0429. HUKUM MEMBAWA HP YANG ADA APLIKASI AL QUR'AN

PERTANYAAN :

Generasi Penerus CuwahGalacsi
Assalamu'alaikum Usatd/Ustadzah ane Mau Tanya Gimana hukummya membawa Hp Yang ada aplikasi Al qurannya

JAWABAN :

• Ziif Kaf 
wa'alaikum salam.......

JAWABAN :
> Masaji Antoro
Kalau memegang tulisan alquran yang ada pada layar Hp atau PC memang tidak masalah tanpa adanya wudhu karena tulisan alquran yang ada dalam HP/PC hanya merupakan pancaran yang dihasilkan dari sinar bukan tulisan.

ﻭَﻳُﺆْﺧَﺬُ ﻣِﻨْﻪُ ﺃَﻧَّﻪُ ﻟَﻮْ ﻧَﻘَﺶَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﺸَﺒَﺔٍ ﻭَﺧَﺘَﻢَ ﺑِﻬَﺎ ﺍﻟْﺄَﻭْﺭَﺍﻕَ ﺑِﻘَﺼْﺪِ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺀَﺓِ ﻭَﺻَﺎﺭَ ﻳَﻘْﺮَﺃُ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻣَﺴُّﻬَﺎ ، ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَﺓِ ﻣَﺎ ﻳُﻘَﺺُّ ﺑِﺎﻟْﻤِﻘَﺺِّ ﻋَﻠَﻰ ﺻُﻮﺭَﺓِ ﺣُﺮُﻭﻑِ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻣِﻦْ ﻭَﺭَﻕٍ ﺃَﻭْ ﻗُﻤَﺎﺵٍ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻣَﺴُّﻪُ ﺍ ﻫـ ﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤَﺘْﻦِ

[ Tuhfah Almuhtaaj II/132 ].

> Mch Imbron Jb
Salamu'alaikuuumm ustd semuanya.. numpang nanyak nih, begini ceritanya, saya lagi menjalani kodhil hajeh / buang air besar, dn hp saya, nada deringnya surat ya sin, tiba2 lg enak2 nongkrong ada bel, secra otomatis hp psti bunyi, dn gmna menurut pendapat klian semua ??

> Masaji Antoro
Menurut Sayyid Almaliki sebenarnya penggunaan nada dering memakai ayat quran tidak diperkenankan karena bisa menimbulakan unsur IHAANAH (penghinaan) pada quran, belum lagi bila yang memakai nada dering tersebut tidak tahu cara pemenggalan ayat yang benar saat mengangkat telp / menerima SMS (karena seperti nada dering ayat kursi, ngga mungkin to kita selesaikan satu ayat lengkap kemudian baru terima telp) atau dikhawatirkan juga terjadi hal seperti pertanyaan Kang Mch Imbron Jb di atas,.. "Bacaan yasin berkumandang di WC". Hehehe...

