh Abdullah al Harari, ash-Shirath al Mustaqim, h. 30

[3]. Syekh Abdullah al Harari, Sharih al Bayaan, Jilid I, h. 172-189 dan ash-Shirath al Mustaqim, h. 18-21

[4]. Syekh Muhammad Anwar al Kasymiri, Ikfar al Mulhidin, h. 124

[5]. Tidak masuk ke dalamnya perempuan majusi. Karena Majusi disamakan dengan Ahli Kitab dalam hal jizyah saja, sementara dalam hal nikah dan sembelihan tetap diharamkan seperti orang-orang kafir lainnya. Dalam hadits disebutkan:

" سنوا بهم (أي المجوس) سنة أهل الكتاب غير ناكحي نسائهم ولا ءآكلي ذبائحهم" رواه البيهقي في شعب الإيمان

Lihat Syekh Muhammad al Huut al Beiruti, Mukhtashar al Badr al Munir Fi Takhrij Ahaadits asy-Syarh al Kabiir Li Ibn al Mulaqqin, h. 205
[6]. Syekh Muhammad al Huut al Beiruti, Mukhtashar al Badr al Munir, h. 205



LINK DISKUSI: https://www.facebook.com/groups/kiss.donk/permalink/587279337976491/
Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page