> Lintang Lintang

ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻴﺎﻗﻮﺕ ﺍﻟﻨﻔﻴﺲ ﺹ 83-82ﺣﻜﻢ ﺣﻤﻞ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺍﻟﻤﺴﺠﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺷﺮﻃﺔ ﻇﻬﺮ ﺣﺪﻳﺜﺎ ﻓﻰ ﺍﻷﺳﻮﺍﻕ ﺃﺷﺮﻃﺔ ﺗﺴﺠﻴﻞ ﻣﺴﺠﻞ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺑﺄﻛﻤﻠﺔ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻣﻦ ﻋﺸﺮﻳﻦ ﺷﺮﻳﻄﺎ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﻓﻬﻞ ﺣﻜﻢ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻛﺤﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺍﻟﻤﻜﺘﻮﺏ؟ ﺍﻟﺬﻯ ﺃﺭﻯ ﺃﻥ ﺍﻟﺘﺴﺠﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﻳﻂ ﻳﺤﺼﻞ ﺑﺄﺣﺮﻑ ﻣﻨﻘﻮﺷﺔ ﺗﺜﺒﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﻳﻂ ﻭﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻣﺖ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺠﻤﻌﻴﺎﺕ ﻓﻰ ﻣﺼﺮ ﺑﺘﺴﺠﻴﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺑﻘﺮﺍﺁﺕ ﻣﺠﻮﺩﺓ ﻭﺃﺻﻮﺍﺕ ﺟﻤﻴﻠﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﺳﻄﻮﺍﻧﺎﺕ ﺧﺎﺻﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺃﺷﺮﻃﺔ ﻛﺎﺳﻴﺖ ﻭﺗﺴﻤﻰ ﻣﺼﺤﻔﺎ ﻭﺃﻋﺘﻘﺪ ﺃﻥ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﺍﻷﺣﻮﻁ ﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﺤﺘﺎﻁ ﻓﺈﻥ ﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﺍﻟﺘﺴﺠﻴﻞ ﻫﺬﺍ ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﺍﻟﺼﺪﻯ ﻭﻗﺪ ﺳﺠﻞ ﻟﻠﺴﻤﺎﻉ ﻻ ﻟﻠﻘﺮﺍﺀﺓ؟ ﺇﻧﻪ ﻓﻌﻼ ﺻﺪﻯ ﻭﻟﻜﻨﺎ ﻟﻮ ﻧﻈﺮﻧﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻘﺼﺪ ﻣﻦ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺃﻟﻴﺲ ﻫﻮ ﺍﻹﻋﻼﻡ؟ ﻭﻗﺪ ﺣﺼﻞ ﺑﻪ. ﻭﻟﺒﻌﺾ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﺃﻗﻮﺍﻝ ﺗﻌﺒﺮﻭﺍ ﻋﻦ ﺃﺭﺍﺋﻬﻢ ﻭﻣﻔﺎﻫﻴﻤﻬﻢ ﻭﻟﻴﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﺮﻭﺭﻯ ﻗﺒﻮﻟﻬﺎ ﻛﻘﻮﻟﻬﻢ ﻟﻮ ﻧﻈﺮ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻓﻰ ﻣﺮﺃﺓ ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻪ ﺍﻟﻨﻈﺮﺇﻟﻴﻬﺎ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺼﻮﺭﺓ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺣﺘﻰ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﻋﺎﺭﻳﺔ ﻓﻤﺜﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻧﻈﺮ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺼﻌﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﺗﻘﻠﺒﻪ

Apa yang dimaksud :
ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻤﺼﺤﻒ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻴﻪ ﺷﻴﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﺑﻘﺼﺪ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ

Sehingga Software Al Qur'an bukan termasuk mushaf ??

Mang Guador >
Coba fahami ibaroh ﻣﺎ ﻛﺘﺐ sesuatu (benda apapun) yang ditulis padanya tulisan al-quran. Seandainya ada orang yg mampu menulis al quran di air,itupun sama harus punya wudu memegangnya apabila di tulis dg niat dirosah. Jadi kita jangan mempermasalahkan alat media nya tapi tulisan al- quran nya

> Brojol Gemblung
Sebenarnya apa yang dinamakan mushaf mbah brojol ? Pertanyaan itu dijawab oleh Imam Nawawi Banten :

ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ ، ﺻـ32 ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻤﺼﺤﻒ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻴﻪ ﺷﻴﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﺑﻘﺼﺪ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ ﻛﻠﻮﺡ ﺍﻭ ﻋﻤﻮﺩ ﺍﻭ ﺟﺪﺍﺭ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻴﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﻟﻠﺪﺭﺍﺳﺔ ﺍﻫـ

Berarti kalau demikian teks qur`an yg ada di Hp, PC, dsb. Itu termasuk mushaf karena itu dipasang untuk dibaca bukan untuk pajangan ? Saya menjawab : Tidak demikian, karena sebuah tulisan untuk bisa melahirkansebuah kategori haruslah melewati beberapa kriteria, sehingga secara definisi tulisan itu benar2 menjadi bagian dari kategori tersebut.

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺝ 10 ﺹ 479 : ﻭَﻗَﻮْﻟُﻪُ" ﻛِﺘَﺎﺑَﺔً " ﻭَﺿَﺎﺑِﻂُ ﺍﻟْﻤَﻜْﺘُﻮﺏِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻛُﻞُّ ﻣَﺎ ﺛَﺒَﺖَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﺨَﻂُّ ﻛَﺮَﻕٍّ ﻭَﺛَﻮْﺏٍ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﻛَﺘَﺐَ ﺑِﺤِﺒْﺮٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺤْﻮِﻩِ ﻭَﻧَﻘَﺮَ ﺻُﻮَﺭَ ﺍﻟْﺄَﺣْﺮُﻑِ ﻓِﻲ ﺣَﺠَﺮٍ ﺃَﻭْ ﺧَﺸَﺐٍ ﺃَﻭْ ﺧَﻄَّﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ، ﻓَﻠَﻮْ ﺭَﺳَﻢَ ﺻُﻮﺭَﺗَﻬَﺎ ﻓِﻲ ﻫَﻮَﺍﺀٍ ﺃَﻭْ ﻣَﺎﺀٍ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻛِﺘَﺎﺑَﺔً ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺬْﻫَﺐِ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻟَﻪُ ﺍﻟﺰِّﻳَﺎﺩِﻱُّ .

Kang As'ad >
setahun yg lalu di pesantren kami permasalahan ini di bahas dlm forum bahtsu, dan kesimpulan akhir dari masalah ini adalah: aplikasi al-Qur'an untuk hp/komputer, bukan merupakan mushaf tetapi dihukumi sebagai mushaf (wajib suci ketika memegangnya). Memang demikian keputusan yang lebih bijak dalam menyikapi permasalahan ini, karena bagaimanapun juga teks qur`aniy yang tertampil di layar itu tidak masuk dalam kategori "kitabah". Namun LBM juga tidak mau sembrono dan tetap memuliakan al-Qur`an dg cara membuat sebuah opsi bahwa ketika teks itu ditampilkan maka harus dihormati. Namun kenyataan ini bukan berarti lantas menamakan hp atau cd itu sebagai mushaf. Oleh karenanya para musyawirin menjadikan 'ibaroh Yaqut al-Nafis karya Habib Muhammad asy- Syathiri sebagai pijakan dalam opsi ini. Mungkin yg benar adalah, ketika hp itu dihidupkan dan ditampilkan teks qur`ani tersebut maka tidak diperbolehkan membawanya ke tempat yang tidak terhormat. Kalau hp-nya mati (teksnya tidak tertampil / file qur`an itu tidak di buka) maka membawa hp itu ke mana aja boleh karena gak ada hal yg perlu dihormati dalam keadaan seperti itu.

Ubaid Bin Aziz Hasanan
Hukumnya khilaf, sebagaimana rumusan hasil diskusi di Group FK :
Software dan aplikasi aur'an, apakah dihukumi sama seperti mushaf al qur'an?

Pertanyaan :
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh Ustadz-ustadz FK dan Kang- kang, saya mau nanya; Apakah Software dan aplikasi qur'an yang ada dikomputer, laptop atau hape dihukumi seperti al-qur'an sehingga kalau memegangnya harus suci dari hadats? ( Dari : El Muhdy, Ahmed Machfudh, Muhammad Afif Al-habsyi dan Je M'appelle Aniez )

Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh.
Berdasarkan hasil keputusan kajian bahtsul masa'il dan fatwa ulama' kontemporer, Software dan aplikasi Al Qur'an yang ada didalam komputer atau hape tidak dikategorikan mushaf, karena tulisan yang berupa ayat-ayat al qur'an yang nampak pada layar adalah pancaran sinar yang sifatnya tidak tetap, bisa nampak dan hilang, sementara kriteria sesuatu benda dihukumi mushaf apabila tulisan yang ada disitu tujuannya untuk dirasah (belajar) dan berbentuk tulisan yang sifatnya tetap, selain itu pada umumnya komputer, laptop atau hape berisi bermacam- macam file, sedangkan software atau aplikasi qur'an filenya tidak terlalu besar, jadi software atau aplikasi tersebut hanyalah bagian kecil dari file-file, software- software dan aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau hape.

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Syekh Ahmad Asy-Syatiri dalam kitab beliau "Syarah Al- Yaqutun Nafis", dalam pembahasan hukum membawa kaset yang berisi rekaman bacaan al qur'an beliau menyatakanbahwa kaset tersebut dihukumi seperti mushaf al qur'an, alasannya meskipun itu hanya berisi suara yang tujuannya untuk didengar, bukan untuk dibaca tapi intinya sama dengan al qur'an, dan menurut beliau pendapat ini adalah pendapat yang ahwath (lebih berhgati-hati) Pemahaman yang diambil dari keterangan beliau, jika kaset yang hanya berisi bacaan al qur'an saja dihukumi mushaf apalagi software atau aplikasi yang ada tulisannya dan memang ditujukan untuk dibaca. Kesimpulannya, berdasarkan keputusan bahtsul masa'il software dan aplikasi qur'an tidak dihukumi mushaf, sedangkan menurut Syekh Ahmad Syathiri dihukumi mushaf. Jadi apabila kita mengikuti pendapat yang menyatakan bahwa software dan aplikasi tersebut tidak dihukumi mushaf maka bagi orang yang sedang berhadats diperbolehkan memegang dan membawa laptop atau hape yang sudah diinstal software atau aplikasi qur'an didalamnya tanpa diharuskan wudhu atau mandi besar terlebih dahulu.

Wallohu a'lam.
( Dijawab oleh : Danial Al Marqo, Mazz Rofii, Muhammad FatkhuroziRozi, Muh KHolili Aby Fitry, Kudhung Kanthil Harsandi Muhammad, Siroj Munir dan Farid Muzakki )

Referensi :
1. Nihayatuz Zain, Hal : 32
2. Al Bujairami Alal Khotib, Juz : 3 Hal : 498
3. Nihayatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 124
4. Al Islam Su'al Wal Jawab, Fatwa no. 106961
http://islamqa.info/ar/ref/106961
5.Syarah Al Yaqutun Nafis, Hal : 82-83
Ibarot :Nihayatuz Zain, Hal : 32

ﻭﺭﺍﺑﻌﻬﺎ ﻣﺲ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﻟﻮ ﺑﺤﺎﺋﻞ ﺛﺨﻴﻦ ﺣﻴﺚ ﻋﺪ ﻣﺎﺳﺎ ﻟﻪ ﻋﺮﻓﺎ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻤﺼﺤﻒ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻴﻪ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺑﻘﺼﺪ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ ﻛﻠﻮﺡ ﺃﻭ ﻋﻤﻮﺩ ﺃﻭ ﺟﺪﺍﺭ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻟﻠﺪﺭﺍﺳﺔ ﻓﻴﺤﺮﻡ ﻣﺴﻪ ﻣﻊ ﺍﻟﺤﺪﺙ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﺳﻮﺍﺀ

Al-Bujairamiy ‘alâ al- Khathib, Juz : 3 Hal : 498

ﻭﻗﻮﻟﻪ " ﻛﺘﺎﺑﺔ " ﻭﺿﺎﺑﻂ ﺍﻟﻤﻜﺘﻮﺏ ﻋﻠﻴﻪ ﻛﻞ ﻣﺎ ﺛﺒﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺨﻂ ﻛﺮﻕ ﻭﺛﻮﺏ ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺘﺐ ﺑﺤﺒﺮ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻩ ﻭﻧﻘﺮ ﺻﻮﺭ ﺍﻷﺣﺮﻑ ﻓﻲ ﺣﺠﺮ ﺃﻭ ﺧﺸﺐ ﺃﻭ ﺧﻄﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺭﺽ، ﻓﻠﻮ ﺭﺳﻢ ﺻﻮﺭﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﻫﻮﺍﺀ ﺃﻭ ﻣﺎﺀ ﻓﻠﻴﺲ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﺰﻳﺎﺩﻱ

Nihayatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 124

ﻭﻟﻴﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﻣﺎ ﻳﻘﺺ ﺑﺎﻟﻤﻘﺺ ﻋﻠﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﺣﺮﻑ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻣﻦ ﻭﺭﻕ ﺃﻭ ﻗﻤﺎﺵ ﻓﻼ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﺴﻪ، ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺤﻴﺚ ﻳﻌﺪ ﻟﻮﺣﺎ ﻟﻠﻘﺮﺁﻥ ﻋﺮﻓﺎ، ﻓﻠﻮ ﻛﺒﺮ ﺟﺪﺍ ﻛﺒﺎﺏ ﻋﻈﻴﻢ ﻓﺎﻟﻮﺟﻪ ﻋﺪﻡ ﺣﺮﻣﺔ ﻣﺲ ﺍﻟﺨﺎﻟﻲ ﻣﻨﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭﻳﺤﺘﻤﻞ ﺃﻥ ﺣﻤﻠﻪ ﻛﺤﻤﻞ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻓﻲ ﺃﻣﺘﻌﺔ Al

Islam Su'al Wal Jawab, Fatwa no. 106961

ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻫﻞ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻟﻬﺎ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ؟ ﺍﻟﺴُّﺆَﺍﻝُ ﻳﻮﺟﺪ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺠﻮﺍﻻﺕ ﺑﺮﺍﻣﺞ ﻟﻠﻘﺮﺁﻥ ﺗﺴﺘﻄﻴﻊ ﺃﻥ ﺗﺘﺼﻔﺢ ﻣﻨﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ ﺃﻱ ﻭﻗﺖ ﻋﻠﻰ ﺷﺎﺷﺔ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ، ﻓﻬﻞ ﻳﻠﺰﻡ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ؟ ﺍﻟْﺠَﻮَﺍﺏُ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻮﺍﻻﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻭﺿﻊ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺃﻭ ﺗﺴﺠﻴﻼ، ﻻ ﺗﺄﺧﺬ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ، ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻤﺴﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺎﺭﺓ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﺨﻼﺀ ﺑﻬﺎ، ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻟﻴﺲ ﻛﻜﺘﺎﺑﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ، ﻓﻬﻲ ﺫﺑﺬﺑﺎﺕ ﺗﻌﺮﺽ ﺛﻢ ﺗﺰﻭﻝ ﻭﻟﻴﺴﺖ ﺣﺮﻭﻓﺎ ﺛﺎﺑﺘﺔ، ﻭﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻣﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ

Syarah Al Yaqutun Nafis, Hal : 82-83

ﺣﻜﻢ ﺣﻤﻞ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺍﻟﻤﺴﺠﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺷﺮﻃﺔ ﻇﻬﺮ ﺣﺪﻳﺜﺎ ﻓﻰ ﺍﻷﺳﻮﺍﻕ ﺃﺷﺮﻃﺔ ﺗﺴﺠﻴﻞ ﻣﺴﺠﻞ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺑﺄﻛﻤﻠﺔ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻣﻦ ﻋﺸﺮﻳﻦ ﺷﺮﻳﻄﺎ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﻓﻬﻞ ﺣﻜﻢ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻛﺤﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺍﻟﻤﻜﺘﻮﺏ ؟ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﺭﻯ ﺃﻥ ﺍﻟﺘﺴﺠﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﻳﻂ ﻳﺤﺼﻞ ﺑﺄﺣﺮﻑ ﻣﻨﻘﻮﺷﺔ ﺗﺜﺒﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﻳﻂ ﻭﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻣﺖ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺠﻤﻌﻴﺎﺕ ﻓﻰ ﻣﺼﺮ ﺑﺘﺴﺠﻴﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺑﻘﺮﺁﺍﺕ ﻣﺠﻮﺩﺓ ﻭﺃﺻﻮﺍﺕ ﺟﻤﻴﻠﺔ ﻋﻠﻲ ﺃﺳﻄﻮﺍﻧﺎﺕ ﺧﺎﺻﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺃﺷﺮﻃﺔ ﻛﺎﺳﻴﺖ ﻭﺗﺴﻤﻰ ﻣﺼﺤﻔﺎ ﻭﺃﻋﺘﻘﺪ ﺃﻥ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﺍﻷﺣﻮﻁ ﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﺤﺘﺎﻁ ﻓﺈﻥ ﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﺍﻟﺘﺴﺠﻴﻞ ﻫﺬﺍ ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﺍﻟﺼﺪﻯ ﻭﻗﺪ ﺳﺠﻞ ﻟﻠﺴﻤﺎﻉ ﻻ ﻟﻠﻘﺮﺍﺀﺓ ؟ ﺇﻧﻪ ﻓﻌﻼ ﺻﺪﻯ ﻭﻟﻜﻨﺎ ﻟﻮ ﻧﻈﺮﻧﺎ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻘﺼﺪ ﻣﻦ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺃﻟﻴﺲ ﻫﻮ ﺍﻹﻋﻼﻡ ؟ ﻭﻗﺪ ﺣﺼﻞ ﺑﻪ ؟ ﻭﻟﺒﻌﺾ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﺃﻗﻮﺍﻝ ﺗﻌﺒﺮﻭﺍ ﻋﻦ ﺃﺭﺍﺋﻬﻢ ﻭﻣﻔﺎﻫﻴﻤﻬﻢ ﻭﻟﻴﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﺮﻭﺭﻯ ﻗﺒﻮﻟﻬﺎ ﻛﻘﻮﻟﻬﻢ ﻟﻮ ﻧﻈﺮ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺍﻟﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻓﻰ ﻣﺮﺁﺓ ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻪ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﺍﻟﻴﻬﺎ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻨﻈﺮ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﺼﻮﺭﺓ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺮﺁﺓ ﺣﺘﻰ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﻋﺎﺭﻳﺔ ﻓﻤﺜﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻧﻈﺮ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺼﻌﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﺗﻘﻠﺒﻪ

Sumber : www.fiqhkontemporer99. blogspot.com/2013/02/ software-dan-aplikasi-auran- apakah.html?m=1

> Hasyim Toha
Kesimpulan :
Software Al-Qur'an digital yang ada pada HP / PC / CD / DVD /FLASHDISK dll... tidak termasuk mushaf... namun ketika diaktifkan tetap harus dihormati sebagaimana al-Qur'an, semisal ketika dihidupkan tidak boleh dibawa ke dalam wc.. dll, tapi tidak wajib punya wudhu' untuk menyentuhnya sebab bukan mushaf.

http://www.piss-ktb.com/...

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/545259458845146?view=permalink&id=611962422174849&_rdr#611976632173428

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KAJIAN ISLAM SEPUTAR SEKS - DONK 2014-2015
Ikuti Kami di Facebook & Fans Page